Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Tempat - tempat dengan Kondisi Suhu Paling Dingin di Dunia


Bagi saya, Indonesia adalah negara yang cantik. Dengan dua musim, musim hujan dan kemarau, memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan negara lain. Meskipun emang sering 'galau' juga kalau ngeliat di tipi gimana suasana pas musim dingin yang penuh salju ataupun musim semi.

Tapi, musim dingin bukan hanya menjadi waktu yang sangat menyenangkan dengan pemandangan putih bersalju. Musim dingin juga menjadi ujian tersendiri terhadap kemampuan bertahan hidup seseorang. Kalau tak tahan akan kedinginan, musim dingin yang penuh salju menjadi bencana.

Nah, ngomongin masalah musim dingin, dunia ini memiliki beberapa tempat yang termasuk dalam kategori tempat dengan suhu paling dingin di dunia. Dan, kalau ngebayangin gimana suhunya, sepertinya saya makin bersyukur deh karena idup di Indonesia yang nggak ada musim dinginnya.



Stasiun Vostok, Antartika

Tempat pertama yang memiliki suhu paling dingin di dunia adalah di stasiun Vostok, Antartika. Tidak mengherankan sih, tempat ini selalu diselubungi oleh salju. Nah, pada 21 Juli 1983, para peneliti berhasil merekam suhu yang paling rendah di muka bumi, yakni minus 89.2 derajat Celcius.

Stasiun Vostok ini sendiri berada di ketinggian 3500 meter di atas permukaan laut. Tempat ini memang selalu diselubungi oleh suhu yang dingin. Namun, pada 1983 tersebut merupakan suhu tertinggi yang pernah mereka catatkan. Alasan mengapa tempat ini sangat dingin adalah karena berada di sekitar Danau Vostok yang merupakan salah satu danau terbesar di dunia. Danau ini pun berada 4 kilometer tertutup es.

Verkhoyanks, Rusia

Tempat kedua terdingin di dunia berada di Rusia, yakni Verkhoyansk. Pada bulan Januari, tempat yang menurut sensus tahun 2002 ditinggali oleh sekitar 1434 penduduk ini memiliki rata-rata suhu sebesar minus 50.4 derajat Fahrenheit atau minus 45.7 derajat Celcius. Namun, suhu tersebut bukanlah suhu terdingin di Verkhoyanks. Pada tahun 1892, merupakan momen terdingin yang pernah tercatat. Saat itu, suhu di tempat ini mencapai angka minus 90 derajat Fahrenheit atau minus 67.78 derajat Celcius.

Stasiun Oymyakon, Republik Sakha, Rusia

Pada tahun 1933, sebuah stasiun cuaca di Oymyakon, Republik Sakha yang ada di belahan timur laut Rusia mencatatkan rekor suhu paling dingin yang pernah tercatat. Pada waktu itu, tempat ini memiliki suhu minus 67.7 derajat Celcius. Suhu tersebut merupakan suhu paling rendah yang pernah tercatat untuk kategori tempat yang dihuni oleh manusia.

Yakuts, Rusia

Lagi-lagi sebuah kota di Rusia menjadi salah satu tempat terdingin di dunia. Kota tersebut adalah Kota Yakuts yang merupakan kota dengan suhu paling dingin di dunia. Di kota ini, suhu rata-rata pada bulan Januari adalah sekitar minus 34 derajat Fahrenheit atau sekitar minus 36.67 derajat Celcius. Namun pernah suatu ketika kota ini mencatatkan suhu minus 81.4 derajat Fahrenheit atau minus 67 derajat Celcius.

Eureka, Kanada

Berikutnya kita terbang ke Kanada, tepatnya di sebuah tempat bernama Eureka. Tempat ini berada di sebelah utara pulau Ellesmere. Biasanya, tempat ini memiliki suhu rata-rata sebesar minus 20 derajat Celcius. Namun, pada musim dingin, suhu tersebut turun drastis hingga minus 40 derajat Celcius.

Denali

Denali atau yang juga disebut Gunung McKinley merupakan puncak gunung tertinggi di Amerika Utara. Tempat ini kerap disebut sebagai gunung dengan suhu terdingin di dunia. Berada di ketinggian 6194 meter di atas permukaan laut, tempat ini memiliki suhu sekitar minus 40 derajat Celcius.


Barrow, Alaska

Kota Barrow merupakan kota yang berada di kawasan paling utara di negara Amerika Serikat. Tempat ini berada 1300 mil dari Kutub Utara. Sinar matahari tidak selalu menyinari kota ini. Pada akhir November hingga akhir Januari, merupakan waktu 'gelap' di kota ini, di mana matahari tidak akan menampakkan dirinya. Dan, kalaupun kota ini dalam musim panas, suhunya pun masih terbilang dingin, dengan rata-rata 40.4 derajat Fahrenheit atau sebesar 4.67 derajat Celcius.

SUMBER
zharki
zharki memberi reputasi
1
3.1K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.