bantengkutuanAvatar border
TS
bantengkutuan
Apakah yg Ane Lakukan Sdh Benar? Tp masih merasa sedih banget ... :-(
Sori kalo salah kamar. Ane cuma mau curhat & nanya pendapat kaskuser sekalian. Tolong jangan dibully. Ane lagi sedih banget.

Sy pekerja free lance guru privat bhs asing & saat ini sdh sekitar 5 bulan diminta utk mengajar karyawan (sebut sj Bp. A) di suatu perusahaan. Yg merekrut sy saat itu adalah sebut saja Bp. X. Sy tidak melakukan tes masuk apapun. Bp. X hanya menanyakan tarif yg saya kenakan dan setelah beberapa minggu beliau pun memanggil sy utk langsung bekerja.

Rupanya karyawan yg saya ajar tersebut (Bp. A) merasa puas dengan cara pengajaran sy dan mereferensikan sy ke istrinya juga utk menjadi murid sy.

Sekitar 2 bulan yg lalu Bp. X sedang mencari seorang penerjemah (bukan pengajar) dan ketika menanyakan kpd sy, sy pun memberikan tarif yg diminta & terus terang berkata bahwa walaupun sy pengajar bahasa asing, saya belum berpengalaman sebagai penerjemah langsung (live) sehingga sy memberikan tarif di bawah tarif rata2 pasaran karena saya belum berpengalaman tsb. Dan setelah beberapa minggu, lagi2 saya diterima dan diminta utk bekerja minggu berikutnya (tanpa test apapun)

Karena penasaran, sy bertanya kpd bp. A, atas dasar apa Bp. X langsung menerima sy tanpa test, padahal sy belum berpengalaman. Bp A memberitahu saya bahwa sebenarnya ada 3 kandidat lain, tetapi bp. X memilih yg TERMURAH dr semuanya, dan yg terpilih tentu saja otomatis saya karena beliau hanya melihat dr sisi tarif terendah yg diminta oleh para pelamar saja.

Alhasil karena sy belum berpengalaman sama sekali sbg penerjemah, sy merasa hasil kerja saya kurang memuaskan & sy merasa kurang enak dan malu dgn hal tsb.
Tp lagi2 Bp. A menghibur sy dgn mengatakan bahwa sudah seharusnya pihak perusahaan (terutama bp. X) dapat memaklumi bahwa sy memasang tarif PALING MURAH dan belum berpengalaman pun karena mereka tidak mengharapkan hasil yg terlalu optimal dr saya. Dan juga karena katanya perusahaan mengerti bahwa karena tarif yg saya ajukan pun terendah, maka mereka tidak mengharapkan hasil yg terlalu wah dr saya.

Tetapi tamu yg sy bantu menerjemahkan merasa hasil kerja saya mengecewakan dan sepertinya beliau tdk mengetahui latar belakang dipilihnya sy sbg penerjemah di perusahaan tsb.

Tetapi saya tetap merasa malu dan tidak enak sekali karena hasil kerja saya kurang baik. Walau istri ane berkali2 menghibur bahwa ane sdh benar dan tidak perlu merasa bersalah, ane tetap ga enak banget, terutama dgn tamu asing yg ane bantu utk menerjemahkan tsb.

Ane orangnya agak perfeksionis dalam pekerjaan & ga mau kecewain siapapun, terutama klien yg pakai jasa ane. Karena itulah ane dari awal sdh bilang bhw ane belum pengalaman dan oleh karena itu ga berani minta tarif yg sesuai harga pasaran saat ini.

Bgmna pendapat kaskuser, apakah ane emang sebaiknya ga usah merasa bersalah karena ane sdh benar dari semula?
0
2.1K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.6KThread27.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.