Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Satelit LAPAN A3/LAPAN IPB buatan putra putri Indonesia siap mengorbit ..

theshiroAvatar border
TS
theshiro
Satelit LAPAN A3/LAPAN IPB buatan putra putri Indonesia siap mengorbit ..

Mumpung bulan Ramadhan, dari pada ngejunk mending posting hal hal yang berbau kebaikan dan prestasi. Harapannya semoga menyadarkan diri kita sebagai anak bangsa, bahwasannya kita itu bangsa yang hebat yang gak kalah sama bangsa dan negara lain. Sudah saatnya kita tidak lagi menganggap bangsa kita inferior dibanding negara lain.
Ok langsung aja gan, ini hal yang luar biasa gan. Ternyata putra putri Indonesia saat ini telah mampu merancang dan membuat satelit sendiri gan. Dan gak tanggung tanggung gan, jumlahnya sudah 3 buah satelit. 2 diantaranya sudah mengorbit yaitu LAPAN A1/LAPAN TUBSAT, dan yang kedua, yang baru saja meluncur kemaren tanggal 28 September 2015, satelit LAPAN A2/LAPAN-ORARI. Nah yang heboh sekarang ini, besok pada hari Rabu tanggal 22 Juni 2016 jam 10.55 WIB satelit generasi ketiga yang bertajuk satelit LAPAN A3/LAPAN IPB akan diluncurkan dengan menggunakan roket PSLV C34 milik India dari pusat antariksa Satish Dhawan Space Center SHAR, Sriharikota India.

Posternya gan.

Yuk sekarang kita lihat kayak gimana sih satelitnya ..
Satelit LAPAN A3 ini ternyata masih tergolong satelit mikro dengan dimensi 50 cm x 57.4 cm x 42.4 cm ( Jadi agan bisa bayangin sendiri kan segimana besar ukurannya ). Tapi meskipun kecil, ternyata satelit ini mengemban banyak misi, antara lain :
  1. Observasi bumi dengan 4 band imager multi spektral untuk klasifikasi penggunaan lahan dan observas lingkungan
  2. Pemantauan maritim dengan menggunakan AIS
  3. Pengukuran medan magnet bumi untuk tujuan ilmiah

Menurut ane ini luar biasa gan, untuk ukuran satelit yang ukurannya tidak lebih gede dari kulkas tapi memiliki misi yang cukup banyak. Untuk dapat mengakomodir keseluruhan misi satelit ini dibekali dengan beberapa sensor antara lain Multi spektral imager, AIS , Digital Space Camera, dan Magnetometer.
Spoiler for Ini gan gambar satelitnya:

Spoiler for Foto real satelitnya gan ..:

Spoiler for Ini gan spesifikasinya ..:

Bicara satelit tentu bicara orbit ...
Satelit LAPAN A3 ini direncanakan akan memiliki orbit Polar Sun-synchronous circular orbit, dengan ketinggian = 637 km, inklinasi = 97.71º, period = 97.44 minutes. Kira kira gini maksudnya gan, Orbit polar adalah orbit satelit yang memiliki inklinasi 90º atau mendekati, jadi dengan memakai orbit ini satelit akan bergerak mengelilingi bumi dari kutub ke kutub, baik itu dari utara ke selatan ataupun sebaliknya. CMIIW.
Sedangkan maksud sun-synchronous adalah orbit satelit yang mensinkronkan pergerakan satelit dalam orbit, presisi bidang orbit, dan pergerakan bumi mengelilingi matahari, sedemikian rupa sehingga satelit tersebut akan melewati lokasi tertentu di permukaan bumi selalu pada waktu lokal yang sama setiap harinya. Untuk itu, karena Bumi berevolusi mengelilingi matahari, maka orbit satelit juga harus berpresesi terhadap sumbu rotasi bumi, sebesar 3600/tahun.Orbit sun-synchronous umum digunakan oleh sistem satelit inderaja dan satelit cuaca.
Spoiler for Kira kira ini ilustrasinya :

Dengan karakteristik orbit semacam ini maka satelit akan melintasi kita 2 kali ( siang dan malam ) dalam satu hari, dan rata rata waktu kontaknya adalah berkisar 11 menit.

