nasved27Avatar border
TS
nasved27
Kenapa Diperlukan Penilaian Tanah?
Saya sedang membuat skripsi dengan topik Appraisal tentang Penilaian tanah suatu proyek perumahan menggunakan metode khusus menilai tanah: Metode Pengembangan Tanah (Land Development Approach), lalu dilatar belakang saya tulis:

Tanah perlu dilakukan suatu penilaian untuk menghasilkan nilai yang disepakati oleh pihak-pihak yang melakukan transaksi pada tanah tersebut, yaitu nilai pasar (market value). Nilai pasar merupakan prakiraan jumlah uang pada tanggal penilaian suatu aset yang digunakan untuk transaksi jual beli atau penukaran suatu properti. Nilai pasar pada tanah perlu dinilai untuk mengetahui besarnya aset yang dimiliki, dan juga dapat dimanfaatkan perusahaan menjadi nilai likuidasi maupun agunan.


Tetapi kata dosen penguji saya, masih kurang tepat, dengan anggapan kenapa developer butuh untuk mengetahui besarnya aset? kenapa butuh tau nilai likuidasi atau agunan?

Setahu saya, biasanya tanah ini dinilai karena menurut developer, properti yang ada, tidak bisa dimanfaatkan lagi secara ekonomis sesuai kegunaannya. Sedangkan pada proyek yang saya ambil ini, sedang pada tahap proses pembangunan, jadi alasan ini tidak logis.
Atau alasannya untuk sewa, hal ini juga tidak mungkin, karena tanah yang dinilai merupakan tanah yang dibangun perumahan.
Atau bisa juga alasan asuransi, untuk asuransi ini saya kurang mengerti bentuk asuransi tanah ini seperti apa, dan apa keuntungannya.

Mohon sarannya yg tepat bagaimana ya? saya bingung dan masih kurang paham. Mungkin ada alasan2 lain kenapa developer ingin melakukan penilaian tanah?

Terima kasih
0
2.4K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sipil
SipilKASKUS Official
1.8KThread799Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.