Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ratusan Jam Waktu yang Agan Habiskan dalam Perjalanan ke Kantor, Worth It Gak Sih?

vrohorvAvatar border
TS
vrohorv
Ratusan Jam Waktu yang Agan Habiskan dalam Perjalanan ke Kantor, Worth It Gak Sih?


Tahu gak, Gan? Sebuah riset tahun 2015 dari Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) menunjukkan kalau warga Jakarta dan sekitarnya ternyata menghabiskan 400 JAM DALAM SETAHUNuntuk perjalanan pergi dan pulang dari rumah ke kantor. 400 JAM, GAN! Waktu selama itu bisa terpakai buat ngapain aja tuh? emoticon-Big Grin

Kenyataannya sih pada saat tertentu ada warga-warga pinggiran kota yang bahkan bisa menghabiskan waktu sampai 3 jam atau lebih untuk perjalanan ke kantor. Wah, gimana gak tua di jalan?

Bayangkan, Gan, tiap hari Agan harus melalui kemacetan sambil mengendarai mobil atau sepeda motor, atau sambil berdiri dan berdesak-desakan di dalam bus or kereta. Gak heran begitu tiba di kantor Agan merasa lesu dan kurang bersemangat. Pertanyaannya, sebandingkah semua itu dengan apa yang Agan dapat dari pekerjaan Agan?

Pertama, ilmu dan pengalaman. Khususnya bagi fresh graduate, ini sebaiknya menjadi prioritas Agan. Pada umumnya, fresh graduate memang rela bersusah-susah dahulu demi masa depan kariernya yang cemerlang. Nah, apakah Agan sudah mendapatkannya?

Kedua, penghasilan. Apa gaji Agan sesuai dengan beban kerja dan perjalanan ke kantor? Sayang dong kalau sebagian besar gaji Agan habis untuk biaya perjalanan? Akan lebih baik kalau Agan menghitung semua biaya yang diperlukan sebelum menerima tawaran bekerja di perusahaan yang lokasinya jauh dari rumah.

Ketiga, benefit lainnya. Perjalanan Agan ke kantor sudah cukup menguras waktu, tenaga, dan biaya. Tapi sebenarnya pengorbanan itu masih bisa ditutupi dengan benefit atau kompensasi lain di luar gaji, terutama yang terkait dengan perjalanan ke kantor. Contohnya, seperti yang ditawarkan oleh perusahaan di bawah ini:



Kalau penasaran sama perusahaan lain yang menawarkan fasilitas kayak perusahaan di atas, langsung ke sumurnyaaja, Gan.

Selain ketiga hal di atas, masih banyak hal lain yang wajib dipertimbangkan, misalnya faktor kesempatan berkarier, budaya kerja, dan sebagainya. Terkadang untuk meraih sukses memang ada sejumlah hal yang harus Agan korbankan. Nah, kalau Agan gak keberatan dengan perjalanan yang harus ditempuh ke kantor, paling gak pastikan semuanya sebanding dengan apa yang Agan dapatkan dari perusahaan. emoticon-Toast
0
3.4K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.