yan06Avatar border
TS
yan06
SUDAH PANTASKAH "DIA" DI SEBUT LEGENDA DI INDONESIA??? (KEKAGUMAN GAN...)
NEWBIE NYORAT NYORET...

MAAF KALO REPOST & GK MUTU...emoticon-Hai
SEKEDAR PEMBUKTIAN BAHWA DI SEKOLAH DULU PERNAH DIAJARKAN MEMBUAT TULISAN,,, HEHEHEEE

THREAD INI ANE BUAT KARENA KEKAGUMAN ANE SAMA MOTOR YANG SATU INI, GAN...


Bajaj Pulsar

Bajaj Pulsar,siapa bikers yang gak kenal dengan motor yang satu ini hayo? Pasti udah pada kenal lah ya😀. Pulsar di Indonesia sendiri terkenal sebagai salah satu motor yang desainnya bisa dibilang revolusioner. Kenapa begitu?? Pertama kali kemunculannya di Indonesia tahun 2006,Bajaj menggebrak pasar motor sport tanah air dengan mengeluarkan gacoan pertamanya,Pulsar 180 UG3. Jelas menjadi pukulan bagi para pemain lama dari pabrikan jepang yang masih menggunakan teknologi yang bisa dibilang lawas. Dengan harga yang sangat kompetitif,pulsar tersedia dengan paket All-in-one..

Kharisma motor Pulsar selalu terngiang-ngiang di otak saya sejak pertama kali ngerti dunia motor tahun 2010an. Terkesan berotot dan serba besar,sukses membuat saya jatuh hati banget pada saat itu. Apalagi semenjak kedatangan Pulsar 220F dengan bikini-fairingnya ke Indonesia tahun 2011 awal. Apa daya,umur saya yang saat itu baru 14 tahun dan keadaan yang tidak memungkinkan,saya belum sempat mencobanya bahkan memilikinya😥. Gapapa,impian itu masih tersimpan di otak saya.. Daripada kepikiran terus,mending kita sama-sama bahas yuk tentang motor yang penuh suka dan duka ini brosist! Here we go,this is the history of Pulsar-Series!! Check this out brosistt!

1. Pulsar 150 & 180,the first wolf (2001)

First gen of Pulsar,150 cc

First gen of Pulsar,150 cc

Bajaj yang sebelumnya sudah mengeluarkan produk-produk dibidang otomotif seperti Bajaj roda 3 yang sudah berkeliaran di Indonesia sejak lama,hingga Bajaj-Vespa,yang menjadi bahan koleksi oleh para kolektor,akhirnya memperkenalkan motor sport pertamanya ke khalayak umum dengan nama Pulsar 150 dan Pulsar 180 pada tahun 2001. Di negaranya sendiri,India,Pulsar 150 dan 180 juga sebagai sang revolusioner dengan menerapkan discbrake pada rem depan,serta tutup tangki rata 😀. Untuk mesin sendiri,dipersenjatai dengan kapasitas mesin 150 cc single cylinder 4 stroke,masih menggunakan 1 busi sebagai sumber pengapiannya. Tenaga yang dihasilkan untuk versi 150 cc nya adalah 12 bhp,sedangkan untuk versi 180cc nya lebih besar,yaitu 15 bhp.

2. Pulsar 180 UG I (2003)
Upgrade pertama,lebih keren dengan headlamp baru

Upgrade pertama,lebih keren dengan headlamp baru

Pada tahun 2003 atau 2 tahun setelah peluncuran perdana Pulsar,muncul versi upgrade pertamanya. Di versi upgrade yang pertama ini,Bajaj memberikan teknologi andalan terbaru yaitu DTS-i alias Digital Twin Spark ignition. DTS-i adalah teknologi dengan memakai dua busi di satu mesin agar pembakaran lebih maksimal dan lebih hemat bahan bakar,menurutnya. Tentunya,terjadi peningkatan tenaga,sebesar 1 bhp. (versi 150 cc juga naik 1 bhp)

3. Pulsar 180 UG II (2005)

pulsar ug 2

2 tahun setelah upgradenya yang pertama,Bajaj kembali mengupgrade Pulsarnya dengan mengubah kaki-kaki yang tadinya velg 18″ jari-jari,jadi velg 17″ casting wheel. Tak hanya itu,kapasitas tangki bahan bakar ditambahkan menjadi 15 liter sehingga lebih mumpuni untuk perjalanan jauh. Sektor headlamp juga tak luput dari perhatian Bajaj,dengan menggantinya dari headlamp bulat menjadi headlamp berkarakter elegan ala Pulsar yang eksis hingga saat ini.

4. Pulsar 180 UG III (2006)

ug3

Pulsar 180 Upgrade ke 3 inilah yang menjadi awal Pulsar berjaya di Tanah air. Dengan memiliki bentuk yang tajam dari depan hingga belakang,membuatnya jadi acuan untuk model-model Pulsar generasi berikutnya. Fiturnya antara lain lensa bening pada lampu sen,lampu belakang sudah LED dengan bentuk yang tajam,self cancelling turn indicator switch (lampu sen mati sendirinya saat keadaan stang lurus),speedometer digital LCD,dan lain-lainnya. Getaran juga semakin berkurang dengan adanya engine balancer pada generasi ini.

