teman.mangkokAvatar border
TS
teman.mangkok
Menkes Sebut Vaksin Palsu Tidak Membahayakan
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meyakini keberadaan vaksin palsu yang belakangan terungkap peredarannya memiliki dampak yang tidak terlalu membahayakan. Menurut Nila, vaksin palsu tersebut tidak akan menyebabkan kematian lantaran dosis diberikan dalam jumlah kecil.

"Enggak, enggak sampai (meninggal). Karena gini, suntikan dari imunisasi itu hanya setengah sampai satu cc (sentimeter kubik)," kata Nila, di Nusa Dua, Bali, Senin (27/6).
Nila menduga vaksin palsu itu hanyalah cairan infus. Sehingga ketika vaksinasi dilakukan, cairan yang meresap hanya berada di bawah kulit.

Nila mengatakan balita yang mendapatkan vaksin palsu tidak memiliki kekebalan tubuh, sehingga perlu dilakukan vaksin ulang agar memiliki kekebalan tubuh.

Kementerian Kesehatan menargetkan vaksinasi ulang diberikan kepada anak-anak dengan rentang usia hingga umur 10 tahun. Rentang usia anak itu menjadi ambang batas yang diterapkan karena pembuatan vaksin palsu diketahui sudah ada sejak 2013.

Nila juga memastikan pihaknya akan mencari tahu para pembuat vaksin palsu itu menyebarkan vaksinnya secara terus menerus atau berkala.

Kementerian Kesehatan, kata Nila, akan bekerja sama dengan Bareskrim Polri yang mengungkap pembuatan vaksin palsu. Dia ingin mengetahui sejauh mana pelaku membuat vaksin tersebut. Termasuk pendistribusian dan siapa yang terkena vaksin palsu.

"Karena kami ingin mengetahui isinya apa dulu nih, sterilitas pasti sudah sangat meragukan," ujar Nila.

Kasus vaksin palsu kini tengah diungkap kepolisian. Total sudah ada 15 orang menjadi tersangka dengan peran yang berebeda-beda dari mulai pengedar hingga pembuat. Vaksin palsu diduga telah beredar di lima provinsi, termasuk DKI Jakarta.

Di Jakarta, ditengarai ada empat rumah sakit yang menggunakan vaksin palsu ini dan dua apotek yang menjualnya.

http://www.cnnindonesia.com/nasional...-membahayakan/
0
6.3K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.