Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
165
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575f77436208814e6a8b456f/berbagai-perasaan-pelajar-saat-pertama-kali-ujian-nasional-online
Ujian Nasional adalah dua kata yang dapat membuat para pelajar mengalami berbagai perasaan, dari perasaan bahagia, sedih, takut akan bercampur aduk di pikiran mereka. Apalagi tahun ini Ujian Nasional menggunakan media komputer untuk menjawab soal-soal ujian, oleh karna itu semua pelajar diwajibkan harus sedikit memahami cara penggunaan komputer. bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan komputer
Lapor Hansip
14-06-2016 10:17

Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online

Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online

Ujian Nasional adalah dua kata yang dapat membuat para pelajar mengalami berbagai perasaan, dari perasaan bahagia, sedih, takut akan bercampur aduk di pikiran mereka. Apalagi tahun ini Ujian Nasional menggunakan media komputer untuk menjawab soal-soal ujian, oleh karna itu semua pelajar diwajibkan harus sedikit memahami cara penggunaan komputer. bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan komputer hal itu bukanlah menjadi masalah bagi mereka tapi apa jadinya bagi para pelajar yang jauh dari hingar bingar dunia teknologi seperti komputer sudah pasti hal ini akan menjadi kendala bagi mereka karna pada umumnya mereka kurang mengerti akan pengoprasian komputer. Tidak hanya itu kesiapan pemerintah dalam penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) dinilai banyak orang masih banyak kekurangan dari masalah fasilitas ruang komputer yang tidak semua sekolah miliki hingga masalah masih banyaknya pelajar yang belum mengerti cara menggunakan komputer tapi mau gak mau para pelajar harus menerima menghadapi UNBK ini dengan berbagai perasaan yang menghantui mereka.

anepun tertarik mengangkat tema “perasaan pelajar saat pertama kali Ujian Nasional Online” yang membahas apa saja sih perasaan para pelajar ketika uji coba penerapan UNBK ataupun pada saat UNBK berlangsung, sudah tentu perasaan itu pasti banyak di diri mereka tapi ane hanya membahas perasaan yang bersangkutan dengan UNBK yang notabene menggunakan media komputer ini, mau tau apa saja perasaan para pelajar ini. cekibrot gan:




Quote:
Panik Ketika Jaringan Internet Tidak Stabil

Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online

internet yang stabil adalah jaminan mutlak yang harus sekolah miliki untuk menggelar UNBK tapi apa jadinya jika jaringan internet disekolah lagi labil-labilnya pas ngerjain soal Ujian UNBK ataupun ujicoba UNBK. sudah pasti perasaan panik yang bakalan para pelajar rasakan karna mereka takut jawaban soal UNBK tidak terkirim ke server, loading ke soal Ujian lama dll gan. hayoo ngaku aja dah ente-ente yang kemaren ngikutin UNBK pasti ada khan yang ngalamin mendadak jaringan internet lagi labil pas ngerjain soal UNBK, dan ane tebak ente pasti pada saat itu langsung panik sesaat.


Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online


Quote:
Panik Ketika Listrik Mati Mendadak

Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online

Komputer merupakan salah satu barang elektronik yang membutuhkan aliran listrik. jadi pasokan listrik secara terus menerus tanpa henti wajib hukumnya terjamin saat UNBK berlangsung. Coba aja ente yang seorang pelajar membayangkan apa reaksi ente saat konsentrasi mengerjakan soal UNBK di komputer tiba-tiba di tengah jalan mengalami mati listrik, ane jamin rasa panik bakalan ente rasakan karna berbagai alasan. Nah ane aja pernah ngeliat dengan mata kepala ane sendiri lho gan gimana paniknya pelajar pada saat uji coba UNBK berlangsung di SMA ane yang dulu. saat itu ane tertarik dengan kegaduhan di salah satu ruang di sekolah itu yaitu ruangan komputer. Saat kesana ane tanya pada guru yang menjaga di kelas itu kenapa kok murid-murid pada ramai dan heboh sendiri eh guru itu menjawab kalo sedang ada masalah pemadaman listrik. Dan anepun yang berdiri tepat di depan pintu ruangan komputer melihat jelas bagaimana paniknya mereka yang diakibatkan oleh masalah listrik ini


Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online


Quote:
Bingung Saat Komputer Bermasalah


Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online


Namanya komputer sudah biasa itu terjad masalah hang, error, not responding dll karena berbagai sebab gan. Tapi gimana jika masalah ini terjadi pada saat UNBK berlangsung pastinya akan membuat bingung pelajar yang memakai komputer bermasalah ini, apalagi para pelajar ini sebagian besar belum mengerti akan permasalahan troubleshooting di komputer. Oleh karna itu untuk meminimalkan terjadinya masalah yang berdampak pada emosi para pelajar maka pihak sekolah sudah semestinya mengecek semua komputernya apakah siap digunakan untuk UNBK atau tidak, ada baiknya processor yang digunakan adalah Intel yang sudah terbukti ketangguhannya di berbagai kalangan emoticon-Malu (S)


Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online


Quote:
Jengkel Karna Komputer Lambat

Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online

Dalam UNBK ini pihak sekolah tidak diwajibkan memiliki komputer berspesifikasi canggih karna cukup dengan processor sekelas intel dual core dan ram minimal 512mb komputer bisa digunakan untuk mengerjakan soal Ujian. Tapi bagi sekolah-sekolah yang jauh dari jangkauan teknolgi komputer dengan spek diatas adalah barang yang langka ada disalah satu ruangan sekolah( maklum pemerintah masih menutup mata akan keadaan fasilitas di daerah pelosok gan emoticon-Berduka (S) ).nah Ente yang kemaren ikut UNBK pasti ada donk yang pernah merasakan komputer lambat ketika ingin menscroll kebawah dan melanjutkan ke soal selanjutnya. Dan perasaan ente saat itu pasti jengkel berat khan sampe-sampe pengen ngebantung komputer itu.Untuk mengantisipasi komputer lambat ini sebaiknya pihak sekolah menyediakan komputer dengan spesifikasi mumpuni yang memiliki processor tangguh minimal Intel i3 generasi terbaru, dijamin yang namanya lambat akan hilang seketika gan emoticon-Ngacir


Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online


Quote:
Khawatir & Grogi Karna Belum Terbiasa Menggunakan Komputer

Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online

UNBK menggunakan komputer membuat khawatir para pelajar, apalagi pelajar yang belum terbiasa menggunakan komputer terutama mereka yang jauh dari jangkauan teknologi seperti daerah pedesaan. Kekhawatiran ini disebabkan mereka belum cukup terlatih dalam menggunakan komputer karna terbatasnya sarana dan prasarana yang ada di sekolah mereka gan. Jadi sudah pasti sebagian besar pelajar dari daerah yang jauh dari jangkauan teknologi ini akan merasakan grogi ketika disuruh menggunakan komputer. jangankan untuk menjawab soal ujian, untuk menggerakkan mouse dan memainkan keyboard aja mereka bakalan ada rasa gemetaran di tangan mereka karna tidak terbiasa gan. oleh karna itu sebaiknya pemerintah lebih memperhatikan sekolah-sekolah yang ada di pelosok dengan cara memberikan beberapa unit komputer agar pelajar yang di pelosok tidak jauh tertinggal akan perkembangan teknologi apalagi harga komputer Intel sekarang cukup terjangkau khan gan( asal jangan di mark up aja harganya) emoticon-Ngakak (S)

Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online


nah Untuk masalah ini ada kabar baik lho dari INTEL yang bekerjasama dengan COLUMBIA Cash & Kredit. Kerjasama ini menyediakan teknologi bagi pelajar dengan cara memberikan notebook dengan harga terjangkau di sektor pendidikan tujuannya adalah untuk mepercepat penyebaran teknologi di bidang pendidikan baik di perkotaan dan daerah yang jauh dari teknologi komputer. Kerjasama ini sangat menguntungkan bagi pelajar karna INTEL memberikan paket pendidikan berupa konten yaitu buku elektronik berupa format .pdf dari mahoni.com, video panduan belajar dari IniBudi dan kumpulan bank soal dari kelase sedangkan COLUMBIA memberikan program cicilan. jadi tunggu apa lagi gan nikmati produk kerjasama INTEL dan COLUMBIA ini dengan cara pilih laptop INTEL pilihan agan di COLUMBIA.co.id setelah itu datang ke showroom COLUMBIA terdekat untuk membeli cash atau bagi agan yang belum mampu membelikan laptop secara cash untuk putra-putri agan yang seorang pelajar tenang aja di COLUMBIA ada program cicilan yang terjangkau mulai dari 300ribuan perbulan lho gan dan syaratnya mudah lagi gan, jadi jangan sampai melewatkan kerjasama INTEL dan COLUMBIA ini ya gan.


Itu dia gan perasaan-perasaan para pelajar ketika menghadapi Ujian yang menggunakan media komputer. bagi kalian punya pengalaman perasaan yang sama atau perasaan lainnya ketika menghadapi UNBK di share disini aja. Koment terbaik dan pilihan akan saya masukkan ke page one dan mendapatkan cendol dari ane.

terima kasih

0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 9
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 18:18
Lah dalah malah mewalik emoticon-Big Grin
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 18:20
ane anak ebtanas gan
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 18:22
wowo... lumayan buat jaga jaga 3 tahun lagi
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 18:23
makin gak jelas gan semenjak ada ujian cbt
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 18:26
keren nih trit emoticon-thumbsup
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 18:37
Quote:Original Posted By fathulmubin
koment terbaik bakalan ane taruh pejwan dan ane timpuk cendol gan


Kaskuser keren macam ane bisa dong nampang di pejwan emoticon-Cool
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 18:42
Quote:Original Posted By Ndas Kopi
ane anak ebtanas gan



anak enyak babe
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 19:07
kkwkwkww

gaya2an UN pake komputer
sekolah aja masih banyak yg gak layak fasilitasnya
udah mau ganti ke komputer aje


ANEH emoticon-Wakaka
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 19:09
gimana g panik pas padam listrik.. wong syarat didepan mata emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 20:02
Wah ane gak pernah ikut ujian online gan secara sma ane sudah bbrp taun yg lalu.. emoticon-Hammer

Btw di columbia beli laptop intel syaratnya apa aja gans?? emoticon-Big Grin
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 20:11
Njir kalo ane di suruh ujian pakek komputer pasti ane bakalan gemetar secara ane gak tau gunain komputer emoticon-Ngakak

Oh ya gan laptop intel harga under 3 juta ada gak ya barunya emoticon-Malu (S)
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 20:18
hahaha untung udeh lewat wkwkwkkwemoticon-Wakaka emoticon-Cool
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 22:18
Quote:Original Posted By rerang
Njir kalo ane di suruh ujian pakek komputer pasti ane bakalan gemetar secara ane gak tau gunain komputer emoticon-Ngakak

Oh ya gan laptop intel harga under 3 juta ada gak ya barunya emoticon-Malu (S)


ada
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 23:17
Quote:Original Posted By discojimmy
modernisasi dibidang pendidikan memang dirasa sangat perlu ya gan, apalagi sekarang era teknologi uda maju dengan pesat..
Hanya saja perlu adanya pemerataan, entah itu dimulai dari sistem atau pemantauannya dari pemerintah pusat, jadi intinya tidak berat sebelah antara wilayah A dengan Z
Jaman ane dulu masih make kertas gan, jadi masih konvensional, alhamdulillah klo sekarang uda make kaya gini emoticon-Cool
kerennya lagi intel nyediain apa yang dibutuhkan saat ini,
kita tinggal belajar aja biar sukses Ujiannya
manstab dah emoticon-Cool

Wow komentnya mantab gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By supernaturalist
Jadi pada intinya ini iklan laptop intel yang bekerja sama dengan colombia? emoticon-Leh Uga

