metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Ada Ruang Bawah Tanah di Bundaran HI


Metrotvnews.com, Jakarta: Bundaran Hotel Indonesia telah menjadi salah satu icon Kota Jakarta. Di samping terdapat monumen Selamat Datang, juga ada air mancur lengkap dengan berbagai lampu hiasnya.


Di bawah monumen patung sepasang manusia yang sedang menggenggam bunga dan melambaikan tangan, ternyata terdapat ruangan. Ruang bawah tanah tersebut ditinggali oleh beberapa petugas penjaga. "Ada penjaganya. Penjaganya itu 24 jam," kata salah satu petugas di Bundaran HI, Minggu (29/5/2016).


Untuk masuk ke ruang bawah tanah tersebut, terdapat dua pintu masuk. Ada pintu yang berada dekat Hotel Kempinski dan pos polisi Bundaran HI. "Itu untuk mengontrol air dan lampu kolamnya. Kalau ada kerusakan, maja penjaga langsung memperbaikinya," terangnya.




Pintu masuk ruang bawha tanah di Bundaran HI--Metrotvnews.com/Annisa Ayu Artanti.


Di dalam ruang bawah tanah tersebut juga terdapat alat pendingin ruangan. Selain itu juga terdapat beberapa panel listrik yang berfungsi mengatur lampu-lampu di bundaran HI.


Ada satu orang yang berjaga pada malam hari, dan dua orang yang berjaga pada siang hari. "Sekarang lagi enggak ada yang jaga di luar. Di dalam ada kali. Biasanya tidur dulu siang, nanti malam hari baru jaga," terangnya.


Petugas tersebut menceritakan, tangga yang menuju ke ruang bawah tanah terbuat dari besi yang menempel ke dinding. Luas ruang bawah tanah tersebut hanya sekitar 5 x 3 meter persegi.


"Kalau mau hari kerja ngobrol sama kepala penjaganya. Kalau mau tanya lengkapnya sama Petugas pertamanan," terangnya.




Ilustrasi--Para pekerja saat membersihkan lumut yang menempel di lantai kolam Bundaran HI, Jakarta, Selasa (24/5)--MI/Galih Pradipta.




Patung selamat datang dibangun pada tahun 1962 dalam rangka Asian Games IV yang diadakan di Jakarta. Di tahun 2002, Bundaran Hotel Indonesia direstorasi oleh PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan penambahan air mancur, desain kolam baru, dan pencahayaan.


Bundaran ini berada di tengah persimpangan jalan M.H. Thamrin dengan Jalan Imam Bonjol, Jalan Sutan Syahrir, dan Jalan Kebon Kacang.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...di-bundaran-hi

---

Kumpulan Berita Terkait DKI JAKARTA :

- Ada Ruang Bawah Tanah di Bundaran HI

- Festival Palang Pintu Sajikan Aneka Kuliner Khas Betawi

- DPRD DKI Jakarta Usulkan Pemilik Mobil Wajib Miliki Garasi

0
50.1K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medcom.id
Medcom.idKASKUS Official
23KThread601Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.