Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jingga.senjaAvatar border
TS
jingga.senja
Sri Kandi Naik Andong

Bismillah...
Spoiler for Intermezzo:

Rencana yang tertunda

Awal bulan maret 2016 kmaren gw berencana solo hiking ke gunung Andong Magelang. Rencananya sih mau naek tanggal 6 dan turun tanggal 7. Semua perlengkapan udah gw siapin.

Tapi ternyata sehari sebelum gw berangkat, gw jatuh sakit.Untuk keselamatan gw sendiri, gw putusin buat nunda dulu rencana gw sampe minggu depan..eh..Udah hari H nya pas minggu depan..gw masih sakit ternyata... emoticon-Berduka (S)

Gw nunda lagi, dan gw berencana lagi berangkat tanggal 25 maret 2016. Berhubung itu tanggal jatuh di hari jumat dan hari itu longweekend, gw berpikiran nanti pasti di andong rame banget..Gw urungkan niat gw lagi, buat berangkat tanggal 26 maret 2016.. eh ternyata pas tanggal itu gw bangun nya kesiangan.. dan gw urungkan lagi niat gw. Entah mau mendaki kapan. Gw udah nggak begitu mikirin.. emoticon-Hammer (S)

Pas minggu nya tanggal 27 malam jam 1 malam gw kok kepikiran lagi mau naik..emoticon-siul
Perlengkapan udah gw packing jauh jauh hari, jadi tinggal berangkat aja..tinggal logistik aja yang belum ada..

Akhirnya gw putusin kalau badan fit tanggal 27 pagi gw mau ke Andong.. jam 1 malam mata masih terbuka lebar. Gw cek alat lagi dan repacking. Setelah itu gw tidur. Buat persiapan besok.emoticon-Moon

Spoiler for Senjata Sri Kandi:


Kota bersinar, 9.10a.m

Berbekal pengetahuan gw yang masih cetek tentang dunia per-survival-an gw tetep niat buat naik gunung andong sendirianemoticon-siul. Tak lupa bekal yang harus dan wajib dibawa kalau menurut versi gw "Restu Orang Tua", setelah dapet restu..gw salim dulu sama bapake sama simboke sebelum berangkat. Minta doa biar selamat sampai rumah lagi. Wajib itu gan.

Masih di kota bersinar, 10.15 a.m

Hari ini bukan pertama kali gw ke andong. Yang pertama gw lewat solotigo. Kedua lewat magelang kota. Gw berangkat menuju andong pake si blacksweet alias motor kesayangan gw.emoticon-Ngacir

Rencana gw lewat solotigo. Menurut rute di Gmaps, lewat solo tigo lebih cepat di banding lewat boyolali atau magelang kota. Gw lewat kartosuro lurus terus ke arah jl solo-semarang. Sebelum masuk kota boyolali gw kasih minum dulu si blacksweet, biar gak kehausan di jalan ganemoticon-Big Grin. Setelah itu gw jalan lagi lewat jalan solo-semarang (fyi:kecepatan gw 70-100km/h).

Jujur gw sebenere lupa jalan ke andong. emoticon-Ngakak (S). Modal plangkat ijo gw cari arah menuju kopengemoticon-Ngacir. Setelah lewat ampel gw nemu plangkat ijo yang tulisan nya kopeng (alternatif) gw belok ke arah kopeng. Tepatnya belok kiri. Gw ikutin jalan itu terus.

Modal plangkat ijo lagi, sama nginget inget jalan ke andong dulu. Gw sempetin mampir dulu di alfam*rt buat beli logistik. Akhirnya sampe lah gw di jalan cawang(bercabang.red) dan sempet bingung mau belok ke arah mana. Gw buka GPS alhamdullilah hpnya kagak ada sinyalemoticon-Berduka (S). Ada plangkat di sekitar situ gambar gambar wisata yang ada disitu dan gw nemu tulisan arah grabag-secang(alternatif) akhirnya gw milih jalan menuju grabag alternatif. Gw lurus terus.sampai dmana gw gak begitu tau tempatnya feeling gw ngomong kalau salah jalur. emoticon-Frown

Gw putusin buat tanya sama penduduk sekitar.dyaaar bener ternyata gw salah pilih jalur..habis di kasih tau sama penduduk sekitar situ. Gw ikutin aja arahan nya. Dan sampailah di pasar agrobisnis grabag. Nah dari sini gw inget arah ke base camp sawit. Gw ikutin baliho menuju ke sawit. Alhamdullilah 12.15 gw sampai base camp.

