Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

freeman12Avatar border
TS
freeman12
Tips Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Banjir
Tips Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Banjir


Musim hujan telah datang, tentunya para pengendara mobil harus lebih memperhatikan cara berkendara yang baik dan aman. Tak jarang banyak dijumpai kendaraan-kendaraan mogok di pinggir jalan akibat terjebak banjir tersebut. Hal yang harus diperhatikan yakni ketika Anda mengendarai mobil dan terjebak di dalam genangan air (banjir). Pastinya Anda semua akan merasa panik karena bagaimana keluar dari genangan air itu sedangkan mesin dalam keadaan mati.

Jika Anda menerjang banjir dan mobil Anda mogok di tengah ganangan air itu maka yang harus Anda lakukan yaitu :

Lakukan starter mesin sampai 2 atau 3 kali jangan sampai berlebihan. Jika tetap tidak bisa nyala jangan dipaksa karena akan menjadi lebih berbahaya. Usahakan Anda meminta bantuan kepada orang disekitar untuk mendorong ketempat yang benar-benar aman dari genangan air. Setelah menurut Anda sudah berada di tempat yang aman, maka hal yang harus dilakukan yaitu membuka kap mesin dan keringkan bagian distributor, koil, busi, kabel busi dengan kertas Koran atau lap kering.

Setelah Anda melakukan hal itu, coba starter kembali 2 sampai 3 kali. Tapi jika tetap tidak mau hidup juga, maka cabutlah kabel busi dan perhatikan area disekirar busi. Di khawatrikan kabel busi atau businya terkena air dan jika ada air maka bukalah tutup distributor lalu Anda keringkan dan pasang kembali seperti semula.
Cobalah Anda hidupkan kembali mesinnya. Jika mobil Anda sudah menyala dan bias jalan kembali maka hal yang harus Anda lakukan yaitu rem kendaraan Anda beberapa kali sampai beberapa komponen pada mobil itu berfungsi kembali.

Hal terakhir yang Anda harus lakukan yakni, setelah kendaraan Anda sudah normal kembali ada baiknya dibawa kebengkel untuk diperiksa lebih lanjut karena kalau sudah tergenang air seperti itu pasti ada saja komponen yang rusak terutama pada system pengereman.

Silahkan dicoba tips-tips diatas saat terperangkap dalam banjir terutama di cuaca hujan seperti saat ini

Semoga bermanfaat emoticon-Jempol
0
3.5K
57
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.