budiariadiAvatar border
TS
budiariadi
William Kemmler : Orang Pertama yang Mati di Kursi Listrik


Halo gan, ane harap lu semua baek-baek aja, kebetulan nih gan tadi ane dapat artikel menarik yaitu tentang William Francis Kemmler, seorang psikopat Amerika yang menjadi orang pertama yang mati di kursi listrik, ane dapetin artikelnya sewaktu ngobrak-ngabrik wikipedia, kebetulan belum ada terjemahan lengkap di wikipedia bahasa Indonesianya, jadi ane terjemahin dari versi bahasa Inggrisnya trus ane buat deh thread ini. Oh ya terjemahan ini gak semuanya ane terjemahin dari wikipedia, ada yang gak ane tulis disini (kalau agan mau yang versi lengkapnya, tulis aja william francis kemmler di google, terus buka wikipedianya).
sebelumnya maaf kalau tulisannya terlalu padat. OK deh, Langsung aja gan dicrott ceritanya! (btw ane merinding bacanya)emoticon-Takut


William Francis Kemmler (9 Mei 1860 - 6 Agustus 1890) dari Buffalo, Amerika Serikat, adalah seorang pembunuh yang dikenal di dunia sebagai orang yang pertama kali dieksekusi mati dengan kursi listrik.



William Francis Kemmler



Kemmler didakwa atas pembunuhan pasangan kumpul kebonya Matilda "Tillie" Ziegler dengan sebuah kapak pada tanggal 29 Maret 1889.Dia dituntut dan dinyatakan bersalah pada tanggal 10 Mei 1889 dan pada tanggal 13 Mei hakim memvonisnya dengan hukuman mati. Pada Januari tahun itu, New York diisukan memiliki cara baru dalam hukuman mati yaitu dengan kursi listrik yang merupakan hukum pertama yang pernah ada tentang legalilasi cara tersebut. Pengadilan memutuskan bahwa ia akan dibawa ke Penjara Auburn New York, untuk dieksekusi mati dengan kursi listrik, sebuah temuan tahun 1881 oleh dokter gigi Alfred Southwick dari Buffalo, New York, yang setelah sembilah tahun penyempurnaan dan legalisasi, siap untuk digunakan. Pengacara Kemmler bersikeras meminta naik banding karena menganggap elektrokusi adalah kejam dan tidak biasa.

Usaha untuk melaksanakan eksekusi Kemmler sempat terkendala karena adanya debat untuk memutuskan apakah menggunakan arus listrik AC (bolak-balik) atau arus listrik DC (searah) antara George Westinghouse, pemasok terbesar peralatan pengguna arus AC dengan Thomas Edison, yang menggunakan arus DC di perusahaannya. Arus AC yang menggerakan kursi listrik (standar sekarang diadopsi oleh sebuah komisi setelah demonstrasi yang menunjukkan letalitas arus AC dilakukan di laboratorium milik Edison oleh aktivis anti arus AC Harold P. Brown) dipasok oleh generator milik Westinghouse yang dicuri oleh Brown. Hal ini menyebabkan Westinghouse secara aktif mendukung usaha naik bandingnya Kemmler, mencoba untuk menghentikan apa yang dilihat sebagai usaha Brown dan Edison dalam mencoba menggambarkan arus AC yang digunakan di mesin-mesin milik Westinghouse sebagai arus pengeksusi yang sangat mematikan. Usaha naik banding tersebut gagal pada tanggal 9 Oktober 1889 dan Mahkamah Agung Amerika Serikat memutuskan tidak ada didalam elektrokusi sesuatu yang disebut sebagai hal yang kejam dan tidak biasa.



Pagi di hari eksekusi pada tanggal 6 Agustus 1890, Kemmler dibangunkan pada pukul 5 pagi. Saat itu ia mengenakan setelan, dasi dan sepatu putihnya dengan cepat. Setelah sarapan kemudian ia berdoa, setela itu bagian atas kepalanya dicukur. Pada pukul 6:38, Kemmler memasuki ruangan eksekusi dipandu oleh sipir Charles Durston dan di ruangan tersebut sudah menunggu 18 saksi. Kemmler memandang kursi listrik tersebut dan kemudian berkata: "Tuan-tuan, saya sungguh berharap semoga Anda selalu mendapat keberuntungan dalam hidup. Saya percaya saya akan pergi ke tempat yang baik, dan saya sudah siap".

Para saksi mengatakan bahwa Kemmler benar-benar menyelesaikan eksekusinya, dia tidak berteriak, menangis ataupun menentang. Dia duduk di kursinya, tetapi disuruh untuk bangkit oleh sipir untuk membuat lubang di bajunya sehingga elektroda bisa disematkan di tubuhnya. Dia diikat di kursi, dan wajahnya dipasangi penutup wajah dan elektroda logam dipasang di kepalanya yang botak. Dia berkata: "Santai saja, dan lakukanlah dengan baik, saya tidak terburu-buru." Sipir Durstion menjawab:"Selamat tinggal William" dan memerintahkan untuk menarik sakelar.

Spoiler for Ilustrasi Eksekusi:


Generator dialiri arus dengan tegangan 1000 volt yang dianggap sudah cukup untuk membuat ketidaksadaran sebentar dan pengentian detak jantung. Kursi listrik tersebut sudah diuji sehari sebelumnya, dan berhasil mengelektrokusi seekor kuda.

Arus listrik mengalir di tubuh Kemmler selama 17 detik. Sakelar dimatikan dan Kemmler dinyatakan meninggal oleh Edward Charles Spitzka.

Meskipun begitu, saksi menyaksikan bahwa Kemmler masih bernafas, dokter yang hadir disitu, Spitzka dan Carlos Frederick MacDonald, mendatangi tubuhnya untuk memeriksanya kembali. Setelah membenarkan bahwa Kemmler masih hidup, Spitzka langsung melapor dan berteriak: "Nyalakan kembali kursi listriknya, cepat - jangan ditunda".

Pada upaya yang kedua, tubuh Kemmler dialiri tegangan 2000 volt. Pembuluh darah dibawah permukaan kulitnya pecah dan berdarah. Beberapa saksi salah mengira tubuhnya mengeluarkan api. The New York Times bahkan melaporkannya seperti ini: "Bau mengerikan mulai tercium di ruangan kematian tersebut, dan kemudian, bagaikan akhir dari pemandangan yang mengerikan tersebut, terlihat bahwa rambut dibawah dan disekitar elektroda di kepala dan juga daging dibawah dan disekitar elektroda di tulang punggungnya terlihat hangus. Bau tersebut tidak tertahankan." Saksi membenarkan bau hangus daging tersebut dan beberapa saksi yang mual mencoba untuk meninggalkan ruangan.

Eksekusi Kemmler memakan waktu kira-kira selama 8 menit. Para wartawan memberikan judul-judul kepala berita dan isi yang begitu sensasional tentang kematiannya untuk bersaing dengan koran lainnya. Seorang wartawan yang menghadiri eksekusi Kemmler juga mengatakan itu adalah pemandangan yang mengerikan, jauh lebih mengerikan daripada penggantungan. Westinghouse kemudian berkomentar: "Mereka akan melakukannya dengan baik jika menggunakan kapak."

Terimakasih sudah membaca sampai selesai, jangan lupa dikomeng.
semoga kita semua bahagia selalu (William Francis Kemmler, 1889)

Jangan lupa tetap kerenemoticon-Cool

Ane pamit dulu emoticon-Traveller

Spoiler for Bonus supaya gak takut lagi:

Diubah oleh budiariadi 06-06-2016 05:48
0
48.6K
239
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.