Ehm bisa dibilang gitu gan. Makanya ane bawa2 intel dan columbia soalnya mereka ada promo menarik gan emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By dedhie1996
berasa bgt gan..

unbk mirip kuesioner. namun ini beda gan.
1. nentuin masa depan
2. sebagai barometer kemajuan dunis pendidikan
3.bisa jadi menjadi doa yang misterius..
apa nilai gw memuaskan atau tidak


tapi....
kalo unbk Tiap tiap 1 soal berhadiah 1 juta maka 50 soal berhadiah 1 milyar ane ikut gan..
lumayan. "UNBK|WHO WANTS TOBE MILIONAIRE"

pertanyaan pertama:
apa artinya dari singkatan dari "JOJOBA
A. JOMBLO JOMBLO BANYAK ACARA.
B. JOJO BANYAK ANAK
C.JOMBLO JOMBLO BAHAGIA
D. JOROK JOROK BAU.

Silahkan di jawab..

Pada dasarnya mau unbk atau ujian tulis sama sama menentukan masa depan gan yang beda cuma media nya aja emoticon-Malu (S)Quote:Original Posted By DATQ
UN online agak sedih jga emoticon-Hammer2
dg koneksi internet seindonesia yg masih gak stabil, belom semua plosok indonesia yg terjangkau provider internet, dan satu ini jga pnting beberapa kota didaerah masih sering pemadaman listrik emoticon-DP

Ada baiknya pemerintah gak setengah2 kalo ingin mnerapkan unbk serentak toh harga komputer n laptop intel juga harganya terjangkau gan
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 23:31
Wah ane waktu un masih pake kertas gan blom pake pc, jadi kurang tau perasaannya, tapi menurut ane sih kalo waktu un pasti ada perasaan panik n nerveous yah kan ntuh sebagai syarat utama buat lulus kejenjang yang lbh tinggi emoticon-shakehand
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 23:34

Konsekuensi penerapan ujian online adalah dukungan infrastruktur yang memadai. Jika tidak kasian siswa nya.
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 23:35
ane ga ngerasain sih ya jadi gatau gimana tepatnya..yang penting jangan gaptek hahaemoticon-Big Grin

tapi kalo pake punya intel sih gabakal gaptek apa lagi yang dari kolombiaemoticon-Big Grin
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 23:36
mampir dulu gan emoticon-Big Grin

hmm.. CBT ya... ane masih pake PBT baru lulus tahun ini.. pokoknya ane lebih sreg PBT karena bisa bebas nyoret kertas ya walaupun resikonya kertas LJK sobek/kelipet/rucek/kotor ya ganti soal *soalnya jaman sekarang udah pake barcode gitu di soalnya dan satu paket sama LJKnya*
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 23:42
Ane ga ngalamin ujian secara online dulu waktu sekolah, mungkin adik adik sekalian bisa cerita pengalamannya emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Berbagai Perasaan Pelajar Saat Pertama Kali Ujian Nasional Online
14-06-2016 23:47
mau tidak mau kita harus menyesuaikan perkembangan jaman..
abang setuju aja sama sistem ujian berbasis komputer ini, kita harus mulai terbiasa dengan teknologi..
toh udah keliatan deh liat aja warnet-warnet game isinya bocah semua.. emoticon-Cape d...

bagi beberapa orang yg berkecukupan mungkin hal biasa ya, namun untuk yg tidak. harus terbiasa dengan sistem komputer ini..
diluar itu semua karena program ujian seperti ini cukup memakan biaya (alat dsb), mungkin butuh waktu lama untuk diterapkan di daerah.. apalagi dengan listrik terbatas atau tanpa listrik..

semoga pemerintah bisa melaksanakan program ini dengan baik, disamping masalah teknis yg banyak dikeluhkan sampai saat ini seperti yg TS paparkan sebelumnya..

jadi inget pelajaran komputer dulu akhir tahun 90an, sekolah abang masih pake intel pentium 1 emoticon-Ngakak
Diubah oleh AbangToyib.
0 0
0
Halaman 3 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia