Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

manfish123Avatar border
TS
manfish123
Slamet via Gn.Malang 5-6 Mei 2016
Berawal dari saran bapak-bapak di sekitar warung makan serayu yg menyuruh lewat jalur Gn.Malang, akhirnya pas awal Mei kami berempat sepakat lewat jalur ini karena sebelumnya sempat engga jadi. Awalnya kami mau berangkat Rabu 4 Mei malem, tapi karena belum tau lokasi basecampnya dan takut warganya udah pada tidur akhirnya kami berangkat kamis paginya emoticon-Big Grin . Untuk detail jamnya selama perjalanan ane lupa ya emoticon-Stick Out Tongue

Kamis 5 Mei 2016

Setelah packing selesai, anepun berangkat dari sokaraja pukul 06.00 dan tiga temen lainnya berangkat dari purwokerto, kami sepakat buat bertemu di pertigaan Owabong. Sekitar 20 menit perjalanan dari rumah akhirnya ane sampe juga di tempat MP dan tidak lama kemudian temen ane juga udah sampai. Setelah bertemu kami langsung gas menuju BC. Arah BCnya sama kaya menuju BC Bambangan cuma seabis nglewatin kebun strowberri pas ada pertigaan yg ada SDnya belok ke kiri atau dari BC bambangan juga bisa ko menuju ke BC Gn.Malang, setelah belok ke kiri lurus aja sampe nglewatin jembatan kayu ntar ada pertigaan belok kanan, nah dari situ udah tinggal ngikutin jalannya aja ya atau bisa tanya warga sekitar emoticon-Stick Out Tongue . Kayanya sekitar jam 08.00 kita baru nyampe BC, agak lama ya soalnya nyantai sama tanya2 dulu ke warga emoticon-Big Grin . Pas kita nyampe BC ternyata ada 8 orang lebih dari JABODETABEK, yg ternyata tau jalur itu juga dikasih saran sama sopir mobil yg mereka carter karena bambangan pasti rame banget emoticon-Ngakak (S) . BCnya ini rumah warga ya, rumahnya mas karsum. Setelah ngobrol ngalor ngidul lumayan lama akhirnya jam 9 kami pamit buat jalan dulu, dulu bayarnya masih seiklasnya tapi kalo sekarang udah ada tarifnya emoticon-Stick Out Tongue . Track awal jalan aspal sekitar 3 menit udah mulai masuk ke ladang warga, tracknya masih relatif landai tapi tetep ada nanjak-nanjaknya emoticon-Stick Out Tongue .
Spoiler for lumayan nanjak :

Spoiler for ladang:

Spoiler for :

Setelah melewati ladang, selanjutnya udah mulai masuk hutan pinus tapi masih ada ladang warga juga, disini tracknya mulai rapet sama tumbuhan-tumbuhan tapi cuma sebentar emoticon-Big Grin. Tapi lumayan tracknya buat ngatur nafas soalnya udah mulai nanjak-nanjaknya emoticon-Stick Out Tongue
Spoiler for rapet :

Spoiler for udah lenggang lagi tracknya:

Spoiler for :

Spoiler for lumayan nanjak:


Setelah melewati hutan pinus yg lumayan bikin megep-megep, selanjutnya bakal melewati ilalang. Kalo udah sampe ilalang brarti ke pos 1 nya udah deket emoticon-Big Grin. ilalangnya ada yg tinggi ada juga yg pendek. tapi lebih banyak yg tingginya, yg suka foto2 dijamin pas nglewatin sini apalagi cerah pas banget buat foto-foto emoticon-Stick Out Tongue
Spoiler for :

Spoiler for :


tracknya lumayan nanjak, tapi ada landainya dikit emoticon-Big Grin.
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :


Sekitar 15 menit perjalanan akhirnya kami sampai di pos 1, pos 1 lahannya luas banget pokoknya. Kalau hari libur rame buat camping dan banyak anak-anak yg pada main ke pos 1. Dari BC sampai ke pos 1 sekitar 30-45 menit perjalanan. Di pos 1 ini udah bisa menikmati sunrise.
Spoiler for pos 1:

Spoiler for bocah-bocah:


