Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jackpaijohAvatar border
TS
jackpaijoh
Pengalaman Merakit Komputer Server
Seumur-umur ane pertama kali melihat hardware komponen server dan pertama kali juga ane merakit sendiri komputer server emoticon-Malu (S). Ane merakit komputer server untuk kebutuhan kantor, dimana perusahaan ane baru beli program baru (custom). Ane sebagai tukang IT di kantor diserahin urusan itu ama boss. Kenapa tidak beli server build up? waktu itu ditawari komputer server second harganya 32 juta tp ane tolak, trus sempat ditawari server merk Rainer, waktu itu harganya 18 juta-an tapi saat ane hitung speknya ternyata terlalu mahal dan terlalu rendah speknya. Trus ane cari informasi karena bimbang mau pakai processore Xeon type E5 atau type X karena socket mobo dari dari proc ini beda. Untuk E5 pakai 2011 (baru) sedangkan X pakai 1366. Akhirnya ane memutuskan memakai proc Intel Xeon E5-2620 v2.

Pertimbangan memilih proc type E5 dari pada X :
1. Proc intel tipe X uda tidak dikeluarkan, kalau ada itu pun tipe tertentu dan stok lama. Ane muter2 ga dapat nih procie.
2. Tipe X kalau pricelistnya mahal banget emoticon-Matabelo.
3. Tipe E5 yang ane pilih generasi ke 2, dilihat dari v2. performanya lebih baik dari seri 1 selain itu sudah 22nm, cache besar 15mb.
4. Hasil bencmark ama tipe X-5650 tidak terlalu jauh.
5. Lebih hemat listrik.
6. Masih ada garansi karena produk belum discontinued,
7. Mobo LGA 2011, procienya masih bisa diupgrade dengan teknolgi yang baru.

Jangan pernah mencoba2 merakit sendiri kalau agan2 ga pede atau kurang pengetahuan masalah komputer rakitan, bisa berabe emoticon-Ngakak
Kl agan-agan salah posisi masukkan tuh procie dan sampai patah....wahhhh....isa nangis...emoticon-Berduka (S).....mobonya aja 5 jt-an....ane aja sampai dag-dig-dug...hehehehe
Ane beli hardwarenya sendiri2 gan, mobo dan procie yang paling sulit , jarang toko jual karena jarang laku. Ane ga dapat fan ori intelnya makanya ane pakek yg lain, ane suka yg ori krn lbh pendek sedangkan cool master dan deep cool tinggi banget fannya, tp untungnya casing masih bisa ditutup. Untuk casing ada kuncinya jadi kl posisi terkunci, org lain ga bisa nyalain servernya dan posisi casing tidur (rackmount). Ane pakai ssd karena lebih cepat read / writenya, kalau listrik padam gak mudah rusak karena bukan pakai piringan seperti hardisk melainkan pakai chip (kyk flasdisk) (IMHO).

Ini Spec komputer servernya :
- Mobo Intel S2600CP2 (Dua Procie)
- Procie Xeon E5-2620 v2 2.1 Ghz Cache 15 Mb x 2
- SSD 120 Gb Apacher Turbo2
- Fan Procie CoolMaster & DeepCool
- Memory Visipro Pc 12800 4Gb x 4
- Hardisk External WD Ultra Passport (Untuk Backup)
- Power Supply enLight Silver Black 650 Watt
- Casing Enlight EN4808.

Ini penampakan hardware dari servernya :












Keuntungan merakit sendiri, tentu biaya yang lebih murah dan flexibilitas hardware dalam kita memilih. Pada dasarnya merakit komputer server dan komputer desktop sama saja, yang penting hati2 dan teliti dalam membaca petunjuk hardware baik mobo, fan ataupun procie. Agan juga bisa nambah pengalaman, yang nantinya akan berguna kalau ada masalah pada server. Membangun komputer server juga disesuaikan menurut kebutuhan dan bugdetnya. Untuk benchmark ane belum sempet tes, krn ane masih sibuk setting program dan databasenya.

Ane minta maaf kalau thread ane salah kamar, atau penulisannya masih kurang baik. Semoga thread ane bermanfaat bagi agan2 yang ingin membangun server sendiri.


0
19.1K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
Hardware ComputerKASKUS Official
31.1KThread9.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.