Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

riskawul006Avatar border
TS
riskawul006
20 Hasil Inovasi Yang Mengubah Wajah Dunia
Ada banyak inovasi yang membaur dengan keseharian dan kehidupan manusia. Sebagian diantaranya hanya bermanfaat sebagai alat bantu, namun sebagian lagi ada yang berpengaruh luas lebih dari sekedar alat yang memudahkan pekerjaan. Berikut adalah daftar 20 hasil inovasi yang berpengaruh sangat besar pada kemajuan dan perkembangan umat manusia hingga hari ini.
20. Remote Control

Remote control, diciptakan pada tahun 1950 oleh Zenith, berupa perangkat sederhana yang disebut Lazy Bones dan masih terhubung ke TV dengan kabel kawat. Alat ini kemudian lebih terkenal dengan sebutan Remote kontrol juga memiliki berbagai nama seperti Flashmatic dan Zenith Space Command, karena dioperasikan dengan cara di-klik alat ini menjadi perangkat yang pertama kali mendapat julukan “clicker.”

19. Kamera Foto

Murah dan mudah dioperasikan, Brownie Point menjadi salah satu kamera kotak pertama yang memungkinkan penggunanya membawa alat ini dan mengambil gambar dengan mudah dimana saja. Saat mulai tersedia di toko pada tahun 1900, 100.000 unit terjual pada tahun pertama.

18. Vacuum Cleaner

James Murray Spangler menemukan vakum praktis pertama, pada tahun 1907, Ia menggunakan kipas angin listrik, sarung bantal, dan sikat untuk melonggarkan permukaan yang dibersihkan. Spangler kemudian menjual paten alat ini pada William Henry Hoover, yang kemudian didesain ulang dengan perangkat-tambahan berupa casing baja, kastor dan lampiran. Karya Hoover pertama ini bernama Model O, yang mulai dijual pada tahun 1908. Saat itu harganya USD 60, setara dengan USD 1500 saat ini. Namun harga perangkat ini turun menjadi cukup murah pada pertengahan 1950-an dan menjadi perangkat yang umum dimiliki oleh keluarga kelas menengah.

17. Handheld GPS

Sebelum orang menggunakannya sebagai penunjuk jalan, GPS menjadi bagian sistem navigasi prajurit militer. GPS baru tersedia untuk keperluan sipil pada tahun 1983 namun bentuknya masih belum ringkas dan enteng. 6 tahun kemudian Magellan menjual unit GPS genggam pertama pada tahun 1989.

16. Radio Transistor

Radio transistor pertama di dunia tidak membawa bentuk inovasi yang rumit dan masih terbilang sederhana. Prinsipnya hanya mengganti tabung vakum pada radio tabung dengan transistor The Regency TR-1 dan menjadi radio portable pada tahun 1954. Harganya setara USD 49,95 dan sekitar 100.000 unit terjual hanya dalam waktu 14 bulan.

15. Modem

Pada tahun 1949, modem pertama mengkonversi data radar Angkatan Udara AS menjadi suara dan berkumandang melalui saluran telepon. Sebuah penerima kemudian menerjemahkan suara itu kembali menjadi data. Nama Modem menggambarkan proses Modulasi dan Demodulasi yang diolah alat ini. Saat pertama diperkenalkan transmisi nya masih sangat lambat dan kondisi ini terus sama sampai akhir 1990-an, dan baru berubah ketika kecepatan internet mencapai 56 kbps dan cukup cepat untuk mengirim email.

14. Mesin Tik

Pada 1870-an, Christopher L. Sholes mempelajari prinsip letter-pair frequency (penempatan huruf yang paling sering digunakan saat mengetik). Ia kemudian menata ulang tata letak letterkey di papan ketik. Hasilnya adalah susunan yang menjadi susunan huruf qwerty standar. Susuan huruf itu kemudian diperkenalkan di panel ketik mesin tik Remington Standard 2 pada tahun 1874. Sistem penataan huruf ini bertahan sampai sekarang dan menjadi standar di keyboard komputer.

13. Korek Api Kayu

Korek api bebas kandungan zat beracun baru ada pada tahun 1910. Sebelum itu, satu kotak korek api mengandung fosfor putih beracun yang cukup untuk meracuni dan membunuh seseorang. Korek api kayu bebas racun ini kemudian menjadi produk yang hampir tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

12. Sepeda

Penemuan Rover safety bicycle pada 1885 sebagai jenis sepeda yang lebih aman, imbang dan mudah dikendarai membuat kaum pria bahkan kaum wanita bisa menjalani aktivitas dan mobilitas yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya. Bahkan penulis Susan B. Anthony menulis di New York World pada tahun 1896 dan mengatakan bahwa sepeda menjadi alat yang paling membebaskan kaum perempuan.

11. Baterai Dry Cell

Tidak seperti baterai sel basah, dengan cairan yang cenderung rawan tumpah, kandungan sel baterai kering hasil karya Carl Gassner berupa pasta elektrolit. Mulai diperkenalkan secara umum pada tahun 1886 inovasi ini kemudian menginspirasi munculnya berbagai versi portabel dari peralatan elektronik yang membutuhkan pasokan listrik.

10. Lampu Bohlam

Sekedar informasi, ide dan inovasi lampu bohlam ditemukan dan diupayakan oleh 23 orang ilmuwan. Namun yang paling berhasil adalah Thomas Alfa Edison, Ia mematenkan sistem bohlam buatannya pada tahun 1878. Bohlam pertamanya menggunakan filamen karbon dan hanya bisa bertahan menyala selama 13,5 jam. Jenis pertama ini adalah lampu pijar awal yang dirakit dengan tangan.