Beneran gak sih ini orang Indonesia yang bikin ..
Dikutip dari kompas.com, "menurut Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, desain, perancangan, produksi, dan pengujian Lapan A3/IPB dilakukan ahli Indonesia dengan fasilitas di Indonesia. Produksi satelit memakai fasilitas Lapan dan pengujian dengan fasilitas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia." Jadi bener gan ini satelit buatan asli putra putri Indonesia. Satelit ini dibuat di salah satu satker LAPAN yaitu Pusat Teknologi Satelit yang berlokasi di Rancabungur Kab. Bogor.


Foto Kantor Pusteksat LAPAN, dari streetview



Foto Satelit bareng engineernya


Spoiler for Ini gan foto si satelit bareng sama engineer nya ..:


Spoiler for Foto satelit bareng engineernya saat di Satelit mau dipasang di roket:


Sekarang kita ngomongin roket peluncurnya gan ..
Berhubung negara kita belum bisa bikin roket peluncur satelit sendiri gan, jadinya kita ngebonceng nih sama roket India dengan muatan utamanya satelit CartoSat milik India. Kita ngebonceng gak sendirian gan, ada beberapa satelit lain yang ikut ngebonceng bareng buat berangkat menuju orbit. Diantaranya adalah Sathyabamasat(India), Swayam (India), M3MSat (Canada), GHGSat-D (Canada), Biros (Jerman), SkySat Gen2-1 (Amerika), dan Dove (Amerika). Ini beberapa gambaran profil dari roketnya gan.

Spoiler for Profil roketnya gan ..:

Spoiler for yang ngebonceng:

Spoiler for penempatan A3 di roket n jadwal separasi :

Spoiler for LAPAN A3 nongkrong dibalik keranjang:


Kita kupas lebih jauh misi satelitnya gan.
Ane coba kumpulin penjelasan yang ada di internet tentang misi satelit LAPAN A3 ini gan, semoga menambah wawasan kita.
1. Observasi bumi dengan menggunakan multi spektral imager
Spoiler for Ini spec kamera imager yang dipake gan:

Kegiatan observasi bumi dengan menggunakan kamera yang ditempatkan di satelit dapat dimasukkan ke dalam kelompok kegiatan penginderaan jauh. Dalam penginderaan jauh, data atau hasil observasi yang didapat disebut citra. Citra dapat diartikan sebagai gambaran yang tampak dari suatu objek yang sedang diamati, sebagai hasil liputan atau rekaman suatu alat pemantau.
sumber. Kalo dilihat dari sensornya/kameranya maka output dari satelit ini adalah citra multispektral. Apa itu? Citra multispektral adalah citra yang dibuat dengan saluran jamak. Berbeda dengan citra tunggal yang umumnya dibuat dengan saluran lebar, citra multispectral umumnya dibuat dengan saluran sempit. Dengan menggunakan sensor multispektral, maka kenampakan yang diindera akan menghasilkan citra dengan berbagai saluran. Citra dengan saluran yang berbeda tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi kenampakan-kenampakan tertentu, karena saluran-saluran tersebut memiliki kepekaan terhadap suatu kenampakan.sumber. Citra semacam ini sama seperti yang dihasilkan satelit lain seperti Landsat, Quickbird, IKONOS, dll.

Contoh citra multispektral dari Landsat

Penginderaan jauh ini banyak sekali manfaatnya, pada sateltit LAPAN A3 penggunaan multispektral imager difokuskan untuk pemantauan lahan pertanian untuk ketahanan pangan. Namun demikian masih banyak manfaat lain dari penginderaan jauh, buat yang penasaran bisa buka linkini.

2. Pemantauan maritim dengan menggunakan AIS
3. Penelitian medan magnet bumi

Ini beberapa ulasan media gan ...
Spoiler for Kata Kepala Pusteksat tentang LAPAN A3:

Spoiler for Detik Com:


Penutup Gan ..
Ternyata orang kita gak kalah hebat dengan orang luar sono gan. Ini menunjukkan bahwa sebenarnya kita mampu asal kita gak terlalu sibuk gontok gontokan dan membahas hal hal yang sebenarnya sudah tidak perlu dibahas lagi. Yang penting jaga kerukunan, jaga persatuan dan jangan mudah diadu domba. Indonesia keren pokoknya...

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh theshiro 21-06-2016 03:16
0
6.4K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.