Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

solusitesisAvatar border
TS
solusitesis
Sanggar Anak Alam Yogyakarta - Salam Yogyakarta
“Mendengar, saya lupa; Melihat, saya ingat; Melakukan, saya paham; Menemukan sendiri, saya kuasai”

Sanggar Anak Alam (SALAM)
SALAM (Sanggar Anak Alam) berdiri pada tahun1988 di Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum, Banjarnegara, karena pada saat itu Wahya sedang berdomisili di Kampung Kelahiran Toto Rahardjo, karena sesuatu hal Wahya dan Toto hijrah ke Jogja lagi. Lalu dalam perkembangannya SALAM Lawen metamorfose menjadi wadah kegiatan pemuda yakni ANANE 29 sampai saat ini.

Sanggar Anak Alam Yogyakarta - Salam Yogyakarta

Salam Desa Lawen


Pada tahun 2000, SALAM Sebagai Laboratorium Pendidikan Dasar dihidupkan lagi oleh Sri Wahyaningsih dan Toto Rahardjo di Kampung Nitiprayan, Yogyakarta.

Laboratorium Pendidikan Dasar
SALAM (Sanggar Anak Alam) meyakini, bahwa untuk menyelenggarakan pendidikan tidaklah cukup hanya dilakukan di dalam ruang kelas antara guru dan anak. Maka diperlukan proses belajar yang secara holistik melibatkan orang tua murid dan lingkungan setempat. Dengan demikian belajar juga merupakan gerakan untuk menemukan nilai-nilai serta pemahaman hidup yang lebih baik ― itulah hakekat dari “Sekolah Kehidupan”. Menciptakan kehidupan belajar yang merdeka dimana seluruh proses pendidikan dibangun atas dasar kebutuhan dan kesepakatan bersama seluruh warga belajar.

Sanggar Anak Alam Yogyakarta - Salam Yogyakarta

Mural Karya Forum Orang Tua Salam


Dalam penyelenggaraan proses belajar selalu berangkat dari kekuatan, kemampuan yang dimiliki (mandiri). Terbuka untuk bantuan dari luar namun bersifat tidak mengikat serta tidak merusak prinsip kemandirian yang senyatanya menjadi kekuatan. Kemandirian yang dimaksud terkait dengan; Cara pandang, Metode belajar mengajar, Media yang digunakan, Sumber-sumber pendanaan serta Adat istiadat yang bersumber dari komunitas setempat.

SALAM meyakini, bahwa pendidikan dasar juga merupakan fondasi penting untuk meletakkan sistim berfikir dan sikap yang terbangun sejak anak-anak untuk memahami potensi dan problematika serta realitas kehidupan untuk bekal di masa mendatang.

Maka SALAM, berupaya untuk menciptakan ruang bagi anak untuk leluasa melakukan eksperimen, eksplorasi dan mengekspresikan berbagai temuan pengetahuan dengan memanfaatkan lingkungan di sekitarnya sebagai media belajar.

Sanggar Anak Alam Yogyakarta - Salam Yogyakarta

Presentasi Hasil Riset Anak-anak.


SALAM sebagai Laboratorium ”Sekolah Kehidupan” perhatian utama dititik beratkan pada kebutuhan dasar manusia yakni; Pangan, Kesehatan, Lingkungan dan Sosial Budaya. Maka SALAM mengambil hal tersebut sebagai perspektif yang bisa dikembangkan dalam proses pembelajaran sehari-hari.

Untuk masuk menjadi siswa SALAM tidaklah rumit dan berbelit-belit, yang utama orang tua murid mengikuti dialog dengan penyelenggara sebelum pada akhirnya menyepakati berbagai persyaratan prinsipil yang harus diikuti oleh orang tua/Wali Murid.

Sanggar Anak Alam Yogyakarta - Salam Yogyakarta

Upacara Wiwit Panen bersama petani setempat.


SALAM fokus menyelenggarakan sarana Taman Belajar untuk anak-anak:

Taman Bermain usia 2-4 tahun
Taman Anak (TA) usia 4-6 tahun
Sekolah Dasar (usia 6 tahun ke atas)
Sekolah Menengah Pertama
Forum Orang Tua (FOR SALAM)
Merupakan sarana komunikasi, membangun relasi antar orang tua, guru dan penyelenggara SALAM untuk memperoleh pemahaman bersama tentang proses belajar yang dilakukan oleh anak-anak, orang tua, serta guru dan seluruh personil yang terlibat. Maka Forum Orang Tua sesungguhnya juga menjadi sarana tukar pengalaman masing-masing orang tua serta guru terkait dengan perkembangan anak serta keterlibatan orang tua dalam proses belajar baik di SALAM maupun di rumah masing-masing.

Kerabat SALAM
Kerabat Salam merupakan forum yang diinisiasi oleh SALAM untuk mewadahi khalayak yang mempunyai perhatian terhadap SALAM.

Pada dasarnya kerabat SALAM diikat oleh cita-cita dan kemauan yang SAMA dengan SALAM dan mewadahi orang-orang yang tidak terikat sebagai orang tua murid dan tidak pula terikat dengan domisili.

Ruang bagi siapa saja yang ingin bergabung dalam Komunitas SALAM untuk membangun gerakan (movement) pentingnya pendidikan dasar untuk perubahan yang lebih baik.

Mereka dapat memilih peran sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing, antara lain :

Volunteer (relawan): menjadi fasilitator anak-anak maupun masyarakat di sekitar SALAM
Menjadi donatur untuk :
bea siswa anak-anak yang kurang mampu
pengembangan sarana belajar
kesejahteraan guru
Mengembangkan usaha-usaha ekonomi produktif sebagai alternatif sumber pendanaan SALAM
Menyelenggarakan workshop serta proses-proses pendidikan untuk internal maupun umum, terkait dengan pilihan issue SALAM: pangan, kesehatan, energi,lingkungan dan Sosial budaya.


0
4.1K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.