5. Pulsar 200 dan 220 Fi (2007)
[img][/img]
pulsar 200 2008 pulsar 220

Pada tahun 2007,Bajaj memilih untuk membuat Pulsar dengan cc yang lebih besar yaitu 200 dan 220 cc menggunakan teknologi Fuel Injection (Versi 220). Pulsar 200 memiliki bentuk yang identik dengan pulsar 180,bedanya terdapat di arm yang lebih lebar,lalu pulsar 200 sudah oil cooled sedangkan 180 belum. Untuk versi 220 cc,Bajaj membuatnya sedikit lebih eksklusif dengan menyematkan half fairing serta stang jepit yang lagi-lagi menjadi revolusioner. Teknologi Injeksi juga diberikan kepada Pulsar 220. Sayangnya,Injeksi masih kurang diminati oleh biker di India sana..

6. Pulsar 150 New,Pulsar 180 UG IV,Pulsar 135 LS dan Pulsar 220F karburator (2009)

pulsar 220 2 pulsar-135-2009-12-9-6 pulsar 200 2008

Nah pada tahun 2009,Bajaj merombak 3 motor yang sebelumnya sudah ada,dan menambahkan 1 varian lagi untuk dimasukkan ke line up motornya. Tercatat ada Pulsar 150 new yang menurunkan beberapa teknologi yang sudah dimiliki oleh Pulsar dengan cc yang lebih tinggi. Lalu untuk Pulsar 180 UG IV sendiri upgradenya lebih kepada mesin Pulsar 180 dimasukkan ke dalam bodi Pulsar 200,sehingga terlihat lebih gagah (hanya berbeda di oil cooled saja). Lalu Pulsar 220F diubah teknologinya dari Fuel Injection ke Karburator (aneh yak? biasanya karburator dulu baru FI),selebihnya tidak ada yang berbeda brosist. Yang paling beda hanyalah kemunculan si Baby Pulsar,yaitu Pulsar 135 dengan mesin revolusioner 4 valve 135 cc dengan berat hanya 122 kg. Alhasil tenaganyapun cukup moncer brosist,13,5 hp untuk motor 135 cc. Wooww,lumayan ya upgrade-upgradenya..

Pulsar 180 UG IV sendiri masuk ke Indonesia pada tahun 2010,berbarengan dengan masuknya Pulsar 135 4V juga. Pulsar 220F sendiri masuk di awal tahun 2011,dan nampaknya banyak biker yang keracunan dengan “virus” half fairingnya tuh brosist,hingga pada berbondong-bondong beli deh..

SUMBER : https://indoride.com/2015/02/19/baja...al-sang-induk/

Nah, itu sejarah Bajaj Pulsar Di Indonesia, produk Bollywood yg gk bakal ketinggalan jaman. Penggemar produk ini pun sangat-sangat banyak di negeri kita ini..(Ane salah satunya... emoticon-Wowcantik ). Tapi, banyak jg mereka yg menganggap remeh motor ini..emoticon-Gila .. Sebenarnya pastilah ada yang namanya kekurangan dan kelebihan di satu produk motor ke produk motor yang lain, yg penting bagaimana kita penunggang kuda besi dapat memahami apa yang kita inginkan dari si kuda besi yg ingin kita miliki.. Bajaj Pulsar ini terkenal handal kok gan, irit & bodynya semok,, bikin ngiler gan.. apalagi klo dah modif ala-ala touring gituh... wwwaaaaaaawwwwwwwemoticon-Genit ..
Soal sparepart memang bnyk yg khawatir, Tapi tunggu dulu gan... Banyak kok... asal agan mau berinteraksi dengan para penunggang Pulsar yg lain,,, biar terus kejalin silahturahimnya gan... (SALAM 2 BUSI, PARA SERIGALA)

Kemudian ini nih gan yg bikin ane tetep betah naik Pulsar... Ane punya temen banyak di setiap penjuru...emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 ...
Gak jarang di jalanan ane di "TET-TOT" sama penunggang Pulsar yg lain..(Itu klo yg akinya msh bagus gan, klo yg akinya dah soak "Nit-nit" aje...emoticon-Ngakak )

Nah, dari semua hal itu makanya ane mo tanya sama agan-agan semua,

"APAKAN SUDAH PANTAS BAJAJ PULSAR MASUK DAFTAR MOTOR LEGENDA DI INDONESIA, GAN???"

Tolong komentar agan-agan semua,,, apapun ane terima...emoticon-Shakehand2 emoticon-Hai emoticon-2 Jempol

Trims dah mampir ke thread ane gan...

Btw ini penampakan Pulsar ane gan...
nona212
nona212 memberi reputasi
1
4.6K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2KASKUS Official
19.1KThread8.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.