Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Melek Hukum
  • Ane butuh nasihat bagaimana supaya kasus ane bisa publik seobjective mungkin

budiimanhgAvatar border
TS
budiimanhg
Ane butuh nasihat bagaimana supaya kasus ane bisa publik seobjective mungkin
Ane menginginkan diskusi terbuka dengan semua agen asuransi, pengacara, instansi pemerintah, dll.

Ane ingin share ane merasa salah beli asuransi. Ane beli investasi dengan sedikit manfaat asuransi. Uang hilang 52.5 juta di produk avrist untuk manfaat seharga 500 ribu.

Taro 100 juta hanya sekitar 40 juta yang balik. Sekitar 50jt kayaknya hilang untuk manfaat asuransi yang bisa didapat seharga 500 ribu.

1.5 tahun lalu ane membeli produk asuransi.

Detailnya MUNGKIN SALAH. Ane berusaha seakurat mungkin. Ane mungkin salah.

Jadi ane ditawarkan investasi oleh agen asuransi. Ane pesan asuransinya sedikit sisanya investasi. Agen sudah konfirmasi semua investasi.

Awal awalnya ane mau taro 300 juta. Untung adik ane udah curiga dan taruhnya sedikit dulu. Kalau tidak bisa saja agen set 300 juta atau 1m atau berapa lah premi dan bilang semua investasi.

Yang ane amat sesalkan adalah keluarga ane sudah bilang, jangan beli asuransi yang ditawarkan pengacara ane. Beli aja Prudential. Ya ane pikir semua perusahaan asuransi sama. Kan kalo beda jauh ya orang pilih yang jauh lebih aman dan bonafid dong?

Yang ane lihat waktu beli




Kalau disitu memang terlihat seolah olah semua uang diinvestasikan. Ya ane setuju. Lagi pula waktu itu ane didampingi pengacara. Mumpung lagi ada pengacara. Beli asuransinya sedikit. Agen sudah bilang semua investasi. Pengacaranya suami agen. Apa sih yang bisa salah?

Ternyata uangnya tidak diinvestasikan tetapi hilang untuk sedikit manfaat asuransi. Penjelasan agen adalah "unit link investasi jangka panjang" dan "manfaat asuransinya memang sedikit".

Jadi sebelum beli ane ingin satu penjelasan, porsi investasinya berapa? Agen bilang semua. Ane cari tidak ketemu. Sesudah ane tau uang ane hilang ane juga ingin kurang lebih satu penjelasan. Posisi resmi perusahaan apa? Menurut mereka sah tidak jualan dengan cara ini? Sampai sekarang juga belum dapat. Ironis.

Detail persisnya ane MUNGKIN SALAH dan disini ane hanya kasih garis besar. Tapi yang pasti ane kehilangan 50 juta lebih. Ane taruh 100 juta hanya 40 juta yang balik. Ane juga amat menduga kalau produk dan cara penjualan seperti ini amat berbahaya. Soalnya investor bisa taruh 1 M dan pikir ini investasi. Tau tau uangnya hilang. Ane sendiri hampir kehilangan 300 juta.

Memang ane dapat manfaat asuransi. Tapi manfaat asuransinya itu bisa didapatkan dengan harga hanya 500 ribu dari Panin.
. Ini ane betulan beli asuransi baru sakin penasarannya. Takutnya ane salah bilang asuransi dengan tanggungan sama bisa dibeli dengan harga 500 ribu.

Ane tadinya pikir semua unit link memang dijual dengan cara yang amat misleading. Ternyata tidak semua unit link segawat ini. Ini polis dari Prudential hilang hanya 2.3 juta untuk tanggungan yang sama. Lebih mahal dari beli term tapi kan bayarnya sebentar. Di perusahaan asuransi yang lebih bonafide, agen mau nakal juga nggak bisa. Di lock. Term lebih jelas. Salah baca pun nggak fatal karena biaya setara dengan manfaat. Ane salah pikir semua perusahaan asuransi sama. Ane pikir kan perusahaan asuransi punya saingan. Kalo produk terlalu jelek jadi nggak laku dong?

http://www.pdf-archive.com/2016/04/05/pru250jt/

Agen berusaha menjelaskan lebih lanjut. Tapi ane stop. Ane bilang jelaskan saja di kaskus. Jadi semua orang, financial consultant, dan lain lain bisa ikut membahas. Jadi ane tau ane dibohongin, untung atau rugi. Ane merasa ane tidak cukup pintar buat mengerti penjelasan agen karena buktinya ane rugi. Jadi ya jelaskan saja di kaskus. Jadi orang lain bisa bantu ane dan semua calon customer lain buat mengerti.

