Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Medcom.id
  • SBY Kritik Peran Indonesia dalam Hubungan Kerja Sama Luar Negeri

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
SBY Kritik Peran Indonesia dalam Hubungan Kerja Sama Luar Negeri
 SBY Kritik Peran Indonesia dalam Hubungan Kerja Sama Luar Negeri

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali mengunggah video di jejaring Youtube. Kali ini dia bicara banyak soal keluarnya Inggris dari Uni Eropa juga tentang ASEAN.


Dalam video berjudul "SBY tentang Brexit, Uni Eropa dan ASEAN", yang berdurasi 37.26 menit itu, SBY juga menjabarkan tentang kondisi hubungan luar negeri Indonesia yang menurutnya perlu ada perbaikan.


Dalam video itu, SBY mengklaim mendapat pertanyaan-pertanyaan dari berbagai pemimpin negara soal Indonesia yang dinilai cenderung terlalu nasionalistik dan tidak terlalu memedulikan komentar negara sahabat.


"Mungkin, kebijakan pemerintah misalkan untuk menenggelamkan kapal-kapal pencuri ikan lah begitu. Kemudian mengeksekusi bagi terpidana mati kejahatan narkoba. Mungkin karena menjadi ajang pemberitaan yang masif di dalam negeri, disertai retorika di sana-sini, ditangkap oleh luar negeri, Indonesia cenderung nasionalistik, pokoknya mengutamakan kepentingan nasional dan tidak perduli lah komentar negara sahabat. itu persepsi mereka," kata SBY dalam video Youtube yang diunggah pada Minggu (26/6/2016).


"Saya juga jalankan eksekusi hukuman mati, termasuk narkoba, kita juga keras terhadap negara lain yang mengganggu, tapi mungkin tidak terlalu gaduh. Sehingga tidak jadi perhatian Internasional," tambah SBY.


 SBY Kritik Peran Indonesia dalam Hubungan Kerja Sama Luar Negeri

Bendera Britania Raya dan Uni Eropa. (Foto: SKY)


Selain anggapan kalau Indonesia terlalu nasionalistik, SBY juga menyinggung soal peran Indonesia dalam sejumlah organisasi negara kawasan, salah satunya dalam organisasi Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Menurut SBY, saat ini Indonesia dinilai kurang berperan dan mampu melibatkan diri secara baik di organisasi ASEAN. Padahal Indonesia jadi salah satu founding father berdirinya ASEAN.


"Padahal orang berharap Indonesia jadi natural leader lah. Meskipun kita tidak mengklaim kalau kami (Indonesia) pemimpin di ASEAN, tapi dianggap saudara tua, big brother, dan sebagai ya pemimpinlah," ujar SBY.


SBY bilang dirinya memahami soal prioritas Presiden Joko Widodo yang ingin fokus membenahi masalah dalam negeri. Tapi, dia juga mengingatkan agar Indonesia juga lebih peka terhadap masalah yang terjadi di negara-negara kawasan.


"Itu tidak salah. Tapi oleh teman di ASEAN dianggap kok tidak terlalu peduli barangkali untuk menangani masalah kawasan, masalah-masalah yang sifatnya menjadi bagian dari kemitraan dan kerja sama," papar SBY.


Saat ini, menurut SBY, pemerintah harus segera mampu menjelaskan kepada para negara sahabat. Menurutnya, harus segera ada komunikasi dan diplomasi yang lebih efektif untuk menjelaskan kalau Indonesia juga peduli terhadap persoalan terkait kerja sama luar negeri dan sebagainya.


"Sebenarnya tentu bagi kita, kepentingan nasional di atas segalanya, bangsa manapun begitu. Tetapi, kerja sama Internasional, seperti ASEAN, APEC, G-20, PBB, organisasi kerja sama Islam, itu juga untuk kepentingan nasional kita juga, semua ke situ arahnya, tidak perlu sangat dipertentangkan. Apalagi, kita hidup di era globalisasi, suka tidak suka, mau tidak mau, kita harus menyesuaikan diri dalam iklim globalisasi. Kita secara ekonomi saling terhubung, saling tergantung. Oleh karena itu pandai-pandai kita menjalin kerja sama baik kawasan maupun Internasional untuk sebesar-besar kepentingan Indonesia," ungkap SBY.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...ma-luar-negeri

---

Kumpulan Berita Terkait SBY :

-  SBY Kritik Peran Indonesia dalam Hubungan Kerja Sama Luar Negeri SBY Kritik Peran Indonesia dalam Hubungan Kerja Sama Luar Negeri

-  SBY Kritik Peran Indonesia dalam Hubungan Kerja Sama Luar Negeri Pramono: Kritik SBY Jadi Obat Kuat bagi Pemerintah

-  SBY Kritik Peran Indonesia dalam Hubungan Kerja Sama Luar Negeri Demokrat Jadi Pengkritik Hingga Jabatan Jokowi Berakhir

0
1.1K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medcom.id
Medcom.idKASKUS Official
23KThread601Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.