Setelah istirahat sekitar 5 menit kami lanjutkan perjalanan lagi, tracknya masih melewati ilalang tapi langsung nanjak, setelah melewat ilalang mulailah masuk hutan yg mulai lembab tapi engga ada pacet ko emoticon-Stick Out Tongue. Biasanya kalo lama engga dilewatin orang banyak jaring laba-laba yg engga keliatan, lebih baik selepas pos 1 pake yg panjang-panjang karena mulai banyak jancukan emoticon-Stick Out Tongue ,Tracknya masih terus nanjak.
Spoiler for :

Spoiler for pohon tumbang:

Spoiler for :


Sekitar 1 jam melewati hutan yg rimbun dan tanjakan yg cukup aduhai akhirnya kami sampai di pos 2. Pos 2 lahannya luas tapi tanahnya agak miring sedangkan yg rata terpisah-pisah jadi kalau mau camp di sini ya tendanya juga misah-misah emoticon-Stick Out Tongue. Selama perjalanan dari pos 1 ke pos 2 kami belum ketemu pendaki lainnya dan selama di jalur juga masih bersih belum banyak sampah berserakan. Pas sampai di pos 2 juga sama masih bersih, cuma banyak daun-daun yg berguguran.
Spoiler for pos 2:

Spoiler for lahan pos 2:

Spoiler for :


Setelah istirahat lumayan lama, kami lanjut lagi. Tracknya masih mirip sama sebelumnya masih hutan yg rimbun dan masih nanjak. Selama perjalanan ke pos 3 juga masih bersih dan lagi-lagi belum ketemu pendaki. Pas perjalanan pos 3 kadang ada tawong yg ngikutin, tapi engga ganggu. Pas di tengah perjalanan ane dan temen ane yg satu juga sempet buat tidur di jalur sambil nunggu 2 temen yg masih dibelakag, tapi yg ditunggu engga dateng-dateng akhirnya kita berdua lanjut lagi. Sekitar 1 jam perjalanan kita berdua sampai di pos 3 terlebih dahulu, langsung makan roti dan isoma sambil nunggu 2 teman yg dibelakang, setelah selesai sholat, dua teman yg dibelakang udah nyampai di pos 3. Pos 3 hampir mirip kaya pos 2 cuma lebih sempit tapi ada lahan buat sekitar 2 tenda kap 4.
Spoiler for pos 3:

Spoiler for lahan:


Setelah istirahat cukup lama ditambah ngemil dan setelah sholat selesai, kami langsung beres-beres buat mulai perjalanan lagi, tracknya pun engga beda jauh dari sebelumnya, dari pos 3 langsung nanjak. Pas kita mau lanjut jalan, kami bertemu pendaki yg tadi ketemu di BC tapi baru 2 orang yg keliatan yg lain masih pada ketinggalana kali yah emoticon-Big Grin. Sekitar jalan 15 menit nanti nglewatin mata air, jadi kalo mau ngisi air disini aja soalnya diatas belum ada lagi sumber airnya. Untuk menuju mata air belok ke kiri tapi hati-hati soalnya turunan cukup curam, semisal mata air yg di pipa engga ngalir brarti harus ke bawah lagi atau langsung ke sumber mata airnya, hati-hati ya karena jurang dan ada bekas longsoran jadi kalo malem engga dianjurkan buat ngambil air. Tpai pas itu kami engga ngambil air, karena yg di pipa engga ngalir dan males buat ke bawah lagi.
Spoiler for mata air:

Spoiler for jalan menuju mata air:


Kami sempat istirahat bentar, setelah cukup kami pun lanjut lagi. Tracknya masih tanjakan, tracknya emang didominasi dengan tanjakan emoticon-Stick Out Tongue. Sekitar 45 berjalan kami nyampe pos 4, di pos 4 kami cuma istirahat sebentar. Lahan di pos 4 juga sama kaya pos 2 dan 3, tempat buat tendanya misa-misah. Tapi cukup 3 tenda kapasitas 2/3.
Spoiler for pos 4:

Spoiler for lahan:


