Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

politicusAvatar border
TS
politicus
ICW : Ahok salah artikan diskresi
ICW : Ahok salah artikan diskresi



Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz, mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok salah mengartikan diskresi dalam proyek reklamasi Teluk Jakarta. 

"Ini menurut saya tidak tepat disebut sebagai sebuah diskresi. Karena, unsur-unsur diskresi dan cara-cara menggunakan diskresi juga diatur dalam undang-undang administrasi pemerintahan," kata Donal saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (26/5).

Menurut Donal, Ahok seharusnya terlebih dahulu melaporkan kepada atasannya langsung sebelum bertindak. Namun, lanjut dia, hal itu ternyata itu tidak dilakukan oleh mantan bupati Belitung Timur tersebut.

"Atasan langsungnya kan menteri dalam negeri. Jadi, menurut saya ini tidak tepat disebut diskresi karena tidak tepat terpenuhi unsur-unsur diskresi menurut undang-undang administrasi pemerintahan," jelas aktivis antikorupsi tersebut.

Berdasarkan Pasal 1 Nomor 9 Undang-Undang 30/2014, diskresi adalah keputusan dan/atau tindakan yang ditetapkan dan/atau dilakukan oleh pejabat pemerintahan untuk mengatasi persoalan konkret yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam hal peraturan perundang-undangan yang memberikan pilihan, tidak mengatur, tidak lengkap atau tidak jelas, dan/atau adanya stagnasi pemerintahan.


Dalam Undang-Undang Nomor 30/2014 Pasal 22 ayat 1 memang dinyatakan diskresi hanya dapat dilakukan oleh pejabat pemerintahan yang berwenang. Ahok benar dalam hal itu, dia mempunyai hak untuk melakukan diskresi. Namun, Ahok lupa bahwa diskresi tersebut berpotensi melanggar semua peraturan yang ada.

http://m.republika.co.id/berita/nasi...tikan-diskresi

Setelah tim Ahok menyerang Tempo, sekarang ICW bersemangat serang Ahok! makin menarik nih... dalam politik tak lawan dan kawan abadi
Diubah oleh politicus 26-05-2016 18:32
0
2.5K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.