Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dimasagilAvatar border
TS
dimasagil
Gak Enaknya Udah Nikah Masih Tinggal Dirumah Ortu
Apa ada yang pernah ngalamin juga hal kayak gini? Dimana ente dan anak istri ente harus tinggal satu atap dengan orang tua ente. Setiap hari numpang dirumah orang tua karna ente belum punya rumah sendiri.

Belum lama ini ane ngalamin juga hal kayak gitu. Meskipun orang tua ikhlas aja nerima ane dan keluarga kecil ane untuk tinggal disana, tapi dalem hati ane ada rasa ga enak gitu gan. Ya gimana ya, rumah orang tua ane juga kecil, ditambah ane, istri dan anak ane, itu rumah makin sumpek jadinya, kasian ayah dan ibu ane jadi kerepotan, karna ane juga punya anak kecil.

Belum lagi kalo bini lagi nyuci atau masak, terpaksa deh anak ane yg baru umur 1 tahun dititip ke neneknya. Kadang ane ga tega juga, jadi sering nitipin anak kaya gitu. Emang sih beliau ga pernah keberatan, tapi ane sebagai anak merasa berdosa aja kalo harus ngerjain orang tua kayak gitu. Kok secara ga langsung jadi kaya bikin orang tua jadi tempat penitipan anak.

Singkat cerita ane rundingan sama bini. Kayaknya emang lebih baik qt pisah rumah sama orang tua, bukan apa2 ya gan, ga enak ane sumpah, kalo terus disitu pasti ane bakal sering ngerjain orang tua, ya nitip anak lah, ya ganggu jam istirahat mereka lah karna anak masih sering bangun tengah malem.

Dengan banyak pertimbangan, akhirnya ane dan istri putusin buat beli rumah, tapi berhubung uang tabungan ane ga cukup buat beli rumah secara kontan dan kalo ngontrak juga bini ga setuju alesannya sayang uangnya, akhirnya ane putusin buat ambil KPR, walau nyicil tapi kan itu rumah bakal jadi hak milik ane, beda sama ngontrak yang notabenenya kita cuma sewa. Bini pun akhirnya setuju ane ambil kpr, dengan catatan rumahnya lokasinya strategis dan mudah diakses, jadi kalo mau kemana2 atau ada yang mau berkunjung kerumah itu gampang nyarinya.

Sekedar share aja sih, sebelum ane putusin ambil KPR dari satu bank ada beberapa hal yg jadi pertimbangan ane. Ini beberapa hal yang ane cari dari bank yang nawarin KPR :

1. Cari bank yang menawarkan jumlah pembiayaan besar



Jangan tanggung2 gan kalo mau beli rumah, kalo ada bank yang menawarkan pembiayaan besar, kenapa ga diambil aja. Tapi jangan lupa disesuaikan sama kemampuan bayar ya.

Ane juga kemaren ga ngambil yang gede gede amat gan, karna ane menyesuaikan sama kemampuan bayar ane. emoticon-Big Grin

2. Cari bank yang menawarkan bunga yang tetap



KPR dengan bunga flat cocok untuk mereka yang berpenghasilan tetap kaya ane gini. Mengambil KPR dengan bunga flat sebaiknya dilakukan saat bunga pasar cenderung bergejolak, dan periodenya dibatasi 3 – 5 tahun.

3. Cari bank yang menawarkan tenor cukup panjang



Kalo ga mampu bayar uang muka dengan jumlah besar, tapi pingin cicilan tetap rendah, pilihlah KPR dengan jangka waktu panjang. Sekarang ini udah ada bank yang memberikan jangka waktu cicilan (tenor) KPR selama 25 tahun.

****

Setelah nanya sana sini, ternyata susah juga gan dapetin KPR yang sesuai dengan kriteria tadi. Bukannya ga ada, tapi justru karna banyak pilihan yang ditawarkan dari temen2, ane jadi bingung sendiri.

Tapi setelah memilah dan memilih, menimbang dan menabung, akhirnya pilihan ane jatuh kepada bank CIM* Niaga, alesannya karena dia ada fixed ratenya, jadi cicilan ane ga berubah2 walo bunga lagi lagi naik turun, maju mundur cantik. emoticon-Hammer (S)

****

Untungnya ayah dan ibu ane bisa ngerti gan, kenapa ane lebih milih pindah dari sana, ane bilang pengen mandiri lagian masa udah nikah ane masih ikut orang tua, kan ga enak. Ane sekeluarga juga masih bisa sering ngunjungin ibu dan ayah ane dirumah mereka, karna jarak rumah kita ga terlalu jauh dan lagi rumah ane yang sekarang ini lokasinya strategis banget, mudah dijangkau. emoticon-Big Grin

Asli deh, punya rumah sendiri itu lebih nikmat rasanya ketimbang masih numpang sama orang tua, walau rumahnya sederhana, apa lagi kalo kita udah punya anak. Lagian kalo masih seatap sama orang tua, kok rasanya ga enak gitu, kalo ane ngerasa waktu masih numpang dulu, itu kayak masih disuapin orang tua. .

Tapi Alhamdulillah sekarang udah ga gitu, udah lega bisa punya rumah sendiri dan ga harus nyusahin orang tua. Ane yakin yang udah berumah tangga pasti ngerti rasanya.

Itu sih pengalaman ane gan. Kalo ente gimana nih? emoticon-Big Grin
0
8.3K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.