Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Ikan-ikan Air Tawar dengan Ukuran Raksasa


Kalau ngedengar ikan air tawar, mungkin sebagian besar orang paling ngebayangin ikan mujair atau ikan mas. Paling gede mungkin adalah ikan gabus atau lele kali ya. Tapi jangan salah. Ikan air tawar juga bisa memiliki ukuran yang tak kalah dengan ikan air laut.

Jenis-jenis ikan air tawar raksasa tersebut pun ada yang merupakan ikan endemik di Indonesia. Penasaran bukan dengan ikan-ikan tersebut?


Chinese Sturgeon

Seperti namanya, ikan Chinese Sturgeon ini berasal dari negeri Cina. Ikan ini memiliki ukuran hingga mencapai 5 meter dengan berat hingga setengah ton. Ikan ini pun merupakan spesies Sturgeon terbesar yang ada di dunia.

Selain berukuran besar, ikan ini juga memiliki kemampuan berenang yang sangat fantastis. Setiap tahunnya, ikan ini berenang sejauh 3500 kilometer dari laut Cina Selatan menuju Sungai Yang Tze.


Karena ukurannya yang besar, manusia pun memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap hewan ini. Akibatnya, Chinese Sturgeon menjadi salah satu hewan yang paling banyak diburu dan kini menjadi hewan yang cukup langka. Selain itu, polusi air juga menjadi penyebab lain menurunnya populasi hewan yang satu ini. Para iluwan meyakini bahwa saat ini hanya ada ratusan ekor Chinese Sturgeon yang ada di habitatnya.



Hiu Gergaji

Nah ikan ini nih yang berasal dari Indonesia. Tempat hidup ikan ini bisa ditemukan di beberapa danau serta sungai besar yang ada di tanah air. Di antaranya adalah Danau Sentani, Sungai Digul, Sungai Mahakam, Sungai Siak serta Sungai Sepih. Selain itu, ikan ini juga hidup di Australia, India, Papua Nugini, Afrika Selatan dan Thailand.

Sesuai namanya, ikan ini memiliki bagian moncong yang berbentuk seperti gergaji. Ukurannya pun bisa mencapai 6.6 meter. Meskipun memiliki ukuran tubuh yang besar, bukan berarti ikan ini memangsa ikan besar lho ya. Malah, hiu gergaji ini hanya makan ikan-ikan kecil.


Ikan ini juga dikatakan memiliki pandangan yang buruk. Untuk membantu dalam memburu makanan, ikan ini mempunyai daya penciuman yang tajam. Sayangnya, ikan ini kini keberadaannya menjadi sulit ditemui. Penyebabnya tak lain adalah karena populasi manusia yang bertambah.



Mekong Giant Catfish



Ikan raksasa berikutnya masih dari benua Asia, tepatnya berasal dari Sungai Mekong yang melewati beberapa negara di Asia Tenggara, dari Kamboja, Laos, Thailan dan Vietnam. Ikan ini bisa memiliki panjang hingga 3 meter dan bobot mencapai 295 kilogram.



Arapaima

Untuk melihat ikan air tawar terbesar berikutnya, kita terbang ke Amerika Latin untuk mendatangi ikan bernama Arapaima. Ikan ini juga dikenal sebagai ikan Pirarucu atau ikan Paiche. Ikan ini mampu berkembang dengan panjang hingga 3 meter dengan bobot hingga 180 kilogram.


Lagi-lagi ikan ini kini menjadi salah satu ikan yang terancam punah. Dan, lagi-lagi penyebabnya adalah manusia. Ikan ini menjadi salah satu ikan yang paling banyak dipancing. Akibatnya, saat ini terdapat usaha konservasi yang melarang adanya usaha untuk memancing ikan yang satu ini.



Alligator Gar

Mendengar namanya, ikan ini mungkin terdengar menakutkan karena menggunakan kata alligator. Tampilan ikan ini juga tak kalah menakutkan karena memiliki bagian kepala yang mirip dengan buaya. Ikan ini sebenarnya hidup di beberapa belahan dunia, namun kini hanya bisa ditemui di Amerika Tengah dan Amerika Utara.


Ikan ini memiliki kemampuan untuk berkembang mencapai panjang hingga 3 meter dengan berat 140 kilogram. Meskipun memiliki tubuh yang besar dan tampang menakutkan, jangan khawatir karena ikan ini tidak berbahaya bagi manusia. Hingga saat ini, tidak ada laporan yang mengatakan bahwa ikan ini pernah menyerang manusia.



Giant Barb

Kawasan Asia Tenggara lagi-lagi menjadi habitat salah satu ikan raksasa dunia yakni Giant Barb. Ikan ini hidup di Sungai Mekong yang merupakan habitat air tawar yang paling banyak memiliki ikan-ikan raksasa.



Ikan ini bukanlah ikan karnivora. Makananya adalah alga atau plankton. Tubuh ikan ini bisa berkembang hingga 3 meter dengan berat mencapai 300 kilogram.



Giant Freshwater Stingray

Ikan pari ternyata tidak hanya hidup di air laut. Ada juga ikan pari yang hidup di air tawar, ikan tersebut bernama Giant Freshwater Stingray. Dan bisa ditebak, ikan ini hidup di Sungai Mekong yang juga menjadi habitat ikan-ikan air tawar raksasa.


Ikan ini pun memiliki ukuran yang sangat besar dengan panjang mencapai 5 meter dengan panjang 600 kilogram. Selain di Sungai Mekong, ikan ini juga diketahui hidup di sungai di Kalimantan, Papua Nugini serta Australia Utara. Ikan ini juga biasa mengubur dirinya di dasar sungai. Untuk makanannya, ikan ini biasa memangsa kepiting atau kerang.


SUMBER
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
18.1K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.