Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sidayuextrim10Avatar border
TS
sidayuextrim10
Deddy Mizwar: Daerah Wajib Raih WTP
INILAH, Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menyatakan setiap kabupaten/kota wajib meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Oleh sebab itu, setiap pemda harus senantiasa menyajikan laporan keuangannya dengan baik, termasuk penataan aset.

"WTP ini kewajiban," tegas Deddy kepada wartawan, Kamis (9/6/2016).

Pria yang akrab disapa Demiz ini menyebut, laporan keuangan harus terus diperbaiki. Hal ini diharuskan menjadi fokus kepala daerah untuk bersaing meraih WTP.

"Kalau belum bisa dijalankan, artinya pembenahannya harus luar biasa. Atau belum ada upaya perbaikan yang sungguh-sungguh," bebernya.

Disinggung belum berhasilnya Pemkot Bandung dalam meraih WTP, menurutnya hal ini perlu upaya serius dari seluruh unsur di Pemkot Bandung, terutama Wali Kota Ridwan Kamil.

"Mudah-mudahan Kang Emil bisa membenahi. Yang lain bisa dibenahi, kenapa ini yang enggak dibenahi. Kang Emil harus sungguh-sungguh membenahi. Bagaimana bisa memberikan laporan sewajarnya, apa adanya," pungkasnya.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Jabar Syahrir menuturkan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal penting agar pemerintah daerah mampu menyajikan laporan keuangan berbasis akrual dengan baik.

"Faktor SDM menjadi kunci utama dalam penyajian laporan keuangan, terutama setelah diberlakukan laporan berbasis akrual," ucap Syahrir. [hus]



Dia meminta pemda berkoordinasi dengan institusi lainnya untuk meningkatkan kualitas SDM agar mampu menyajikan laporan keuangan dengan baik. Dia mencontohkan, Pemda bisa meminta Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) serta perguruan tinggi untuk memberi pelatihan tentang akuntansi kepada para pegawainya.

"Harus itu, untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan tentang akuntansi. Saya rasa bisa, tinggal ada kemauan, tapi perlu komitmen," kata dia.

Syahrir pun mengapresiasi prestasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang berhasil meraih opini WTP untuk kelima secara berturut-turut. Menurutnya, hal ini merupakan komitmen dari Pemprov Jabar dalam melaksanakan pembangunan yang bekualitas.

"Capaian di tingkat provinsi harus menjadi pecut bagi kabupaten/kota di Jabar agar meraih hal serupa. WTP menjadi bukti transparansi dalam menjalankan pemerintahan," katanya.

http://m.inilahkoran.com/berita/jabar-kahiji/58113/deddy-mizwar-daerah-wajib-raih-wtp
0
991
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.