Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

angelinasophiaAvatar border
TS
angelinasophia
Nih gan, macam2 asuransi beserta manfaatnya!


Asuransi. Hmm seru nih kalo siang2 gini kita bahas tentang asuransi. Kalo menurut ane pribadi, asuransi itu penting banget lho. Karna kita hidup didunia ini pasti punya banyak rencana, tapi takdir tetep Tuhan yang menentukan.

Itulah kenapa ane bilang asuransi itu penting. Urusan umur, sehat sakit semua udah ada yg atur, dan kita sebagai manusia biasa ga ada satupun yang tau kapan hal itu akan menimpa kita. Bener ga?

Disini ane pengen sharing nih gan, mengenai beberapa macam asuransi yang ada diIndonesia, siapa tau diantara agan2 sekalian ada yang belum tau.

Beberapa macam asuransi, diantaranya adalah :

1. Asuransi Jiwa



Jenis asuransi satu ini dikenal memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya. Sistem pembayaran untuk jenis asuransi jiwa pun bermacam-macam. Ada perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran setelah kematian dan yang lainnya bisa memungkinkan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematiannya. Asuransi jiwa dapat dibeli untuk kepentingan diri sendiri dan atas nama tertanggung saja atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga. Bahkan asuransi jiwa juga dikenal bisa dibeli pada kehidupan orang lain.

Sebagai ilustrasinya, misalkan seorang suami bisa membeli asuransi jiwa yang akan memberikan manfaat kepadanya setelah kematian sang istri. Orang tua juga dapat mengasuransikan diri terhadap kematian sang anak.

2 Asuransi Kesehatan



Jenis asuransi satu ini juga cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang menangani masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit serta menanggung biaya proses perawatan. Umumnya, penyebab sakit tertanggung yang biayanya dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah cedera, cacat, sakit, hingga kematian karena kecelakaan. Asuransi kesehatan juga dikenal bisa dibeli untuk kepentingan tertanggung saja atau kepentingan orang ketiga.

3 Asuransi Pendidikan



Inilah asuransi yang paling populer dan menjadi favorit para pemegang polis. Asuransi pendidikan merupakan alternatif terbaik dan solusi menjamin kehidupan yang lebih baik terutama pada aset pendidikan anak. Biaya premi yang harus dibayarkan tertanggung kepada perusahaan asuransi berbeda-beda sesuai dengan tingkatan pendidikan yang ingin didapatkan nantinya.

Memahami pentingnya penggunaan asuransi pendidikan untuk anak-anak kini menjadi sesuatu yang menjadi perhatian para orang tua. Tingginya biaya pendidikan dan kondisi lain yang memperburuk ekonomi seperti melemahnya mata uang kita terhadap dollar Amerika berpengaruh pada biaya pendidikan anak nantinya. Menyadari bahwa hal ini jelas akan memberatkan orang tua, maka tak jarang orang tua sekarang memilih untuk mempunyai asuransi pendidikan karna manfaat asuransi pendidikan ini akan sangat membantu dimasa depan.

4 Asuransi Umum



Asuransi umum atau general insurance merupakan proteksi terhadap resiko atas kerugian maupun kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Jaminan asuransi umum ini sifatnya jangka pendek (biasanya sekitar satu tahun). Asuransi umum dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, diantaranya:

a) Social Insurance (Jaminan Sosial).

Jenis asuransi ini merupakan asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap orang atau penduduk dengan tujuan setiap orang memiliki jaminan hari tua. Pembayaran premi dilakukan dengan paksa, salah satu contohnya dengan memotong gaji seseorang setiap bulan.

b) Voluntary Insurance (Asuransi Sukarela)

Asuransi ini dijalankan dengan sukarela. Jenis asuransi sukarela masih bisa dibagi lagi ke dalam 2 klasifikasi yaitu Government Insurance dan Commercial Insurance. Government insurance merupakan asuransi yang dijalankan oleh pemerintah, sementara commercial insurance merupakan asuransi yang ditujukan untuk memberikan proteksi kepada seseorang atau keluarga serta perusahaan dari resiko yang mungkin muncul akibat unexpected events.

****
Sayangnya, diIndonesia ini kesadaran akan pentingnya asuransi masih kurang gan. Jadi ya belum banyak yang emang ikut asuransi. Kebanyakan orang pasti lebih memilih menabung dari pada ikut asuransi, tapi kalo ane sendiri udah punya keduanya, soalnya ane buka tabungan di bank C*MB Niaga, dan dapet asuransi ketika 1jt/hari pas gue dirawat tanpa harus bayar premi asuransi.

Udah ngerasa aman lah ane, selain ane bisa nabung, juga juga dapet asuransinya, jadi dari tabungan itu dapet 2 manfaat deh tuh, nabungnya iya, asuransinya juga iya.

Tapi ya, kita ga bisa maksain semua orang harus sependapat sama kita bahwa asuransi itu penting dan semua orang harus punya asuransi, semua kembali sama diri masing2. Mau punya atau ga punya asuransi, its your choice. emoticon-Angkat Beer

Sekian aja deh sedikit ulasan dari ane mengenai beberapa macam asuransi, kalo agan mau nambahin monggo lho. emoticon-Malu

Makasih udah mampir. emoticon-Peluk
0
4.9K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.