Basecamp Taruna Jaya Giri 12.25

Gw istirahat dulu. sambil packing ulang. Setelah selesai repacking gw turun ke tempat pendaftaran. Sebagai pendaki alay nan amatiran. Gw lapor dulu kalau gw mau naek. SIMAKSI + parkir bayar Rp. 10.000,00 selesai daftar, gw nulis nama+alamat sesuai ktp, nomer hengpone yang bner. Jaga jaga gan kalo knapa knapa. Gw istirahat lagi di base camp di depan pendafataran tadi. Gw isi perut dulu. Laper gansis perjalanan solo-magelang ternyata membuat si cacing kesayangan berontak..bahaha *ngomong apa gw ini.emoticon-Hammer (S)

Gw pesen nasi rames+telur+teh anget. Sambil nunggu makanan dateng, gw juga nunggu kalo-kalo ada orang lain yang mau naik biar bisa bareng (munafik banget kalau gw berani sendirian naik gunung.was was buat jaga jaga gw tetep nunggu biar ada barengan naek emoticon-Big Grin) ..skip skip..makanan dateng. Gw santap dulu karena laper. Makanan habis. Gw nunggu lagi. Gw lirik jam di hp .13.25. Lima menit lagi gak ada yang naek, gw niat mau naek sendiri emoticon-Metal
Spoiler for Nasi rames+telur+teh anget:


Basecamp andong, 27 maret 2016, 1.30 p.m

Karena gw fikir udah kelamaan nunggu barengan yang kagak dikirim kan Tuhan. Gw putuskan berangkat naik andong. Bekal doa dari ibu-ibu basecamp yang doain gw, karena beliau tau gw ciwik naek gunung sendiri. Gw berangkat penuh dengan semangat. Bismillah. Gw doa dulu di basecamp. Gw pamit langsung jalan menuju puncak andong.

Setapak demi setapak gw jalan.ketemu sama ibu ibu yang mau ke sawah. Dari pada krik krik gw barengin aja buat ngobrol ngobrol biar tambah temenemoticon-Big Grin
Baru beberapa langkah jalan. Belum ada 10 meter alhamdullilah gerimis gede. Gw langsung lari nyari tempat neduh. Bayangin aja gw cewek bawa kulkas berjalan sambil lari..bahaha...koplak banget rasanya. Gw belok kanan, ada gubuk di pinggir sawah.gw neduh dulu di situ. Gw taroh tu kulkas di tanah. Sedikit terlintas di pikiran gw. Sekarang gw sendirian. ada sesuatu yang berbeda..ah..hujan malah makin deres. Gw berpikir kalau masih deres juga. Gw bakal balek base camp. Nyari hotel terdekat buat tidur.

tik tik tik..5 menitan berlalu..akhirnya hujan nya reda juga. Gw putusin buat lanjut. Lanjut jalan. Sampai di depan toilet umum eh hujan lagi. Gw neduh dulu skalian ngobrol ngobrol sama bapaknya yang jaga..hehe

Beberapa menit kemudian gw lanjutin jalan nya. Sampai di deket gapura hujan lagi..masyaallah...anugrahMu memang sangat luar biasa Tuhan..sambil neduh. Gw mikir..apa gw sanggup?emoticon-Bingung (S)Sedikit goyah..tapi masih punya niat buat solo hiking. Beberapa menit berlalu ada 2 pejantan tangguh yang turun. Mereka neduh bareng gw...alhamdullilah ada temen ngobrol batin gw. Speak speak ala cabe cabean di mulai. Gw kenalan sama 2 orang tadi..dan terjadilah tukar kontak.nggak ding..Gw yang minta kontak mereka.haha..jan..ciwik apa an gw minta kontak mereka..haha..Tujuan nya..kalo ane ada apa apa biar banyak yang ane hubungin *alibi gan emoticon-Big Grin

Spoiler for Gerbang menuju puncak andong via sawit:


Gapura Andong, 2p.m

Alhamdullilah hujan reda. Gw siap buat naik lagi. mas mas yang tadi?? mereka pulang..hoho. Setapak demi setapak ane jalan lagi. Sampai di gerbang menuju gunung Andong gw berdoa lagi. Bismillah..lancarkanlah ya Allah...emoticon-angel

Berjalan sendirian, ditemani semilir angin yang berhembus, mendung yang masih menggantung, Gw lanjutkan langkah gw. Pelan tapi teratur. Disamping kanan kiri gw persawahan dan perkebunan milik warga. Gw liat di sekitaran..sepi..nggak ada orang disana. Gw lanjut jalan..sambil berdzikir..ane percaya "Tuhan bersama sang pemberani".. jalanan tanah licin setelah si guyur hujan masih tersisa..Gw jalan pelan dan penuh hati hati..Jaga fisik perlu..karena gw sendirian...beberpa puluh langkah ane jalan.Gw udah masuk ke hutan. Gw nyebutnya pintu gunung andong. ada tangga dari bambu di sana..pelan dan penuh hati hati ane naik. 3 langkah menuju tangga gw liat ke belakang, masih nggak ada orang. Liat ke atas, juga nggak ada orang. Gw balikkan badan gw. Disana terlihat perkebunan yang hijau, serta masjid yang gagah terlihat dari kejauhan.

Dan nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang akan kamu dustakan


Setiap tiga atau lima langkahan kaki gw berenti, untuk melihat ke belakang atau sekedar beristirahat. Gw emang nggak terlalu memforsir badan gw. Kalau capek ya gw berhenti. Karena gw sendirian makanya gw yang ngatur tubuh gw.akhirnya ane sampai di Pos 1. Gw istirahat sebentar di pos satu.

