Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Buah Impor China Dilapisi Lilin Agar Awet, Amankah Untuk Kesehatan

wickycanggar97Avatar border
TS
wickycanggar97
Buah Impor China Dilapisi Lilin Agar Awet, Amankah Untuk Kesehatan
Selamat pagi agan dan sis yang udah mau mampir ke thread ane yang sederhana ini emoticon-Salaman


Pasar buah-buahan di dalam negeri hingga kini masih dibanjiri serbuan buah impor. Buah subtropis tersebut sebagian besar didatangkan dari China seperti apel, jeruk, anggur, pir, dan sebagainya.

Ketua Umum Asosiasi Eksportir Importir Buah dan Sayuran Segar Indonesia (Aseibssindo), Khafid Sirotudin mengungkapkan, supaya awet, buah-buahan impor dari China tersebut umumnya diawetkan dengan waxed (lilin).

"Kebanyakan dari China pakai waxed supaya bisa awet dan mengkilat," kata Khafid kepada detikFinance, Senin (9/5/2016).

Penggunaan lilin untuk mengawetkan buah, ujar Khafid, telah umum dipakai di industri perkebunan buah dunia. Penggunaan lilin untuk pelapisan kulit buah juga telah diizinkan oleh lembaga-lembaga kesehatan dunia.

"Memang waxed kimia, tapi selama dalam kadar tertentu yah aman. Kan ada takarannya, itu umum dipakai dan dibolehkan oleh lembaga-lembaga kesehatan dunia," jelasnya.

Menurutnya, ada metode pengawetan buah selain waxed, yakni controlled atmosphere atau CA. Proses dilakukan dengan jalan mengurangi kadar oksigen dan menambah karbon dioksida. Pengawetan ini umum dipakai oleh perusahaan-perusahaan di Jepang.

"Kalau pakai controlled atmosphere itu buah seolah dipingsahkan selama 6-7 bulan. Dari sisi biaya sama sebenarnya dengan waxed, tapi China kan produksi buahnya sangat banyak, sementara pakai CA butuh ruang besar. Wajar apel Jepang lebih mahal kan," tutur Khafid.

Nah itu dia informasi yang ane bawa hari ini . Gimana menurut agan tentang hal ini ? boleh kasih komentar agan dan sis ya emoticon-Toast
0
4.4K
36
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.