aliana.marghAvatar border
TS
aliana.margh
Zenbo, Robot Pembantu Dari Asus

Dalam konferensi pers Zenvolution di pameran Computex 2016, Taipei, Taiwan 30 Mei kemarin, Asus membuat kejutan dengan mengumumkan sebuah produk terbaru. Usai mengumumkan produk tablet, notebook, dan smartphone paling anyar, presentasi berlanjut dengan produk berupa asisten robot rumah tangga. Produk Asus ini dinamai Zenbo, robot yang dijanjikan ramah keluarga dan lucu, lengkap dengan sejumlah fitur dan mampu bergerak secara independen di sekitar rumah.

Secara tampilan banyak yang menilai Zenbo terlihat mirip G4 iMac yang dipasang diatas Sony Rolly, tetapi mampu bekerja seperti Amazon Echo. Khususnya dalam hal kemampuan memberikan rekomendasi resep makanan dan menanggapi suara query. Pengguna juga bisa menggunakan Zenbo untuk membeli barang secara online. Tak perlu repot mengetik untuk membuka akun atau memasukkan password, login online cukup dengan perintah suara.

Robot Zenbo ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur lain, diataranya bisa mengenali wajah, bermain game dengan anak-anak, membacakan cerita, mencari artikel di web, bisa mengambil foto, melakukan panggilan telepon, dan menjaga keamanan rumah.

Layaknya tablet PC, wajah robot tersebut memang punya fungsi lain sebagai layar sentuh, seperti melakukan panggilan video, belanja online, serta sebagai wadah menayangkan berbagai video.

Asus menunjukkan kepiawaian Zenbo melalui sebuah video dan demo langsung di panggung. Selain menampilkan wajah lucu, robot juga mampu berjalan di sekitar panggung, mengambil gambar Chairman Asus Jonney Shih di antara kerumunan, dan menjawab pertanyaan khalayak.

Shih juga menyatakan kalau robot ini punya fitur yang bisa menghubungkannya dengan berbagai perangkat rumah tangga tradisional atau yang sudah dirancang sebagai perangkat cerdas dalam konsep rumah pintar (smart home). Zenbo bisa disambungkan ke AC, televisi, hingga berbagai lampu penerangan rumah. Seperti halnya pada kamera, Zenbo juga mampu mengendalikan berbagai alat yang terhubung padanya

Misalnya, Anda bisa menghubungkan Zenbo dengan kamera yang ada di pintu depan rumah untuk mengecek tamu yang berkunjung. Bila kunci rumah Anda sudah mendukung fitur komputasi, bisa juga menghubungkannya sehingga kunci tersebut dapat dibuka dengan mengusap wajah robot.

Dalam video demo, asus juga memposisikan robot ini sebagai pembantu kaum manula. Dimana robot ini bisa menjadi pembantu keperluan yang terangkum dalam fitur dan melalui kemampuan komunikasinya bisa menjadi penghubung ke pihak keluarga atau asisten manusia terdekat disaat si orang tua membutuhkan.

Dalam kesempatan itu Jonney Shih membuka kesempatan pada para pengembang untuk bekerja sama dengan Asus dalam mengembangkan platform Zenbo. “Bersama-sama kita bisa membuat Zenbo menjadi robot terbaik dan paling praktis untuk setiap rumah tangga. Kita bisa bekerja pada tahap komputasi proaktif berikutnya.” Kata Shih.

Pernyataan ini menjelaskan bahwa robot buatan Asus ini memang masih dalam pengembangan. Sehingga banyak kalangan yang menyarankan agar konsumen meneliti dan memahami kegunaan Zenbo sebelum memutuskan membeli. Selain itu, saat ini Asus memang sedang mempromosikan Zenbo untuk para developer. Tujuannya agar makin banyak aplikasi pendukung yang dibuat dan menjadikan robot ini makin canggih saat dijual secara lebih luas pada konsumen.

Kalau mau beli sekarang, Asus membanderol robot ini dengan harga 599 dollar Amerika atau setara dengan Rp 8,1 juta. Video pengenalan dan rincian lebih lanjut tentang Zenbo ada di situ www.zenbo.asus.com

sumbernye check aje dimari
0
2.5K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.