Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ammaliaksAvatar border
TS
ammaliaks
Pocong, Kunti, Genderuwo itu sebenernya ada ga sih gan?
Pocong, Kunti, Genderuwo itu sebenernya ada ga sih gan?
Apa iya cuman di Indonesia ada setan kayak pocong, kuntilanak, genderuwo dan lainnya? kok bisa? sedangkan diluar negri paling kyak vampir dan lain - lain. tapi kenapa di Indonesia Aja yah? kenapa? terus beneran ada ga sih setan itu?
Pocong, Kunti, Genderuwo itu sebenernya ada ga sih gan?

Gini ya gaan, di dunia ini Allah menciptakan makhluk yang esensial hanya 3 macam yakni manusia, jin dan malaikat.
Spoiler for :


terus setan dan ibis itu apa?
Sedangkan kata syaithan, dalam bahasa Arab berasal dari kata syathona yang berarti ba'uda (jauh, yakni yang selalu menjauhkan manusia dari kebenaran). Kemudian kata syaithan ini digunakan untuk setiap mahluk berakal yang durhaka dan membangkang (kullu 'aat wa mutamarrid). Pada awalnya istilah setan (syaitan) ini diberikan kepada salah satu golongan jin (Iblis) yang beribadah kepada Allah dan tinggal bersama dengan malaikat di dalam surga. Akan tetapi ketika mereka menolak untuk sujud kepada Adam karena membangkang kepada perintah Allah, maka diusirnya dari surga dan sejak itu ia menjadi makhluk yang terkutuk sampai hari kiamat kelak.
Tidak semua jin adalah Setan (syaitan). Karena, jin juga ada yang shaleh, ada yang mukmin. Jadi setan hanyalah ditujukkan untuk jin yang membangkang (kafir, munafik, musyrik dst). Demikian juga tidak semua setan adalah jin. Karena dalam surat an-Nas ditegaskan, bahwa setan juga ada dari golongan manusia. Setiap manusia yang membangkang, durhaka dan selalu menjauhkan manusia lainnya dari petunjuk Allah, mereka dinamakan syaithan
Spoiler for :


kuntilanak dan pocong dll itu ?
gan, kuntilanak dan pocong dll itu adalah syaithan, tapi kenapa mereka bisa jadi pocong/kunti? karena Itu adalah salah satu sifat syaitahan(Jin jahat)
Spoiler for :

jadi Setan dari jenis Jin memiliki kemampuan untuk menampakkan diri dalam bentuk tertentu yang bisa dilihat oleh manusia. Jadi kalau masyarakat memahami setan itu sebagai gendruwo, kuntilanak, vampire, dan pocong, itu hanyalah sebagian saja dari golongan setan. Pada penampakan yang lain setan ada yang bisa tampil sebagai seorang tokoh suci, seperti para wali, kiyai, ulama, atau tampil sebagai dewa dewa tertentu, atau bahkan tampil sebagai Yesus yang mengajak mempertuhankan sesuatu selain Allah.
Penampakan sebagai orang suci inilah yang paling banyak menggelincirkan manusia dari ketaatan kepada Allah menjadi taat pada dewa-dewa, arwah wali, arwah kiyai, arwah leluhur, arwah Yesus, dst.

makanya gan berfikirlah yang jernih, setan/jin iu mmang ada. tapi kita jangan sampai terbawa oleh ajakan buruknya, tetap berpegang teguhlah pada ajaranNya yang benar.

Pocong, Kunti, Genderuwo itu sebenernya ada ga sih gan?
1
7K
33
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.