9. Jam Alarm

Jam alarm sudah ada selama berabad-abad, namun merek Seth Thomas membuat 1.876 model yang desainnya paling elok di meja dan dianggap menyeret Revolusi Industri dari tempat tidur.

8. Phonograph

Thomas Edison menemukan konsep merekam dan mereproduksi suara saat mencoba mengotomatisasi pidato suara untuk para juru ketik yang mendengar pidato melalui telepon. Dia menunjukkan demonstrasi alat perekam ini pada majalah Scientific American pada akhir tahun 1877. Alat ini membuat orang terperangah karena mengulang perkataan Alfa Edison hanya dengan cara mennggerakkan engkol. Mesin pertama menggunakan silinder kertas timah, kemudian pindah ke lilin dan, akhirnya, memainkan pita kaset.

7. Telepon

Alexander Graham Bell mulai tertarik pada pendidikan tuna rungu dan mengajar di Sekolah tuna rungu di Boston pada tahun 1871. Pekerjaan ini memunculkan ide yang membuatnya menciptakan mikrofon. Tak hanya itu, pada tahun 1876 ia juga membuat telepon. Awalnya telepon ia sebut “mesin pidato listrik.” Pada terbitan majalah Popular Mechanics tahun 1912, Bell mengatakan, sebagai sarana transmisi berbicara dan mereproduksi suara dari tempat yang jauh ia menyatakan karyanya tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Perangkat telepon itu pertama kali muncul di Pameran Centennial di Philadelphia pada tahun 1876. Saat itu Kaisar Dom Pedro dari Brasil sangat terpukau dan berseru: “Ya Tuhan, alat ini bisa bicara!”

6. Air Conditioner

Pada pameran musim panas di New York tahun 1939, Willis Haviland Carrier menunjukkan produk AC ruangan pertama. Alat ini kemudian berkembang pesat dan pada tahun 1953 dan lebih dari 1 juta unit AC laku di Amerika. Kini jumlah penggunanya meningkat pesat, pengguna AC mencapai 41 juta di Amerika saja.

5. Personal Computer

Komputer pribadi modern diperkenalkan pada pertengahan 1970-an dengan nama Kit. Sedikit lebih awal dari karya Bill Gates dan Paul Allen dengan bahasa pemrograman MITS Altair 8800 kit. Atau Steve Jobs dan Steve Wozniak, yang merancang kerangka Apple I dan Apple II, yang memulai debutnya pada tahun 1977. Dan semua seolah biasa saja sampai IBM memperkenalkan Komputer Pribadi pada tahun 1981. Dan istilah PC mulai terkenal, dan komputer mulai menjadi alat penting bukan hanya sekedar alat mainan. Pada tahun 1983, ada 10 juta komputer pribadi di luar AS, hari ini makin lazim ditemui notebook atau PC di kantor dan rumah-rumah.

4. Alat Suntik hipodermik Syringe

Jarum berongga diciptakan pada tahun 1844, satu abad kemudian saat vaksin disuntikkan jutaan orang terhindar dari polio, TBC, rabies dan berbagai jenis penyakit lainnya.

3. Televisi

Pada tahun 1877, George Carey sudah membuat sketsa gambar untuk “selenium kamera” yang memungkinkan orang untuk “melihat dengan listrik”. Pada saat yang sama, Thomas Edison dan Alexander Graham Bell berteori tentang telepon yang bisa mengirimkan gambar bersama dengan suara. Televisi modern muncul pada tahun 1939 di New York World Fair. Pada tahun 1949, kurang dari 1 juta rumah tangga yang memiliki TV; empat tahun kemudian, angka tersebut membengkak menjadi 25 juta. Dalam setengah abad, TV menjadi sumber utama berita dan hiburan, dan hari rata-rata orang menghabiskan 2,8 jam per hari untuk menonton TV.

2. Radio

Radio pertama kali dipatenkan di Inggris pada tahun 1896 sebagai “telegrafi nirkabel” oleh Guglielmo Marconi. Ia mendasarkan karyanya pada teknologi yang dikembangkan oleh Nikola Tesla. Sejak diperkenalkan, Radio langsung menjadi barang yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sosial terkait penyebaran informasi dan hiburan di era awal.

1. Smartphone

Pada akhir 2010, ada 5 Miliar Smartphone yang dibeli orang, banyaknya setara 75 persen populasi manusia di muka bumi. Gadget ini bermula dari teknologi Motorola DynaTAC 8000X keluaran tahun 1983, sebagai ponsel pertama yang benar-benar portabel. Dan Smartphone, berkembang sejak tahun 2000, sebagai alat yang merangkum kemampuan PC namun hanya seukuran saku. Dengan dukungan teknologi nirkabel, GPS, dan multimedia alat ini memfasilitasi hubungan pribadi yang seolah membuat percakapan telepon terasa kuno. Tak hanya di negara maju, alat ini juga berpengaruh pada orang dari negara-negara berkembang, yang bahkan masih belum memiliki jaringan listrik. Sehingga informasi, perkembangan sosial dan budaya dunia pun bisa saling bertukar dan melengkapi dengan lebih cepat. Setelah sekitar 11 tahun berkembang dan terus semakin canggih, Smartphone kian menunjukkan potensi tak terbatas.

sumbernya dari sini

0
1.9K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.