• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pembekuan Ground Handling: Maskapai Merugi, Pemerintah Sudah Evaluasi?

davis166Avatar border
TS
davis166
Pembekuan Ground Handling: Maskapai Merugi, Pemerintah Sudah Evaluasi?


Baru-baru ini, sebuah maskapai Indonesia tengah menjadi sorotan Gan! Lion Air mendapat sanksi yaitu pembekuan izin Ground handling oleh Kementrian Perhubungan. Pada tau ground handling Gan?

Ground handling adalah semua kegiatan pelayanan yang sifatnya berada di darat atau ground. Layanan ini mencakup banyak kegiatan, mulai dari proses check in, pelayanan bagasi, hingga penumpang diarahkan masuk ke pesawat untuk terbang. Tapi berdasarkan beberapa berita yang ane pantau, maskapai Lion Air tetap beroperasi dan melayani berbagai rute penerbangan. Lah terus gimana bisa tetap beroperasi Gan?

Quote:


Singkatnya Lion air menerapkan sistem self handling alias pelayanan kepada penumpang dilakukan oleh karyawan Lion itu sendiri. Makanya pembekuan ini tidak berdampak pada rute penerbangannya,d an Lion air tetap melayani penerbangan seperti biasa.

Quote:


Lion Air mencoba mencari solusi untuk bisa terus beroperasi Gan, karena kan gak mungkin kalau tiba-tiba berhenti beroperasi, gimana nasib penumpang-penumpang yang udah beli tiket, juga nasib orang-orang kayak ane gini yang masih membutuhkan maskapai ini.

Sejujurnya ane cukup tergelitik dengan kasus ini. Karena sebgai konsumen, ane mencoba melihat dari dua sisi dan tidak ingin menghakimi siapa-siapa nih Gan. Kalau ane melihat opersional di bandara Soekarno-Hatta itu sendiri, menurut ane memang masih perlu banyak perbaikan juga sih. Kayaknya perlu deh pemerintah interospeksi dulu terkait pembenahan fasilitas dan layanan kebandaraan nasional. Soalnya kan akar permasalahannya itu balik lagi ke pesoalaan fasilitas dan pelayanan bandara.



Menurut artikel yang ane baca di sini, bandara-bandara internasional seperti Soekarno-Hatta, Jakarta dan Igusti Ngurahrai, Bali telah kelebihan kapasitas Gan! Jadi, karena kapasitasnya yang berlebih itu, sejumlah pesawat aktif diparkir di remote area. Terlebih, saat penumpang akan boarding sebagian harus berjalan menuju pesawat tanpa melalui garbarata.

Quote:


Nah loh, ternyata kasus serupa banyak terjadi Gan. Ada baiknya pemerintah juga berkaca dan melakukan evaluasi secara berkala demi kebaikan maskapai-maskapai di Indonesia. Ya udah sewajarnya kan kalau maskapai juga menuntut pelayanan yang baik, karena maskapai sudah mengeluarkan biaya untuk fasilitas tersebut, belum lagi fasilitas tersebut juga nantinya akan dirasakan sama pelanggan, imbasnya juga ke pelayanan maskapainya itu sendiri kan Gan?

Gimana agan memandang permasalahan ini? Ditunggu komen berkualitasnya Gan emoticon-Big Grin




0
3.4K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.