BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Indonesia konsumen mi instan terbesar kedua dunia

Suasana pembuatan mi di pabrik Sarimi, salah satu grup Indofood, di Bekasi, 13 Juni 2001.
Mi instan bagi orang Indonesia agaknya serupa dengan kari bagi bangsa India. Ini memang bukan pembandingan jitu, tapi setidaknya memperlihatkan kuatnya citra makanan kemasan itu dengan Indonesia. Dan meski konsumsi mi instan Indonesia masih di bawah Tiongkok, angkanya sungguh fantastis: 13,2 miliar bungkus per tahun.

Data 2015 itu menempatkan Tiongkok, Indonesia, dan Jepang--berturut-turut--sebagai tiga negara teratas penyantap mi instan. Laman Asosiasi Mi instan Dunia (WINA) menunjukkan persentase konsumsi mi instan Indonesia dibandingkan dengan dunia mencapai kira-kira 13,5 persen. Dari jumlah keseluruhan konsumsi mi instan dunia sebesar 97,7 miliar bungkus per tahun pada 2015, Tiongkok mencatatkan 40,4 miliar bungkus dan Jepang 5,5 miliar bungkus.

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, angka itu memang mengalami penurunan. Jika melihat data WINA sepanjang 2011-2015, penurunan mulai terjadi sejak 2013.

Sebagai informasi pelengkap, jajak pendapat yang dilakukan oleh FT Confidential pada 2015 menunjukkan bahwa 87 persen kelas menengah di Indonesia secara rutin mengonsumsi mi instan.

Ketua Asosiasi Industri Roti, Biskuit, dan Minuman (Arobim) Sribugo Suratmo mengatakan rumah tangga Indonesia tidak lagi menganggap mi instan sebagai makanan ringan, tapi menu sampingan. Dilansir laman Indonesia Investments, sekitar 15 miliar bungkus mi instan bakal terjual hingga akhir 2016. Taksiran itu berdasar atas adanya peningkatan daya beli konsumen, selain kian dekatnya Ramadhan pada awal Juni.

Dikutip laman yang sama, periode puasa bagi umat Islam tersebut biasanya memicu terdongkraknya konsumsi--pada mi instan, kenaikannya berkisar 10 persen hingga 15 persen.

Sejauh ini, pangsa pasar mi instan masih dipegang oleh Indofood Sukses Makmur dengan persentase 72 persen ([URL="http://www.indonesia-investments.com/news/todays-headlines/instant-noodles-market-indonesia-difficult-toS E N S O Rpete-with-indomie/item6397"]data 2014[/URL] ). Di bawahnya setingkat ada Wings Group dengan 14,9 persen pangsa pasar yang disusul Conscience Food Holding (2,6 persen). Perusahaan lain seperti ABC Presiden Indonesia, Jakarama Tama, Medco Group, Nissin Food Holdings, dan Delifood Sentosa [URL="http://www.indonesia-investments.com/news/todays-headlines/instant-noodles-market-indonesia-difficult-toS E N S O Rpete-with-indomie/item6397"] tidak memiliki cukup daya[/URL] untuk menyundul.

Indonesia Investments menulis kedigdayaan Indofood tidak membuat penanam modal asing mundur. Perusahaan Jepang Mitsubishi Corporation memiliki porsi 34 persen saham di Nissin Foods Indonesia, unit lokal Nissin Food Holdings pada Desember tahun lalu. Mitsubishi mengaku optimistis mengenai peluangnya di negeri ini.

Wajar jika Jepang masih percaya diri dengan investasi itu. Pasalnya, menilik sejarahnya, mi instan memang lahir di Jepang pada 1958, lebih dari 10 tahun setelah Jepang kalah dalam Perang Dunia II. Saat itu, dilansir laman WINA, televisi sebagai media baru ikut mengubah pola konsumsi khalayak. "Ramen ayam", mi instan pertama, ditemukan oleh Momofuku Ando dan ia berhasil memungkinkan produksi massal mi tersebut. Karena dianggap sebagai produk pendobrak, mi itu disebut sebagai "ramen ajaib".


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ar-kedua-dunia

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
100.5K
750
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread730Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.