BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Tanggul Pantai Mutiara jebol, tetap waspada gelombang tinggi

Dua mobil milik warga terendam banjir yang menggenangi kawasan Perumahan Pantai Mutiara, Jakarta, Sabtu (4/6/2016).
Tanggul di Jalan Mutiara 1, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara jebol akibat air laut pasang, Jumat (3/6/2016) malam. Sejumlah kawasan tergenang air dengan ketinggian 50-60 sentimeter.

Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan mengatakan, letak tanggul yang jebol berada di jembatan dan tanggul sekitar Apartemen Mutiara. Diperkirakan, tingginya air laut menggerus tanah di bawah jembatan dan menyebabkan tanggul jebol sepanjang 50 meter.

"Kondisinya di sekitar apartemen ketinggian genangan mencapai lutut orang dewasa," katan Teguh dikuti BeritaJakarta, Jumat (3/6/2016).

Sebagai penanganan darurat, Dinas Tata Air akan membuat tanggul darurat dari karung berisi pasir. Selain itu diharapkannya, muka air laut tidak bertambah tinggi.

Dinas juga menyedot genangan melalui pompa sehingga ketinggian air mulai surut pada Sabtu (4/6/2016) pagi ini. Dari lima pompa yang ada, hanya tiga yang berfungsi karena dua pompa rusak karena korsleting setelah terendam air.

Kepala seksi informatika Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Helma Dahlia mengatakan empat blok tergenang akibat jebolnya tanggul itu. Keempat blok perumahan yang terdampak yakni Blok T dan Blok U di kawasan apartemen Regatta serta Blok R dan Blok S yang merupakan perumahan Pantai Mutiara.

Perumahan Pantai Mutiara juga merupakan tempat tinggal Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja. Rumah Ahok --panggilan Basuki-- yang berada di Blok J, tidak tergenang air limpahan tanggul jebol. "Tidak tergenang, tergenang hanya (perumahan) yang bagian laut," ucap Ahok melalui Detikcom.
Pantai Mutiara
BPBD DKI meminta masyarakat tetap waspada terhadap potensi hujan dan gelombang tinggi. Sejumlah wilayah yang rawan banjir rob antara lain Kamal Muara, Kapuk Muara, Pluit, Penjaringan, Ancol, Tanjung Priok, Koja Utara, Kalibaru, Cilincing dan Marunda.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerjunkan 150 petugas Satpol PP untuk membantu penanganan dampak tanggul jebol di Jalan Mutiara 1, Pluit, Penjaringan. Selain membantu evakuasi warga, personel Satpol PP juga diterjunkan membantu pembuatan tanggul darurat.

Satpol PP bersama kepolisian dan TNI juga melakukan penyekatan kawasan permukiman. Selain penghuni, orang yang tidak berkepentingan juga tidak diperkenankan memasuki kawasan permukiman yang tergenang. "Kita seleksi orang yang dapat masuk untuk menjaga keamanan warga. Kita akan terus siagakan pasukan sesuai kebutuhan," kata Wakil Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Yani Wahyu Purwoko.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...lombang-tinggi

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
7.3K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread730Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.