Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

budygloryAvatar border
TS
budyglory
Tunggu Waktu Berbuka dengan Foto Sejarah
Tunggu Waktu Berbuka dengan Foto Sejarah


Tunggu Waktu Berbuka dengan Foto Sejarah

Tunggu Waktu Berbuka dengan Foto Sejarah

FOTO SEJARAH

(Antara)-Masyarakat Balikpapan, Kalimantan Timur, memiliki peluang untuk mengisi waktu puasa, dengan mempelajari sejarah kota mereka, dalam sebuah pameran foto. Bukti-bukti sejarah terkait keberadaan kota Balikpapan sebagai kota minyak, hadir dalam 120 buah foto, yang sebagian besar bahkan belum pernah dipublikasikan.

Ada berbagai macam kegiatan dilakukan, sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba, di Bulan Ramadhan tahun ini. Salah satunya dengan mengunjungi museum dadakan yang terletak di Jalan Letjen Suprapto, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tunggu Waktu Berbuka dengan Foto Sejarah

di sebuah rumah panggung yang masuk kawasan cagar budaya, sisa peninggalan jaman perang dunia kedua, terpampang seratus 20 foto, yang memaparkan wajah Kota Minyak, julukan Kota Balikpapan, dalam beberapa dekade.

Mulai saat tentara sekutu masuk ke Balikpapan, melalui jalur laut, kilang minyak dan wajah Balikpapan seusai perang, hingga perkembangan Ibukota Kalimantan Timur, yang dulunya hanya sebuah kampung bersahaja.

Beberapa foto menceritakan awal berdirinya perusahaan minyak di kota ini, serta peta Balikpapan di era jaman penjajahan Belanda.
Koordinator pameran foto, Rosalinda Tumbelaka mengaku banyak foto - foto dalam pameran ini, yang belum pernah terpublikasikan sebelumnya.

Sebagai sebuah bukti sejarah, foto-foto ini hadir untuk mengisi waktu yang lebih bermanfaat, di saat menunggu waktu berbuka puasa.
Kegiatan ini tak lepas dari peran berbagai komunitas Kota Balikpapan seperti, komunitas Balikpapan cinta sejarah, Balikpapan 90an dan Balikpapan backpacker, yang didukung oleh pertamina.


Dijadwalkan, pameran akan berlangsung hingga sabtu 18 Juni 2016, dan selanjutnya foto-foto akan menjadi bagian dekorasi rumah dinas pertamina, yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya.


0
2.2K
32
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.