maize.farmerAvatar border
TS
maize.farmer
Peternak: Pemerintah Mau Stabilkan Harga Daging Sapi Atau Menurunkan Harga?
Quote:


Pemerintah Indonesia memang sejak dulu kala tak pernah mengerti apa yang terjadi di masyarakatnya. Makanya kebijakan2nya gak pernah bener, terutama dalam sektor pertanian.

Apa yang bisa dilakukan dalam waktu 1 bulan? Turunkan haga? Setelah itu? Tahun depan terulang lagi seperti sebelumnya?

Petani dan peternak kita berbeda dengan petani dan peternak di luar. Terutama dalam hal kepemilikan lahan/ternak, peruntukan, dll. Ini harus di pelajarI dulu untuk masing-masing komoditas di masing-masing wilayah. Misalnya, tidak semua peternak memiliki sapi tujuannya untuk dijual secepatnya, tapi justru untuk tabungan yang bisa dipakai/dijual saat dibutuhkan misalnya anak sekolah/nikahan, dll. Jadi data yang dikumpulkan harus tepat membedakan peternak sapi pedaging dan peternak sapi untuk tabungan.

Kecilnya kepemilikan membuat value chain atau mata ratai yang panjang .. perlu dilakukan penguatan organisasi dan kelembagaan di tingkat bawah. Jika tidak, sampai kapanpun masalah ini gak akan bisa diatasI, karena yang berperan besar saat ini adalah pedagang perantara bukan petani/peternak.

Disamping itu perlu dibuat program agar daging ternak lokal harus dijual dalam keadaan didinginkan atau beku, supaya meningkatkan hygienitas dan membantu ketahanan pangan. Disamping itu perlu membangun infrastruktur berupa cold storage di setiap pasar traditional.

Tambahan soal value chain:
Disclaimer : ini hanya perkiraan saja, bukan hasil studi. Ada kalanya lebih panjang ada kalangan lebih pendek.

Jadi value chain daging sapi lokal kita:
- peternak - pedagang sapi kecil (pedagang pengepul) - pedagang sapi besar - rumah potong - pedagang daging besar - pedagang daging eceran - konsumen akhir.

Ini contoh kenapa mahalnya harga daging merugikan konsumen tapi tetap tidak menguntungkan petani/peternak, makanya butuh pekerjaan besar. Bukan cuma import atau subsidi. Kalau cuma begitu gak usah ada kementrian pertanian, semua juga bisa.
Diubah oleh maize.farmer 16-06-2016 16:27
nona212
nona212 memberi reputasi
1
5.1K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.