Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amartastoreAvatar border
TS
amartastore
(Review) Ruckus ZoneFlex R300
 (Review) Ruckus ZoneFlex R300

Ruckus ZoneFlex R300 merupakan salah satu varian entry level untuk kelas enterprise dari pabrikan Ruckus Wireless yang pada saat review ini ditulis baru saja di akuisisi oleh Brocade yang merupakan salah satu produsen perangkat network pesaing Cisco dan HP networks.

Jadi apa saja fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh perangkat ini? Poin utama mengapa orang orang memilih Ruckus sebagai solusi WLAN mereka adalah BeamFlex. BeamFlex sendiri merupakan teknologi yang sudah di patentkan oleh Ruckus Wireless dimana teknologi ini mengadopsi Adaptive Antenna Technology yang dapat memaksimalkan coverage signal dan mengurangi interferensi. Di situsnya sendiri, penggunaan teknologi BeamFlex diklaim dapat meningkatkan coverage dan performance sampai dengan 3x dibanding dengan perangkat lain yang tidak menggunakan teknologi ini.

Selain teknologi BeamFlex, Ruckus ZoneFlex R300 juga sudah dilengkapi dengan teknologi MIMO 2x2:2. Dengan teknologi ini, Ruckus ZoneFlex R300 mampu mengirimkan 2 informasi berbeda secara simultan dengan total 4 antenna yang dimilikinya (2 antenna untuk transmit dan 2 antenna untuk menerima data). Untuk standar wifi yang didukung, Ruckus ZoneFlex R300 sudah mendukung standar IEEE 802.11a/b/g/n yang dapat bekerja pada frekuensi 2.4Ghz dan 5.8Ghz.

 (Review) Ruckus ZoneFlex R300

Dari sisi performance, perangkat ini data rates sampai dengan 300Mbps dengan lebar channel 40Mhz. Dengan data rates yang cukup besar ini, perangkat ini mampu meng-handle sampai dengan 256 user secara bersamaan. Dan jika anda ingin memiliki SSID yang berbeda untuk sekelompok orang, Ruckus ZoneFlex R300 mampu mendukung sampai dengan 27 SSID dalam satu perangkat ini. Salah satu fitur yang dianggap sepele (tetapi merepotkan jika tidak ada) adalah kemampuan perangkat ini untuk mendukung sumber daya dengan PoE (Power over Ethernet). Bayangkan jika setiap posisi access point yang anda miliki harus memiliki colokan listrik disebelahnya untuk power adapter, tentunya penggunaan PoE ini sangat memudahkan pada saat melakukan instalasi fisik perangkat ini. Oh ya, Ruckus ZoneFlex R300 ini mampu beroperasi secara stand alone maupun terintegrasi dengan perangkat ZoneDirector. Jadi jika budget anda terbatas, anda bisa membeli unit access point terlebih dahulu dan dikemudian hari menambahkan unit ZoneDirector untuk memaksimalisasi fitur yang ada pada perangkat Ruckus ZoneFlex R300 milik anda.

Sumber

0
3.7K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Product Review
Product Review KASKUS Official
14.8KThread493Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.