Jadi ya kalau agen atau officer dari perusahaan asuransi atau orang OJK atau orang pengacara mau komentar ya ane tunggu lah..

1. Ane ingin tahu apakah kasus ini umum dan wajar?
2. Ane ingin penjelasan resmi dari semua perusahaan asuransi. Cara menjual seperti ini sah tidak di perusahaan anda?
3. Ane ingin tau di perusahaan asuransi anda mechanisme apa yang ada supaya customer tidak bernasib seperti ane.

Jadi yang sebetulnya ane amat inginkan adalah pernyataan resmi tertulis dan publik dari perusahaan perusahaan asuransi.

Ane, misalnya, ingin tahu

1. Apakah cara penjualan seperti yang dilakukan agen itu "sah" menurut anda? Agen misalnya bilang "kalau ini semua memang investasi karena unit link investasi jangka panjang." Ane tentu tidak setuju. Ane beli investasi tapi ternyata tidak diinvestasikan. Nah opini anda apa? Opini hukum apa? Ini penipuan bukan (menurut posisi resmi dan hukum). Itu ane ingin tahu jelas.
2. Ane ingin tau apakah kasus seperti ane itu kasus khusus atau umum. Customer lain bisa expectasi mendapat perlakuan yang sama tidak dari agen yang lain? Ane pikir kita semua ingin tahu ini.
3. Dari mana customer bisa tahu berapa porsi asuransi dan investasi kalau membeli produk asuransi Jadi kita semua bisa lihat dokumen itu jelas tidak dan rawan salah paham tidak.
4. Kalau anda perusahaan asuransi dan konsumen anda seperti saya apa yang anda akan lakukan?
5. Mechanisme apa yang ada di perusahaan anda kalau ada yang bisa melindungi customer dari nasib seperti saya?

Ane ke BPSK. Perusahaan asuransinya dipanggil 4 kali tidak datang. Ane pikir, menang kalah, paling tidak ane dapat penjelasan yang bisa ane diskusikan di kaskus. Misal yang salah agen, ya bilang. Misal bill tertulis jelas dimana? Ya tulis saja. Kalau di perusahaan asuransi lain bagaimana? Takutnya kalau ane nyanyi keras keras detailnya salah dikit ane dituduh pencemaran nama baik. Tapi ini ane niat baik ke BPSK supaya semuanya lurus. Perusahaannya tidak datang.



Pilihan berikut ya ke pengadilan negeri. Untuk duit 50 juta ane bisa abis 100 juta.

Nah waktu sidang itu ane dikasih tau ama beberapa orang. Kasus seperti ane banyak. Majoritas tidak muncul ke permukaan karena tidak sejomplang ini. Karena kasusnya banyak, beberapa perusahaan asuransi seperti Manulife, Prudential, dan BNI membuat system locking. Jadi agen tidak bisa bohong bikin biaya gede untuk manfaat kecil. Perusahaan perusahaan itu jauh lebih aman. Hilang 52.5 juta lebih untuk manfaat asuransi yang hanya 500 ribu tidak akan terjadi. Pantas saja Prudential dan Manulife punya pangsa pasar yang besar. Padahal feature locking ini sedikit orang yang tahu.

Ane juga kaget di Indo untuk manfaat seharga hanya 500 ribu ane bisa hilang 52.5 juta. Untuk tau duduk permasalahannya saja susahnya minta ampun.

Bagaimana menurut agan agan sekalian? Ada nasihat dari agan agan sekalian? Apa lagi yang kita bisa lakukan biar customer nggak salah beli? Apa memang begini dunia asuransi?

Kalau kita ingin memilih perusahaan asuransi yang termnya lebih jelas dan lebih menguntungkan customer. Itu perusahaan apa? Apa kita bisa diskusikan secara terbuka perusahaan mana yang lebih menguntungkan konsumen dan lebih jelas?

Perusahaan mana yang customernya tidak "kaget" uang hilang banyak untuk manfaat sedikit?

Apa sih plus minus setiap perusahaan asuransi? Yang mana yang lebih jelas dan lebih menguntungkan customer? Yang mana yang agennya tidak bisa atau tidak nakal? Apa itu bisa dibuktikan?
Diubah oleh budiimanhg 03-05-2016 12:52
0
9.3K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Melek Hukum
Melek Hukum
7.6KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.