Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GeorgeSatanAvatar border
TS
GeorgeSatan
★★★ Marak Pencurian Kabel Fiber Optik Bawa Laut, Roy Suryo : Pelaku Terlatih ★★★
Marak Pencurian Kabel Fiber Optik Bawa Laut, Roy Suryo : Pelaku Terlatih
ByLukman HakimPosted on Juni 18, 2016 (Foto : Lukman Hakim/Deliknews.com)


★★★ Marak Pencurian Kabel Fiber Optik Bawa Laut, Roy Suryo : Pelaku Terlatih ★★★



Pangkalpinang – Pencurian jaringan kabel SKKL (sistem komunikasi kabel laut) yang kembali marak di Provinsi Bangka Belitung perlu disikapi serius.Sebab, pelaku pencurian tersebut merupakan ulah kelompok terlatih yang menggunakan informan ‘orang dalam’, demikian hal itu disampaikan pemerhati telekomunikasi KRMT.Roy Suryo via seluler.

“Menurut pandangan saya ini mirip kasus pencurian kabel yang meninggalkan jejak “Kulit Kabel” di gorong-gorong Jakarta (yang sempat diklaim Ahok sebagai “sabotase” tempo hari). Apalagi kalau ternyata kabel-kabel tersebut memang sudah saatnya diremajakan, siapa yang tahu kabel mana yang masih ON dan tidak kalau bukan orang dalam?” Papar Roy Suryo.

Dijelaskan Roy Suryo, bahwa kemungkinan untuk dilakukan oleh pengusaha yang secara tidak sengaja menemukan lokasi atau koordinat kabel SKKL di wilayah perairan RI sangat kecil.

“Intinya begini ya, karena yang dicuri adalah barang teknis yang khusus/unik, maka market-nya pun pasti khusus, sehingga sangat kecil kemungkinan tidak ada oknum yang terlibat,”Imbuhnya lagi.

Sementara itu, pantauan deliknews di Tanjung Ru, Bangka Belitung, diketahui cara kerja sindikat ini memang cukup lihai dan terlatih. Karena mereka bekerja dengan sistem koordinat tertentu di tengah perairan yang luas. Menurut pengakuan salah satu pekerja yang sempat diwawancarai ,mereka bekerja atas dasar letak koordinat kabel yang akan dipotong.

“Ya kan sekarang bisa memanfaatkan GPS(Global Positioning systems),jadi pekerjaan juga tidak terlalu sulit,” Ungkap sumber, yang mewanti-wanti namanya di rahasiakan.

Masih menurut sumber tadi, titik koordinat itu akan mengarahkan mereka ke titik jaringan kabel SKKL yang akan dipotong.

Sebagai contoh kata sumber, titik 2 47 165s 1o71 477e ujung satu 49 479 12 214.R*** 2 pertama 3 mil 150 detik,ke 2,4mil 250 detik ke 3.3mil 350 detik.Yang mengartikan bahwa nakhoda tersebut akan mengarahkan kapal ke titik tersebut,”Jelas sumber.

Terkait hal ini, Kepolisian Daerah Bangka Belitung, sempat menangkap salah oknum yang diduga sebagai pelaku. Namun akhirnya dilepas, lantaran tidak ada delik aduan dari perusahaan operator seluler.

(Lkm)


http://www.deliknews.com/2016/06/18/...laku-terlatih/



Jangankan Kabel dalam Laut... Kabel dalam Rumah aja di Angkut...

★★★ Marak Pencurian Kabel Fiber Optik Bawa Laut, Roy Suryo : Pelaku Terlatih ★★★★★★ Marak Pencurian Kabel Fiber Optik Bawa Laut, Roy Suryo : Pelaku Terlatih ★★★



Diubah oleh GeorgeSatan 18-06-2016 14:16
0
2.5K
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.