Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cemaraAvatar border
TS
cemara
Modus Penipuan Mengatasnamakan Bank CIMB Niaga
Pada hari Jumat tanggal 10 Juni, saya dihubungi seseorang yang mengaku dari Bank CIMB Niaga. Dia menghubungi dari nomor telepon selular. Sudah kedua kali orang ini (komplotan ini) menghubungi saya. Pada saat yang sebelumnya, saya menutup telpon di tengah pembicaraan dan meminta dia menghubungi saya kembali karena pada saat itu saya sedang rapat.
Pad kali kedua ini, mereka menghubungi saya kembali. Inti dari pembicaraan adalah bahwa ada perubahan sistem Go Mobile CIMB Niaga serta perubahan tarif Go Mobile CIMB Niaga.
Yang pertama dia langsung mencerocos masalah perubahan biaya Go Mobile dimana ada pilihan per bulan atau per transaksi. Setelah saya dirasa oleh dia fokus, kemudian dia beralih ke masalah ke dua yaitu perubahan sistem Go Mobile dimana perubahan harus dilakukan pada saat itu juga. Perubahan sistem yang dimaksud adalah perubahan User ID dari 6 karakter menjadi 8 karakter. Nah, disinilah kecanggihan komplotan tersebut. Dimana pada saat bersamaan ada sms masuk dari "MyTelkomsel" yang berisiksan verification code sebanyak 4 angka. Alhamdulillah saya masih dilindungi oleh Allah, sehingga pada saat pembicaraan tersebut saya mencoba mengingat dan tetap sadar. Dia menyuruh saya untuk mengetik "User ID" dan dikirim ke nomer 1418 (nomer CIMB Niaga). Kemudian dibalas yang berisikan User ID Go Mobile saya beserta peringatan "Jangan berikan User ID kepada siapapun dengan alasan apapun". Nah, ketika saya mendapat balasan tersebut, dia menanyakan User ID saya dengan alasan untuk diganti dengan yang baru. Nah, disinilah Syukur alhamdulillah saya masih sadar. Saya berikan user id saya, tapi ada satu karakter yang saya ubah. Pada saat bersamaan dia mengatakan apakah user id saya sudah benar sembari menyakan kode yang diterima melalui MyTelkomsel (yang sepertinya hanya sebagai pengalih perhatian saja). Bolek-balik dia menanyakan apakah user id saya sudah benar atau belum (sepertinya di sana dia mencoba untuk masuk ke Go Mobile saya). Dan saya tetep bersikeras bahwa user id saya sudah benar sambil memikirkan langkah berikutnya. Akhirnya telepon saya tutup dan saya menghubungi call center CIMB Niaga.
Saya ceritakan kejadian yang baru saya alami kepada operator dan dibenarkan oleh dia bahwa CIMB Niaga sama sekali tidak pernah meminta user id nasabahnya. Keterangan itu juga yang terus keluar ketika saya kirim pesan ke 1418. Akhirnya sekalian saja saya blokir akun Go Mobile saya.
Setelah selesai, sang penipu ternyata masih berusaha menelpon saya. Akhirnya saya angkat dan saya katakan bahwa dia adalah seorang penipu. Salah satu indikatornya adalah dia memberikan nomer call center CIMB yang salah. Dia memberikan nomer 14010 (itu nomer call center panasonic). Tapi dia tetap ngotot mengatakan dari CIMB. Bahkan masih menanyakan sistem pembayaran Go Mobile yang saya inginkan. Akhirnya saya blacklist no hape penipu tersebut.
Dari kisah ini saya ingin memperingatkan pada agan agan sekalian untuk berhati hati dengan penawaran maupun informasi yang menggunakan saluran telepon. Mereka menggunakan cara yang sudah dirancang sehingga pola pikir sasaran mereka akan mengikuti pola pemikiran komplotan tersebut.
Waspadalah....waspadalah....
0
17.1K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.