Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kdpjogjaAvatar border
TS
kdpjogja
5 Sikap Mental Entrepreneur, Rahasia Sukses Membangun Bisnis
5 Sikap Mental Entrepreneur, Rahasia Sukses Membangun Bisnis


5 Sikap Mental Entrepreneur, Rahasia Sukses Membangun Bisnis



Selain knowledge, skill dan modal, ada satu hal lagi yang sangat vital dan harus dimiliki oleh mereka yang ingin membangun bisnis sendiri. Hal tersebut adalah mental entrepreneur. Mental entrepreneur bisa didefinisikan sebagai landasan sifat yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur sekaligus sebagai fondasi awal sebelum berbicara lebih jauh tentang langkah-langkah praktis membangun bisnis. Tanpanya, bisnis tak akan pernah bisa dibangun. Inilah kenapa mental entrepreneur sangat menentukan sampai sejauh mana seorang wirausaha mampu melangkah.

Ketatnya persaingan dan sulitnya rintangan yang harus dihadapi membuat banyak langkah tertahan dan memupuskan mimpi para pelaku usaha. Solusi-solusi praktis mungkin sedikit membantu para entrepreneur dalam menjajaki jalan kewirausahaan. Namun akrabnya jalan seorang entrepreneur dengan tantangan dan ujian membuat semua itu tak begitu berarti tanpa sikap mental yang tepat. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menjadi seorang wirausaha, sebaiknya Anda tahu mental apa saja yang harus Anda bangun untuk menjadi seorang entrepreneur sejati.

1. Percaya Diri

Gagasan dan mimpi membangun sebuah bisnis memang terdengar istimewa. Akan tetapi di sisi lain, ini juga merupakan gagasan yang tidak biasa di masyarakat. Memang ada banyak orang yang bermimpi memiliki bisnis sendiri, akan tetapi gagasan membangun bisnis umumnya akan diremehkan oleh banyak orang, terlebih jika Anda dinilai masih muda dan belum memiliki pengalaman kerja.
Keputusan membangun bisnis adalah keputusan yang sangat serius. Anda harus benar-benar yakin dengan keputusan Anda jika memang menginginkannya. Jika Anda sudah bertekad untuk membangun bisnis sendiri, sebaiknya Anda juga harus siap dengan pandangan orang lain yang meragukan niatan Anda. Percaya diri saja dan terus jalani bisnis Anda dengan sepenuh hati.

2. Pantang Menyerah

Membangun bisnis adalah pekerjaan seumur hidup. Itulah kenapa entrepreneurship disebut sebagai jalan hidup. Tantangan akan selalu menyertai Anda. Ia akan terus muncul dan menjadi sahabat dalam meniti bisnis Anda. Tentunya, dibutuhkan sifat pantang menyerah untuk menjalani itu semua. Komitmen Anda akan terus diuji. Kegagalan demi kegagalan akan terus dialami. Semua itu ada untuk mematangkan Anda. Akan tetapi percayalah, jika Anda mampu mengambil pelajaran dari setiap kegagalan dan tidak pernah berhenti berusaha, kesuksesan pasti akan menghampiri.

3. Berani Mengambil Resiko

Sejak memutuskan untuk membangun usaha, setiap keputusan bisnis yang Anda ambil akan memiliki resiko. Besar kecilnya resiko sangat beragam, tergantung dari seberapa besar return yang dijanjikan. Mungkin kelak Anda akan mengambil keputusan yang salah dan merasakan dampak dari keputusan tersebut. Namun disitulah Anda akan belajar. Di situlah Anda akan memahami bagaimana cara mengambil keputusan yang tepat dan menekan resiko yang bisa ditimbulkan. Karena itu, jangan pernah takut mengambil resiko dan teruslah belajar.

4. Memiliki Motivasi Kuat

Dalam masa-masa awal membangun bisnis, Anda akan merasakan yang namanya kesepian. Inilah masa-masa yang sulit. Saat Anda terpuruk, tidak ada orang yang mampu memotivasi Anda selain diri Anda sendiri. Itulah kenapa setiap pelaku usaha umumnya tak hanya memiliki motivasi yang kuat namun juga memiliki kemampuan untuk memotivasi diri sendiri. Miliki itu jika Anda belum memilikinya. Karena percayalah, Anda akan membutuhkannya untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

5. Jujur

Kejujuran mahal harganya. Karena itu jika Anda jujur, return yang Anda dapat juga tak ada batasnya. Mungkin ada beberapa pelaku usaha yang rela melakukan tindakan kotor demi mendapatkan project besar. Sangat menggoda memang. Cara ini juga terlihat lebih mudah dan lebih cepat. Akan tetapi dalam membangun bisnis, cara ini sangat tidak dianjurkan. Kalaupun Anda bisa mendapatkan order dan keuntungan dengan cepat, sustainability atau ketahanan bisnis Andalah yang menjadi taruhannya.

Jujurlah dalam menjalankan bisnis. Karena saat Anda jujur kepada konsumen dan membantunya dengan sepenuh hati, mereka akan menghargai Anda dan loyal kepada Anda. Dalam membangun bisnis digital printing juga demikian. Namun bagi Anda yang ingin menguasai seluk beluk tentang bisnis yang satu ini, kunjungi kursusdigitalprinting.comuntuk memperoleh informasi selengkapnya.


Info dan pendaftaran:
SMS/WA/Telepon: 0812-2607-7122
PIN BBM: 5C95-75A0
Website: kursusdigitalprinting.com
0
1.7K
0
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.6KAnggota
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.