Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

niapussyloveAvatar border
TS
niapussylove
Pendidikan dan Cinta
Kadang kita2 jenuh ya kalo disuruh babe ato enyak sekolah...
Pas jaman sekolah dulu klo udah pas mo berangkat mualesnya poll.
Sampe sekolah denger bel masuk bunyi kayak denger terompet sangkakala... emoticon-Frown berasa mau masuk penjara.

Pelajaran dimulai
Materi banyak...
Ntar dikasih soal.
Di kelas ga boleh tu yang namanya sekedar refreshing... bersosialita (maksudnya ngerjain tugas sambil ngobrol) hehe
Ya memang siy kerjaan jadi melambat... tapi kan jadi g suntuk.

Alhasil serelah selesai ngerjain tuhpgas, kita jadi pengen ngobrol kan. Ntar klo di tanya guru kan udah s3lesai.
Kadang nih ada guru yg g mentolelir kita ngobrok di kelas.
Ya iya orang kadang klo ngobrol suara kita kayak spiker masjid kan... ganggu yang lain juga bikin sumpek yang lagi g mau dengerin cerita kita.

Efeknya... kita gerak dikit ditegur, ngobrol dikit ditegur. Jadi tugas s3lesai cepat pun kita g dibolehin mengeksplor diri kita yang notabene bikin kelas jadi kayak pasar induk.

Kemampuan anak di dalam satu kelas itu beda2. Jadi ada yang bisa nyelesaikan cepet ada juga yang lola (loadingnya lama).

Jadi yang udah selesai cepat. Kadang juga bukan krn dia bisa terus selesainya cepet... ada juga anak yg pengennya udahan aja ngerjainnya jadi dikerjainnya seasal asalnya dia. Yang penting bisa ngaso.

Ini dia nih peran guru sebagai pendidik dan penggali bakat.
Sebenernya guru udah dibekali di sekolahnya. Kalo anak gak boleh dimarahi, biarkan dia mengeksplor dirinya... ya iya klo di kelas cuma ada 5 anak. Lha klo 30 anak atau lebih??? Kasian kelas sebelah juga...

Lantas gimana nih biar anak gak jadi pribadi yang penjenuh (kosakata apaan ini??) Kamsudnya gimana nih biar anak gak bosenan... sekolahnya semangat, pinter... tetep segan hormat, tapi gak takut sama gurunya juga.

Kedekatan emosional... itu sebenarnya kuncinya...
Terapkan kita sebagai pendidik pengasuh, pembimbing. Bukan sebagai tutor yang tujuannya minterin anak.

Kadang ada juga yang bikin kesel guru,,, udah bolak balik bolak lagi bali lagi diterangin tetep g mudeng2... mau pake praktek2.. materinya buanyak banget ntar g keburu materi lain. Guru jadi serba bingung, jadi agak serem ngajarnya ke anak2... nah ini guru yang pengen minterin anak... gak salah, sama sekali gak salah... ya kan?? Coba klo ntar pas ujian, nilainya bagus kan gak hanya guru yang seneng. Anak2 pun jadi terbantu bisa masuk sekolah jenjang berikutnya dengan mudah, banyak pilihan.. bahkan bisa masuk lewat jalur beasiswa.

Tapi ada juga anak yang akademiknya g kuat... tapi klo olahraga seni ato bidang lain non akademik dia jago... anak ini pun sebenernya punya potensi sukses. Kita cukupkan bekalnya di akademik. Dan optimalkan bakatnya di bidang yang dia kuasai.

Guru gak hanya bertugas minterin anak. Anak pinter itu anugrah... buakn berarti anak bodoh itu musibah.
Bodah pinter itu kan penilaian manusia.
Bahkan sukses tidaknya anak tidak bisa duramalkan hanya lewat nilai rapotnya.

Tempatkan kita menjadi orang tua, kakak, bunda, ayah yang membimbingnya. Di kelas ketika anak tekun mengerjakan kita bisa sambil memeberi petuah2. Walo kadang konyol ya... kita kayak ngomong sendiri gitu... tapi ketika anak. Konsentrasi pada hal tertentu, dan kita kasih masukan positif itu kayak jadi semacam hipnoterapi... masuk ke alam bawah sadar dia.

Ketika ada anak menanggapi nasihat2 kita, dekati dia, tanggapi, dan lihat kerjaan dia. Pasti anak itu gak lagi ngerjain... dari situ kita akan tahu. Kemampuan masing2 anak dalam berkonsentrasi.
Pelan2 bimbing anak2 tersebut untuk kembali mengerjakan dan bimbing dia pada soal yang kurang dia pahami.

Ohya metode ini bisa dipakai ketika anak mengerjakannya asyik. Bukan pas pusing2 kita ngasih petuah... jadi suara kita kayak lagi ngomel2 gitu di otak anak2. Contoh hipnoterapi bisa diterapin saat anak mewarnai, menulis halus, menyalin catatan dengan tulisan rapi... pokoknya materi yang g berat.

Efeknya insha Allah anak akan menjadi pribadi positif, tidak mudah putus asa, dekat dengan gurunya, merasa dihargai sebagai pribadi yang diciptakan unik.
(Materi motivasinya juga sekitar hal tersebut)

Dengan kedekatan emosi yang baik, cinta akan tumbuh, kali cinta itu... kali gak ketemu kangen...
Kalo cinta itu mengerjakan sesuatu pake cinta hati seneng.
Nulis pake cinta gak bikin jenuh.
Ngitung pake cinta gak bikin ngantuk...

Cinta selalu pengen ketemu
Cinta sekolah
Cinta belajar
Motivasi meningkat
Prestasi tergali
Percaya diri juga meningkat.

CMIIW
0
1.5K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.6KThread13.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.