Setelah selonjor sebentar kamipun lanjut lagi, dari pos 4 awalnya emang nanjak terus tapi setengah perjalanan selanjutnya landai terus sampai pos 5. Tapi pas pos 4 sebaiknya diisi makan-makanan dulu emoticon-Big Grin. 45 menit perjalanan akhirnya ane sampe duluan di pos 5, sambil nunggu mereka pada dateng ane tidur dulu bentar karena suasanya enak banget buat tidur emoticon-Stick Out Tongue , di pos 5 ini juga udah denger suara2 orang yg pada lewat jalur bambangan malah shelter yg di pos 5 juga udah keliatan. Sekitar 15 menit tidur akhirnya tiga temen ane udah nyampe juga di pos 5. Pos 5 lahannya lumayan, muat 2 tenda kapasitas 4 tapi udah engga misah tapi agak miring emoticon-Stick Out Tongue .
Spoiler for pos 5:


Setelah kumpul semua, istirahat bentar doang langsung lanjut lagi. tracknya dari sini udah enak, landai dan mulai turunan. 10 menit perjalanan dari pos 5 kami nyampe di puncaknya Gn.Malang emoticon-Big Grin
Spoiler for puncak Gn.Malang:


Di sini kami cuma foto-foto bentar langsung jalan lagi, karena emang tracknya landai dan kadang turunan. Setelah melewati puncak Gn.Malang sekitar 10 menit jalan kami sampe di lembahan, disini lahannya luas juga, tanahnya rata, spot buat hammock juga. Jadi lebih baik camp disini daripada di pos 5 karena jaraknya engga jauh-jauh banget emoticon-Big Grin, tapi kami disini cuma berhenri sebentar dan langsung lanjut lagi. Dari lembahan mulai lagi tanjakan yg aduhai emoticon-Big Grin . Akhirnya kami mulai nyantai jalannya buat hemat tenaga, karena udah nanjak terus, jadi dinikmati aja, alon-alon asal kelakon emoticon-Stick Out Tongue . Sekitar 50 menit jalan akhirnya kami sampe juga di pos 6, pos 6 lahannya masih sempit. Istirahat buat ngatur nafas doang, akhirnya kami lanjut lagi ke pos 7. Baru jalan sebentar akhirnya kami pada misah, anepun yg jalan duluan. Dari pos 6 emang tracknya nanjak terus, jadi siapin tenaga ya emoticon-Big Grin , anepun sempet nyemil sedikit buat tambahan tenaga . Sebenernya jarak pos 6 - 7 itu engga jauh-jauh banget cuma nanjak terus. Jam 16.00 akhirnya ane nyampe duluan atau sekitar 30 menit perjalanan dari pos 6. Ini pos terkahir ya, kami emang udah rencana camp di pos 7, disini juga bisa denger suara orang 2 yg pada di pos 7 jalur bambangan, pas itu jalur bambangan rame banget yg ndaki jadi suaranya kedengeran brisik banget. Anepun sempet tidur dulu sebentar sambil nunggu temen yg belum pada dateng, setelah cukup puas tidurnya langsung sholat. Selesai sholat engga lama kemudian tiga temen ane udah pada nyampai. Setelah beres semua, langsung bikin super bubur dan masak seadanya buat ngisi perut sambil nunggu malem. Setelah masak selesai barulah mulai bangun rumah-rumahan emoticon-Big Grin . Setelah selesai bangun rumah-rumahan malempun datang, sholat maghrib dan langsung masak biar tidurnya nyenyak, Setelah masak dan makan selesai mulai sholat isya dan ngobrol sebentar, karena cuma kita berempat yg camp di pos 7 jadi baru jam setengah 9 kita langsung tidur aja, karena yg rame cuma dari jalur bambangan. Di pos 7 ini suhunya lumayan anget, beda sama pos 7 bambangan. Di pos 7 ini juga lahannya luas, cukup menampung 4 tenda kapasitas 2/3. Setelah melewati malam yg bikin merem melek karena engga ngantuk-ngantuk akhirnya jam 4 kebangun pas ada pendaki yg pada summit, tapi ane tidur lagi aja karena masih gasik bnget, dan emang jarak dari pos 7 ke puncak sama aja kaya dari pos 9 bambangan ke puncak. Akhirnya jam setengah 5 kami bangun karena emang udah engga bisa tidur dan ada pendaki lain yg sedang istirahat dulu, setelah selesai sholat kami langsung masak seadanya buat ngisi-ngisi perut buat ke puncak. Tapi selese nyemil karena masih pada mager kali yah, jadi nunggu terang aja sambil liat sunrise di pos 7, setelah liat sunrise atau sekitar jam enam kurang, kami mulai jalan menuju puncak, pendaki yg tadi udah jalan duluan.
Spoiler for pos 7:

Spoiler for sunrise:


Jalan 5 menit kami udah sampe di plawangan, ternyata udah sepi tapi kalo jalur bambangan mungkin lagi pada ngantri kali yah emoticon-Big Grin, ntar bakal keteme di tengah2 ya antar yg ke bambangan dan gn.Malang jadi sebisa mungkin bikin tanda ya takutnya lupa emoticon-Big Grin . Pas udah nyampe tengah2 plawangan ternyata bener yg dari jalur bambangan rame banget dan pada ngantri emoticon-Stick Out Tongue , dari sinipun kami mulai ikut antri untungnya udah setengah perjalanan jadi engga jauh-jauh banget. Sekitar 90 menit dari pos 7 akhirnya kami sampe juga di puncak, ternyata udah ramen banget di puncak, nyari yg agak kosong biar bisa nyante2, nyemil terus foto2 bentar. Mungkin udah beberapa kali puncak jadi pas di puncak cuma buat ngangetin badan doang, foto-foto pun cuma bentar, iseng-iseng sambil liatin pendaki yg lain. Dua temen ane kemudian turun kebawah dan ane sama temen yg atu masih nganget badan aja, sekitar sejam di puncak ane dan temen ane yg satu turun duluan karena emang kabut mulai naik kepuncak. Pas kami turun pun masih banyak yg pada baru naik, pas udah setengah perjalanan tau tepatnya di pertemuah bambangan dan Gn.malang temen ane yg dua udah keliatan, kabut mulai pada naik untung jarak pandangnya masih normal, yg dari arah bambangan pun masih rame banget yg pada mau ke puncak emoticon-Big Grin , tapi pas udah mau nyampe batas vegetasi ternyata ada satu pendaki dari jalur bambangan yg ikut turun ke arah Gn.Malang, setelah ngobrol akhirnya pendaki itu naik lagi ke pertemuan arah bambangan dan Gn.Malang, sebenernya kami suruh turun lewat Gn.Malang aja tapi karena barang-barangnya di pos 5 dan juga temen-temennya pada nyariin akhirnya dia sendiri yg minta buat naik lagi. Kami pun lanjut turun ke pos 7, pas turun juga ketemu pendaki lain yg baru mau summit, sampe di pos 7 langsung masak, makan terus beres2, sekitar jam 12.30 mulai turun. Selama perjalanan turun ternyata rame juga yg pada baru naik, untungnya pas kami naik cuma berapa rombongan doang. Pas di mata air kami juga sempet ngisi air tapi cuma dua orang yg turun ke bawah dan banyak juga yg pada ngisi air, jadi nunggu lama. Di pos 2 juga istirahat cukup lama. Akhirnya kami sampai BC jam 4 sore, rombongan yg dari JABODETABEk baru sampe BC jam setengah 7, setelas bersih-bersih, makan sholat kemudian pamitan buat pulang.
Jalur ini waktu tempuhnya lebih cepat dari jalur bambangan karena emang nanjak terus emoticon-Stick Out Tongue . Jalurnya masih enak, masih sepi. Kalau lewat jalur ini pas turun dari puncak sambil ngliatin belakang sapa tau ada pendaki dari jalur bambangan ikut turun ke jalur Gn.Malang emoticon-Big Grin , karena udah sering banget kaya gitu, malah ada yg pernah turun langsung ke jalur Gn.Malang padahal barang2nya masih di tempat camp jalur bambangan.

Spoiler for poto:

Spoiler for poto:

Spoiler for poto:

Spoiler for poto:

Spoiler for poto:

Diubah oleh manfish123 26-06-2016 02:59
0
5.8K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Catatan Perjalanan OANC
Catatan Perjalanan OANCKASKUS Official
1.9KThread1.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.