komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Berani Nggak Naik ke Jalur Hiking Paling Berbahaya di Cina ini?


Cina mempunyai banyak gunung dengan pemandangan yang menarik. Terlebih lagi, tak sedikit gunung-gunung tersebut dibumbuhi dengan kisah-kisah mistis. Salah satu gunung dengan pemandangan indah dan penuh kisah mistis tersebut adalah Gunung Hua atau Huashan yang ada di Xian di provinsi Shaanxi, Cina.


Huashan di Provinsi Shaanxi (kredit: Flickr/Gerben)

Gunung ini lokasi tepatnya berada di Huayin City yang berjarak sekitar 120 kilometer dari pusat kota Xi'an. Gunugn Hua ini paling dikenal sebagai jalur hiking paling berbahaya di negeri Cina. Meski begitu, banyak traveler yang ingin mencoba tantangan menelusuri gunung ini. Terlebih pemandangan sunrise di tempat ini sangat fantastis.


Pemandangan di Huashan (kredit: china-tours-online)

Pengunjung yang datang ke Gunung Hua ini pun bisa memilih cara pendakian sesuai dengan kondisi fisiknya. Bagi yang merasa mempunyai fisik sehat dan ingin tantangan, maka bisa memilih untuk mendaki gunung ini secara tradisional dengan berjalan kaki.

Sedangkan untuk para traveler yang tak ingin terlalu lelah, bisa memilih untuk naik menggunakan kereta gantung. Tentu saja dengan menggunakan kereta gantung, traveler pun bisa sampai di bagian atas Gunung Hua secara aman dan nyaman. Dan pastinya, menuju ke puncak gunung pun bisa lebih cepat dibandingkan berjalan kaki.

Gunung Hua ini mempunyai lima puncak. Gunung ini pun merupakan salah satu gunung yang mempunyai sejarah budaya sangat panjang di negara Cina. Selain itu, Gunung Hua ini juga merupakan salah satu dari Five Great Mountains di Cina. Dan gunung ini juga dikenal sebagai salah satu lokasi kramat bagi para pemeluk agama Tao.

East Peak

Puncak Gunung Hua yang satu ini mempunyai ketinggian mencapai 2.090 meter di atas permukaan laut. Di sini pun terdapat sebuah area yang bisa digunakan untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit.

Referensi waktu matahari terbit di tempat ini, saat musim semi berada di antara pukul 5 hingga pukul 6 pagi. Sementara saat musim panas, waktu terbit matahari berkisar antara pukul 4:30 hingga 5:20. Di musim gugur, waktu terbit antara pukul 5 hingga 5:20. Sedang di musim dingin, matahari muncul antara pukul 5:30 hingga pukul 6 pagi.

South Peak

Tempat ini merupakan puncak tertinggi dari Gunung Hua dengan ketinggian mencapai 2.160 meter di atas permukaan laut. Dari puncak ini, para traveler pun bisa menyaksikan keindahan alam di bawahnya. Meski begitu, South Peak ini juga memberikan tantangan tersendiri karena terdapat tempat berbahaya yang disebut dengan nama Plank Road.


Plank Road di South Peak (kredit: masterok.livejournal.com)

Plank Road ini merupakan sebuah jalur yang dibangun di lembah vertikal dengan lebar hanya 0,3 meter. Tak hanya itu, Plank Road ini dibangun hanya dengan mengandalkan kayu biasa. Di bawahnya, adalah jurang yang dasarnya tak bisa dilihat secara kasat mata.

West Peak

West Peak ini mempunyai ketinggian 2.086 meter dan di sini juga menjadi lokasi dari sebuah kuil Tao yang bernama Cuiyun Palace. Di sini juga terdapat sebuah batu raksasa yang mempunyai bentuk mirip dengan bunga teratai raksasa. Alhasil, tempat ini pun mempunyai namalain Lotus Flower Peak.


West Peak (kredit: Wikipedia)

Middle Peak

Puncak yang satu ini lokasinya bersebelahan dengan East Peak dan berada di tengah-tengah antara East, South serta West Peaks. Di sini juga terdapat sebuah kuil Tao yang mempunyai nama Jade maiden Temple. Menurut legenda, ada seorang gadis yang rela meninggalkan kehidupan mewah di kerajaan untuk menjadi pertapa di tempat ini. Berdasarkan cerita itu, Middle Peak ini pun mempunyai nama lain Jade Maiden Peak.

North Peak

Puncak yang satu ini mempunyai bentuk yang khas dengan tebing terjal yang mengelilinginya. Mempunyai ketinggian 1614 meter di atas permukaan laut dan akses menuju ke puncak ini pun sangat ekstrem. Mereka yang tertarik ke tempat ini harus mendaki dengan menempelkan tubuhnya ke tebing terjal. Namun untuk cara turunnya sendiri, terdapat kereta gantung yang bisa digunakan.

Untuk menuju ke tempat ini pun tidak terlalu sulit. Terlebih akses menuju ke kota Xian bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis transportasi. Sementara itu dari Xian menuju ke Huashan terdapat kereta yang berangkat dari Xian Railway Station menuju ke Huashan Station. Setelah itu, perjalanan pun bisa dilanjutkan menggunakan bus umum yang tersedia di sana.


Kereta gantung di Huashan (kredit: china-tours-online)

Yang perlu diperhatikan, akses masuk menuju ke Huashan ini tidak gratis. Setiap pengnjugn dikenakan biaya tiket yang mempunyai harga sebesar 180 RMB ( Maret hingga November) dan 100 RMB ( Desember hingga Februari). Tiket ini berlaku untuk dua hari. Sementara itu untuk layanan kereta gantung, beroperasi paling pagi pukul 7 dan berhenti pada pukul 7 malam.

SUMBER
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
6.5K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.