Pos 1, Watu pocong

Spoiler for hasil nembak gambar:

Di pos satu ini ada gubuk kecil buat sekedar istirahat atau neduh kalau pas hujan. di pos satu juga ada tempat duduk yang di buat dari kayu. Udah memasuki hutan pinus. setelah selesai istirahat gw lanjutkan lagi perjalanan sampai pos 2..

Pos 2. Watu Gambir
Spoiler for hasil nembak:

Sampai di pos dua gw istirahat lama banget. Karena kaki gw udah mulai pegel. Mata gw udah mulai berkunang-kunang. Tenaga gw udah hampir habis. Mual kayak mau pusing badan nya nggak enak..

Setelah hampir 15 menit gw istirahat. Gw ngerasa udah siap buat nanjak lagi. Gw berjalan setapak demi setapak. Rute dari pos 2 sampai puncak memang terbilang panjang kalau di bandingkan dari pos 1 ke pos 2.

Beberapa langkah gw meninggalkan pos 2. Gw udah nggak berada di hutan pinus. Kali ini lebih ke tepian gunung. Yang sampingnya langsung kemiringan gunung (jurang kali ya). Medan nya juga lebih berat kalau di banding sama pos 1 ke pos 2. banyak batu batu besar. jalan nya nanjak banget. Gw sendiri lebih memilih jalan pelan sambil nyari tanah yang tepat buat gw pijaki.

Dari pos 2 menuju puncak ini ada mata air dari kran. airnya jernih. tapi kata temen gw dulu nggak boleh minum air mentah banyak banyak..ntar perutnya sakit. sebersih apapun airnya.

Sehabis dari pos 2 ini gw bener bener nggak nemuin pendaki lain. Asli gw sendirian. sampai pas atas mau puncak kabutnya turun.

Gw salah satu orang yang trauma sama keadaan dimana gw sendirian dan ada kabut yang turun. kaki gw langsung lemes. Takut? BANGEEEET. Tapi gw mikir ulang. kalo gw takut gw nggak bakal bisa sampe puncak sblm magrib. Alhirnya gw kalahlan rasa trauma sama rasa takut gw. Gw terjang si kabut putih dengan tetap bibir gw berdzikir. Saat ini gw sadar. Gw cuma punya satu. Yaitu YANG MAHA PEMBERI SEGALANYA. jalanan masih berkabut.

gue percepat langkah kaki gw. padahal gw tau kalo di samping kiri gw itu jurang. kalo gw nggak hati hati. sesuatu bisa terjadi sama gw. jalan nya lumayan datar. udah nggak sengetrack lagi.dan gw langsung ke puncak..

Andong peak, 1726mdpl, 3.49 p.m
Alhamdullilah ane panjatkan kepada Allah SWT. Karena Dia lah ane selamat sampai puncak andong sendirian..hoho emoticon-Cool
Di puncak ini..ane ketemu sama para generasi penerus bangsa yang buat ane salut..mereka mahasiswa mahasiswi salah satu kampus terbaik di yogya...
Dan lagi..Tuhan memang Maha Baik..ane di pertemukan sama mereka..rasa lelah pun hilang..ketakutan..kekawatiran sirna sudah...Terimakasih Allah SWT..

Spoiler for Sang generasi penerus bangsa:


setelah nyapai puncak ane nggak langsung diriin tenda. Tapi duduk dulu. Kaki gw kram. asli gw pengen nangis waktu itu. Biasanya kalo kaki gw kram. Ada doi yang selalu ngobatin. Tapi kali ini. gw bener bener sendiri. Gw luruskan kaki gw. gw agak tarik ujung kaki gw biar bisa siku. Sakit? jelas. tapi akan mendingan setelah itu. Gw tau cara itu juga dari doi.

Setelah gw istirahat sejenak. Gw cari tempat buat ngecamp. GW pilih yang deket warung yang buka sampe besok pagi. Itu pesen dari ibu ibu base camp. kalo ada apa apa biar ada yang nolongin katanya. Gw diriin tenda gw sendiri. eh enggak ding..pas mau masukin frame di bantu sama bapak bapak nya.pas udah jadi tapi blm pasang pasaknya. gw cari posisi yang wenak. udah dapet posisi yang wenak gw pasang pasaknya.

Fajar di depan Andong
Spoiler for sunrise:



Alhamdullilah..gw bersyukur banget akhirnya gw bisa solo hiking di Gunung Andong..

nggak asik kayaknya kalau pengalaman ini cuma ada di ingatan gw..hehe..

jam 6.30 gw turun..jam 7.29 udah nyampe base camp..trus pulang...
sekian trit ane..ini dulu..makasih..

Pengeluaran Solohiking versi ane
Duit yang ane kluarin buat solo hiking gan. Kebetulan gw udah punya alat sendiri. Jadi lebih nekan biaya sewa alat emoticon-Smilie
Spoiler for Pengeluaran kotor & bersih:



Dosa termanis saat ciwik naik gunung sendirian

Disini part ini gw tulis suka dukanya gw pas naik sendirian di Gunung Andong via Sawit kemaren.
Quote:
Diubah oleh jingga.senja 16-04-2016 04:53
0
4.8K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Domestik
Cerita Pejalan Domestik KASKUS Official
2.1KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.