Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gd1930Avatar border
TS
gd1930
HEBOH!! JOKOWI Hancurkan KMP & Berhasil Rontokkan Kekuatan KMP (HOT) Berita Terkini


Kemenangan Pemerintah Presiden Jokowi melakukan politik akomodasi terhadap parpol-parpol oposisi telah merontokkan Koalisi Merah Putih (KMP), gabungan partai pendukung Prabowo-Hatta pada Pilpres 2014 lalu.

KMP yang semula terdiri atas beberapa parpol besar (Golkar dan Gerindra) dan menengah (PPP, PKS, dan PAN) kini secara de facto mungkin sudah berubah menjadi "Koalisi Mendukung Prabowo (Subianto)" saja.

"Sebab kini praktis hanya Gerindra dan PKS saja yang masih tersisa, itupun oleh partai berlambang kepala Garuda itu sudah dinyatakan bubar," ungkap peneliti senior AS Hikam (Rabu, 18/5).

Menurutnya, jika PKS juga berhasil dirangkul oleh Pemerintahan Jokowi, tentu semakin jelas bahwa koalisi oposisi yang semula sangat garang dan tampil menjanjikan itu telah "sirna hilang kertaning bhumi" alias "wassalam".

"Inilah koalisi yang parpol yang paling pendek usianya pada era pasca-reformasi, yakni satu setengah tahunan," tandas Menristek era Pemerintahan Abdurrahman Wahid ini.

Setelah PPP dan PAN, Munaslub Partai Golkar yang ditutup kemarin secara resmu memutuskan partai berlambang pohon beringin itu keluar dari KMP dan mendukung pemerintahan Jokowi-JK. Dalam Munaslub tersebut, terpilih sebagai Ketua Umum Setya Novanto.
0
5.2K
69
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.