Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jfk2000Avatar border
TS
jfk2000
Pembobolan transaksi kartu kredit online shop
Kartu kredit saya baru saja dibobol dan saat ini saya sedang proses klarifikasi ke bank penerbit supaya cc saua diblokir dan transaksi bisa dibatalkan.

Sekitar jam 10 malam saya mendapatkan sms notifikasi seperti ini:

Transaksi KartuKredit 5289XXXXXXXX10,USD 39.95 Tgl 2016-06-25 di CHC*COURSEHERO COM 888-6349397 CA Utk permintaan PIN, info:1xxxx

Transaksi KartuKredit 5289XXXXXXXC10,IDR .00 Tgl 2016-06-25 di TRAVEL RESERVATION WWW EXPEDIA C WA Utk permintaan PIN, info:1xxxx

Transaksi KartuKredit 5289XXXXXXXX10,IDR 18,248,400.00 Tgl 2016-06-25 di TRAVEL RESERVATION INDONESIA GBR Utk permintaan PIN, info:1xxxx

Ketiganya tidak pernah saya lakukan. Dan langsung saya telpon customer service bank penerbit utk blokir kartu dan lapor transaksi tersebut.

Terus terang saya bingung mengapa transaksi ini bisa terjadi karena biasanya untuk transaksi online saya selalu diminta passcode yg dikirim lewat hp saya.

Saya sudah klarifikasi ke bank penerbit tapi sejauh ini masih dibilang masih dalam proses penyanggahan.

Sebelumnya saya biasa bertransaksi di beberapa online shop dan aman2 saja, lazada, agoda, traveloka. Terakhir saya pakai di vipplaza dan sempet ada masalah transaksi gagal tapi tercatat 3x berhasil. Tp proses pembatalan transaksi berjalan lancar dan tidak ada masalah.

Untuk kasus sekarang saya sulit menghubungi pihak merchant krn emang tidak jelas toko olshopnya apa. Saya sudah berusaha browsing tentang coursehero ini ternyata emang ada beberapa korban sejenis dg kasus saya.

Apa agan2 sekalian ada yang pernah mengalami hal sejenis dan bagaiman solusi dan kelanjutanya? Serta bagaimana hal ini bisa terjadi? Saya tidak pernah memberikan info tentang kartu saya. Apalagi kartu saya masih baru karena kartu lama sudah expired. Jadi otomatis 3digit belakang kartu juga baru

UPDATE !!!!
1 hari sesudah aku lapor kalo ada transaksi palsu, aku mendapatkan email yg berisi form dispute untuk menyanggah transaksi yang tdk aku lakukan.

Kemudian besoknya aku tlp call center masih belum ada kepastian, siangnya aku ke kantor bank penerbit dan mendapatkan saran yang sama dg call center. Yaitu menunggu proses yang sedang berlangsung krn tidak ada yg dapat dilakukan karena masih proses investigasi.

Sehari kemudian aku ke bank penerbit lagi tapi ke cabang lain yang khusus menanangani kartu kredit. Pelayanan disini lebih bagus karena emang CS nya lebih paham. Ternyata setelah diperlihatkan di layar monitor detil transaksi, diketahui transaksi dilakukan di hotels.com.
Dan kabat baiknya. Proses penyanggahan berhasil dan semua transaksi dapat dibatalkan.

Besoknya lagi aku coba konfirmasi lagi call center, ternyata jawaban tidak memuaskan krn proses penyanggahan masih berlangsung dan disuruh menunggu. Sehingga siangnya aku balik ke kantor bank untuk konfirmasi lanjutan. Jawaban tetap sama bahwa permasalahan sudah selesai dan tidak perlu ada tindak lanjut lagi.


Pelajaran dari permasalahan ini:
1. Tidak ada satupun online shop yang aman. Bahkan olshop yang sudah terkenal sekalipin
2. Utamakan online shop yg pembayaran dg sistem transfer. Bukan credit card
3. Segera lakukan penyanggahan begitu ada transaksi tidak wajar. Karena jikalau pencuri sudah menikmati hasil curian (barang sudah dikirim dsb), akam sulit bagi pihak bank utk membatalkan transaksi.
Jd dalam hal ini, hp dan sms harus selalu aktif utk menerima notifikasi dari email ataupun sms.
4. Pihak konsumen seringkali pihak yang lemah sehingga harus ekstra hati hati.

Semoga pengalaman ini bermanfaat
Diubah oleh jfk2000 30-06-2016 09:35
0
10K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.