Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rioanggaAvatar border
TS
rioangga
pilih jalur alternatif salem, umar lolos
Wonosobo - Umar Ali Ahmad menyiapkan matang rencananya mudiknya ke Wonosobo, Jawa Tengah. Memulai perjalanan dari Bandung pada Selasa pagi, Umar sudah mengecek berbagai informasi, mulai dari berita, aplikasi Waze hingga media sosial.
"Saya berangkat dari Bandung dengan tujuan akhir di Wonosobo. Sempat mampir di Klangenan - Palimanan, Cirebon. dan Mengisi full tank bensin di Pom bensin Plumbon," jelas Umar dalam surat elektronik ke redaksi@detik.com, Rabu (6/7/2016).
Umar mengaku lepas dari kawasan Palimanan, sekitar pukul 14.00 WIB. Dia sempat was-was memilih jalur selanjutnya.
"Setelah memantau linimasa twitter dan waze. Rasanya tidak mungkin turut sesak dalam antrean memasuki Brebes-Tegal," sambung dia.
"Akhirnya kami masuk ke Tol Palimanan-Kanci, lalu exit di Kanci, melalui jalur pantura sampai dengan flyover Pasar Gebang, lalu putar balik, dan masuk ke desa gebang arah malahayu, lalu banjarharjo. Kualitas jalanan relatif sudah banyak perbaikan, beraspal dan cor-coran," jelas dia lagi.
Kemudian, dia menempuh jalan menanjak dan terjal di jalur Banjarharjo menuju Salem (bumiayu).
"Saat menembus Gunung Lio, Salem, perlu ekstra berhati-hati dan mengatur gas, persnelling dan rem, karena tanjakan cukup menikung dalam jarak relatif pendek, tanjakan kemiringan 40-45 derajat (jika anda pernah mengalami jalur Dieng ataupun Tawangmangu arah Magetan, jalur ini lebih parah, karena pendeknya jarak tanjakan dan kemiringan yang lebih terjal)," urai dia.
Melintas di jalur curam itu, Umar lolos dan tiba di Bumiayu untuk berbuka puasa.
"Alhamdulillah lancar, dan kami bisa tiba di Bumiayu saat berbuka puasa pukul 17.45 WIB. Sempat berhenti berbuka puasa sekitar satu jam, lalu dilanjutkan melalui rute: Paguyangan, Cilongok, Patikraja, Banyumas, Klampok, Banjarnegara dan tiba di Wonosobo sekitar 23.00 WIB," ungkapnya.
Total perjalanan sekitar 8,5jam dari Palimanan sampai dengan Wonosobo tanpa hambatan berarti, seperti halnya horor macet total yang dihadapi jika melalui jalur Ketanggungan-Margasari.
"Jalur ini bisa dijadikan alternatif, untuk yang mencari kelancaran, namun pastikan kondisi kendaraan anda sangat prima, mengingat medan yang cukup ekstrim," tutup dia yang sudah hendak salat Id di Wonosobo bersama keluarga.
sumur http://m.detik.com/news/berita/3248757/pilih-jalur-alternatif-salem-umar-lolos-dari-macet-brebes-dan-lebaran-di-wonosobo
Diubah oleh rioangga 06-07-2016 00:40
0
4K
34
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.