ian.nelsonAvatar border
TS
ian.nelson
Disebut bawa pulang Rp 1,7 Miliar/bulan, Ahok tantang Fitra


TEMPO.CO, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, gemas atas tudingan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra). Lembaga nirlaba ini menuding gaji Basuki mencapai Rp 1,7 miliar per bulan. "Padahal itu kan dana operasional, Fitra nih ada-ada saja," kata Basuki, di Balai Kota. �

Basuki menantang Fitra mengaudit tabungannya. "Nih tabungan saya lihat saja," ujar mantan Bupati Belitung Timur ini sambil beranjak dari kursinya. Dia melangkah ke arah meja kerjanya, di sana ada sebuah tas kerja hitam. Dari dalam tas, dia mengambil buku tabungan Bank DKI warna merah. "Lihat nih tabungan saya selama jadi Gubernur," katanya. Di angka terakhir tercatat uang sebesar Rp 971.487.547.

Menurut Basuki, gaji posisi Gubernur tidak sampai miliaran per bulan. Tercatat gaji Gubernur Rp 2,4 juta dan tunjangan Rp 4,3 juta. Buku tabungan ini, Basuki meneruskan, berisi catatan gaji hingga honor perjalanan dinas atau tunjangan. Tercatat, dia belum pernah menarik uang dari tabungan tersebut.

Basuki menjelaskan untuk dana operasional memang sudah ada sesuai aturan. Nilainya 0,1 persen dari target pendapatan asli daerah (PAD), saat anggaran pendapatan dan belanja daerah dibahas.




Aturan dana operasional ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2000 Pasal 9 ayat 1 poin F: tunjangan Gubernur DKI mencapai 0,1-0,15 persen dari besaran Pendapatan Asli Daerah. PAD DKI tahun ini ditargetkan Rp 26,67 miliar.

Oleh karena itu, tunjangan dana operasional yang diterima Gubernur dan Wakil Gubernur tahun ini mencapai Rp 26,6 miliar, sekitar Rp 13,3 miliar per orang. Tercatat hingga bulan Juli, Basuki sudah menggunakan dana operasional Rp 5,291 miliar. Di antaranya digunakan untuk bantuan pendidikan, bantuan rumah sakit, serta kegiatan sosial lain.

https://m.tempo.co/read/news/2013/12/05/231534765/gaji-rp-1-7-miliar-ahok-tantang-fitra-audit-tabungan

Mayan beli rumah mewah utk keluarga menlen
Diubah oleh ian.nelson 27-06-2016 10:58
0
2.7K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.