Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pisangngangkangAvatar border
TS
pisangngangkang
Batu Krypton ternyata ada beneran Gan
Real Krypton Stone


Batu Krypton ternyata ada beneran Gan


Krypton adalah batu yg biasa kita kenal lewat cerita dan imajinasi fiksi dari DC Comics tentang Super Hero yaitu Superman, tapi ternyata Krypton mulai ditemukan di Planet kita ini gan, berawal dari dua peneliti asal Inggris mereka menemukan elemen yang disebut Krypton pada tanggal 30 Mei 1898 mesikpun belum ada bukti yang menjelaskan bahwa dalam tata surya kita atau dalam galaksi Bima Sakti ini terdapat satu planet yang bernama Krypton.

William Ramsay dan muridnya yang bernama Morris Travers menemukan elemen ini ketika sedang meneliti kandungan dalam gas helium. Awalnya, mereka memanaskan gas yang telah menyublim sampai elemennya terpisah menjadi air, oksigen, nitrogen, helium dan argon. Setelah kedua ilmuwan ini meletakkan residu tersebut ke dalam Plcker yang terhubung dengan gulungan induksi, residu tersebut menghasilkan spektrum dengan warna kuning terang bergaris hijau.

Menurut Wired.com, karena merasa elemen tersebut belum pernah ditemukan sebelumnya, awalnya Ramsay menyebut elemen tersebut dengan nama element 36, namun diubah lagi dengan nama Krypton, diambil dari bahasa Yunani kuno yaitu Kryptos atau tersembunyi. Karena penemuannya ini, Ramsay mendapatkan gelar kebangsawanan dari raja Inggris Edward VII dan mendapatkan nobel dalam bidang keilmuwan pada tahun 1904.

Jauh setelah Ramsay dan Travers menemukan elemen Krypton, pada bulan April 2007 kemarin, ditemukan bongkahan batu yang menurut BBC.co.uk, para ilmuwan menyebutnya dengan nama Kryptonite. Bongkahan batu ini ditemukan pada saat dilakukan penggalian oleh sebuah kelompok peneliti yang bernama Rio Tinto.

Sesaat setelah menemukan batu mineral tersebut, para peneliti kesulitan mengidentifikasikan batu mineral tersebut dan akhirnya membawanya ke London Natural History Museum. "Saya sangat terkejut awalnya, karena setelah meneliti kandungannya, batu mineral tersebut memiliki kandungan yang mirip dengan cerita fiksi kandungan batu yang dicuri oleh Lex Luthor - musuh Superman -," ungkap Dr Chris Stanley, Mineralogist dari London Natural History Museum.

"Di dalamnya terdapat berbagai elemen dan senyawa seperti sodium, lithium, boron, silicate dan hydroxide. Mirip sekali dengan batu Kryptonite dalam film Superman Returns. namun perbedaannya hanya terdapat pada warna. Batu mineral ini berwarna putih sedangkan batu Kryptonite Superman berwarna hijau menyala serta di dalam batu ini tidak terdapat satu elemen yaitu fluorine," lanjutnya.

Untuk memastikannya lebih lanjut, para ahli akan meneliti kandungan batu mineral tersebut lebih lanjut. Untuk sementara, batu tersebut tidak akan menggunakan nama Kryptonite seperti yang digunakan dalam film Superman, namun akan menggunakan nama Jadarite yang diambil dari nama tempat ditemukannya batu mineral tersebut.


Batu Krypton ternyata ada beneran Gan


Adalah Natural History Museum di Inggris, tempat di mana Anda bisa melihat langsung kehadiran batu krypton. Museum ini berada di Cromwell Road, London.

Datang ke sana, wisatawan bisa memasuki beberapa ruangan yang tersedia. Beberapa di antara yang bisa pengunjung masuki adalah Visions of Earth, Earth Today and Tomorrow, dan Earth's Treasury.

Khusus ruangan yang terakhir disebut yaitu Earth's Treasury, turis bisa melihat berbagai harta karun bumi. Ada banyak barang tambang berharga yang ditampilkan dalam ruangan seperti galeri. Mulai dari emas hingga permata dengan berbagai warna cantik.

Salah satu yang paling menarik adalah batu krypton. Selama ini, krypton dikenal sebagai batu yang melemahkan Superman. Karena Superman adalah tokoh fiksi, banyak orang mengira batu krypton juga sebuah khayalan.

Nyatanya tidak, di ruang Earth's Treasury Natural History Museum ini Anda bisa melihat batu krypton secara langsung. Dilongok dari situs resmi museum, Kamis (23/5/2013) batu ini memang bukanlah krypton yang sama persis seperti yang ada di film. Batu yang diberi nama jadarite ini pun berwarna putih bukan hijau.

Namun menurut pihak museum, jadarite berasal dari mineral yang sama seperti krypton. Bebatuan ini tersusun atas natrium, lithium, boron, silikat dan hidroksida.

Mineral yang terkandung di jadarite tersebut ternyata sama persis dengan krypton yang ada di film Superman. Satu-satunya yang membedakan hanyalah fluorine yang membuat krypton berwarna hijau. Karena itulah, jadarite berwarna putih. Jadarite ditemukan di Serbia pada tahun 2007 lalu.

Selain melihat jadarite, wisatawan yang datang ke Earth's Treasury bisa melihat bebatuan mineral lain yang tak kalah cantik. Salah satunya adalah batu yang mengandung fluorescent. Di dalam gelap, batu ini bisa bercahaya. Cantik sekali!

Kalau dihitung, Earth's Treasury menampilkan sekitar 1.000 batu permata dengan aneka warna. Tak hanya itu, museum ini juga menampilkan bentuk awal emas ketika baru pertama kali didapat dari tambang juga ditampilkan di museum ini.

Tak hanya orang dewasa, anak kecil juga bisa masuk ke dalam galeri di museum ini. Mereka juga bisa mendapatkan informasi mengenai koleksi dari buku panduan yang disediakan. Namun, untuk mendapatkan bukunya, wisatawan harus membayar 1 Poundsterling atau Rp 14.000/buku.

Asyiknya, untuk masuk ke museum ini traveler tidak perlu membayar biaya masuk. Natural History Museum buka setiap hari mulai pukul 10.00-17.50 waktu setempat.

Ruangan Earth's Treasury

Batu Krypton ternyata ada beneran Gan

Beraneka macan batu permata


Batu Krypton ternyata ada beneran Gan

Proses pemolesan berlian


Sekian sedikit saduran dari ane Gan tentang Batu Krypton
ane juga punya batu ijo Gan, cuma bukan Krypton, bukan Cincau, Bukan Kolang Kaling, Bukan Cendol juga Gan


Tapi Batu Ijo Garut Gan
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Batu Krypton ternyata ada beneran Gan
Batu Krypton ternyata ada beneran Gan


SALAM KASKUS LOUNGE AGAN AGAN SEKALIAN
karena thread ini bahas yg IJO IJO, ane juga ga nolak Gan klo dikasih IJO IJO emoticon-Big Grin


emoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer


Diubah oleh pisangngangkang 14-06-2016 14:33
0
7.4K
57
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.