Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

retropostmoAvatar border
TS
retropostmo
5 Pembelaan Pemerintah Saat Jalur Mudik Macet Parah
5 Pembelaan Pemerintah Saat Jalur Mudik Macet Parah

Kementerian Perhubungan mencatat kemacetan terjadi di pintu tol Pejagan pada arus mudik. Berdasarkan pantauan posko angkutan Lebaran, Senin (4/7), antrean kendaraan mencapai 30 kilometer.

"Saat ini telah dilakukan rekayasa kendaraan yang antre di pintu tol Pejagan diarahkan ke pintu tol Brebes," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hemi Pamurahardjo, dalam keterangan resminya.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai, pembangunan beberapa ruas tol digadang-gadang pemerintah untuk atasi kemacetan parah saat mudik Lebaran justru tidak berfungsi. Hal ini terlihat dari perjalanan Jakarta sampai Brebes harus ditempuh dalam waktu 24 jam, pada Sabtu-Minggu kemarin.

"Dulu kemacetan di ruas Cikampek dan Palikanci, sekarang berpindah ke Brebes Timur. Pemerintah dan kepolisian gagal mengantisipasi kemacetan saat mudik Lebaran, khususnya di ruas tol Brebes Timur," kata Tulus dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

"Ini namanya kemacetan berbayar! Dulu macet total di jalan Pantura, kita tidak bayar, karena jalan non tol. Sekarang kemacetan berpindah di tol: berbayar! Konsumen dirugikan dua kali. Dan akhirnya hanya pengelola tol yang diuntungkan," tambahnya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahkan mendapat laporan jumlah korban jiwa selama arus mudik Lebaran 2016. Diketahui, ada 17 orang yang meninggal selama arus mudik.

Penyebab meninggal beragam. Tidak hanya karena kecelakaan lalu lintas, tapi juga karena terlalu banyak menghirup apnoe causa CO2 toksic dari pendingin udara kendaraan.

Atas permasalahan ini pemerintah pun membela diri. Berikut merdeka.com akan merangkum pembelaan pemerintah.

(mdk/bim)

http://m.merdeka.com/uang/5-pembelaa...cet-parah.html


Wow kaka..., emoticon-Matabelo
Mental pejabat era kekinian...
Bukannya sibuk instropeksi dan segera minta maaf dan tanggung semua kerugian korban jiwa dan sakit, ini malah sibuk cari2 alasan. Ngeles tingkat dewa.
Ayo gan bantuin pemerintah cari alasan2 tambahan, klo baru 5 krg oke, tambahin 50 alasan lagi emoticon-Big Grin emoticon-Ngakak (S)
0
2.9K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.