Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

blackbox930Avatar border
TS
blackbox930
Udah berapa lama agan nabung? Share sini gan :D


Udah berapa lama agan kerja? dan Nabung juga?
Nabung buat apa?

emoticon-Malu

Jawab di komeng ya gan!
emoticon-Blue Guy Cendol (L)




Kalo boleh share, Ane tiap gajian pasti nabung. Iya bener, budaya nabung dari ane masih SD dulu emang kebawa sampe sekarang. Karena dari kecil emang udah diajarin nabung, sumber tabungannya ya dari uang jajan ane. Uang jajan ane juga dulu gak banyak. Gak sebanyak anak sekarang lha. Ya iyalah sekarang uang maraus perak gak ada harganya sekarang mah emoticon-Ngakak (S)

Tujuannya apa sih ane bikin thread ini?
Buat Sharing!
Yes, itu aja. Supaya bisa saling sharing dan kita semua punya motivasi untuk menabung dan gak boros di pengeluaran. Terutama kita-kita yang gajinya gak banyak ya gan. Kalo punya gaji banyak atau unlimited mungkin udah gak jadi prioritas kita.



Mulai Kapan Kerja?

Ane lulus SMK sebenernya lanjut kuliah. Awal-awalnya dibiayain ortu sampe beberapa semester. Di awal-awal kuliah waktu belom banyak tugas, ane mulai kerja-kerja freelance. Dapet kerjaan freelancenya darimana? dari temen-temen ane juga. Apapun dikerjain, yang penting kan halalnya. Jadi tukang ojek anter-jemput temen, kolektif fotokopi materi kuliah, Jagain warnet, dan serabutan lainnya. Sampe kalo dihitung-hitung ya penghasilannya lumayan, buat jajan sama biaya kuliah sendiri ketutup lah.
Ane emang gak bener-bener nabung disini. Karena uang hasil kerjanya ya kepake buat biaya kuliah. Jadi kalo ditanya kapan mulai kerja, ya dari mulai masih mahasiswa. Dari situ penghasilannya ditabung buat biaya kuliah.

Kapan Mulai Nabung?

Dari Masih SD.
Yang pasti kalo ditanya kapan mulai nabung sih ya dari masih SD. Masih inget kok sepeda pertama ane waktu kelas 4 SD beli itu dari hasil tabungan ane. Jadi kalo ada uang dari om/tante pas masih kecil ane tabungin buat beli barang kepengenan ane nantinya. Ini emang diterapin di keluarga. Kalo mau beli sesuatu ya nabung sendiri. Kalau kurang dikit, baru ditambahin sama babeh. Itu pun kalo babeh lagi punya uang atau lagi berbaik hati setelah dibujuk anaknya buat minta tambahin emoticon-Ngakak (S)Kalo sekarang karena udah gede *apanya yang gede?* emoticon-Malu, Ya kalo sekarang mau punya sesuatu kudu beneran nabung sendiri.

Nabung Buat Apa Sih?

Buat ngumpulin uang.
Iya kok, gak salah. Itu emang tujuannya kan? emoticon-Malu
Tapiiii... Makin kesini kita makin sadar dong. Kalo nabung bukan untuk sekedar ngumpulin uang. Nabung juga untuk memenuhi kebutuhan kita yang nilainya lebih besar dan gak ketutup dengan gaji sebulan. Kayak beli motor, mobil, ataupun rumah. Naaaah, tapi sebenernya nabung bukan buat memenuhin kbutuhan kita aja. Nabung juga sebagai dana cadangan kalau ada kebutuhan mendesak, kayak anak sakit yang kadang butuh biaya lumayan.
Dulu, waktu abis lulus kuliah dan beneran kerja. Ane nabung buat beli Motor, Meski pada akhirnya ane nyicil motor dengan DP 50%. DP motor segitu kan lumayan tuh. Sambil tetep nabung (walau gak banyak) dan nyicil motor juga kepikiran lagi karena pengen beli rumah sendiri. Ya siapa sih yang gak mau beli rumah sendiri. walaupun saat itu ane belum nikah emoticon-Shutup Cicilan motor lunas, ane masih tetep nabung juga kok.
Abis gitu mulai bikin target beli rumah, akhirnya setelah banyak pertimbangan ane ambil rumah pake KPR CIM* Niaga. Ngajuin pinjaman kepemilikan rumah juga gak sulit ternyata. Karena pas nyari2 dulu ane nyangkut di webnya cim* niaga (https://www.cimbniaga.com/in/persona...ortgage.html), terus isi data disono dan malah dapet penjelasan via telpon dari pihak banknya emoticon-Recommended Seller
Nyicil rumah jalan 2 tahun, ane kimpoi dan nempatin rumah hasil keringet sendiri deh. Biaya kimpoi juga hasil nabung sedikit-sedikit karena sambil nyicil rumah kan.


Pada akhirnya, ane belajar bahwa kita gak akan rugi kalo nabung. Uang hasil tabungan pasti ada tempatnya.
Tapiiii... Tetep aja kita harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan.
Ane beli motor baru karena selama kerja ngangkot terus dan lebih boros pengeluarannya. Kalo rumah, ya karena mikir harganya tiap tahun naik dan sebagai kebutuhan primer juga. Kalo Nikah, ya semua orang juga butuh menghalalkan gan emoticon-Ngakak (S)


Pertanyaannya:

Udah berapa lama agan kerja? dan Nabung juga?
Nabung buat apa?

emoticon-Malu



Share di komentar ya gan.
Supaya kita semua punya motivasi untuk nabung dan gak kesulitan kalau ada kebutuhan mendesak!
thanks gan!
emoticon-Angkat Beer

Diubah oleh blackbox930 07-06-2016 22:06
0
2.3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.