Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ardisutrisnoAvatar border
TS
ardisutrisno
[Infografik] Akhirnya, Partai Golkar Perkuat Pemerintahan Jokowi


Ketua Umum Partai Golkar terpilih, Setya Novanto memastikan partai yang dipimpinnya mendukung pemerintah. Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada Rabu lalu (17/05) mencabut hasil Munas pada 2014 tentang posisi partai dalam Koalisi Merah Putih (KMP) dan kini Golkar mendukung Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sekretaris Pimpinan Sidang Munaslub, Siti Aisyah menjelaskan bahwa doktrin partai untuk berkarya dalam pembangunan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat menjadi alasan Golkar beralih koalisi.

Koalisi Merah Putih merupakan gabungan partai pendukung pasangan Prabowo dan Hatta Rajasa saat pemilihan presiden lalu. Koalisi ini awalnya beranggotakan PartaiGerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Meski sempat unggul saat pemilihan pimpinan DPR dan MPR bersama Partai Demokrat, KMP perlahan ditinggal anggotanya. Dimulai dari PAN, disusul PPP kubu Romahurmuziy, dan kini giliran Golkar yang hengkang. Praktis, koalisi ini tinggal menyisakan Partai Gerindra dan PKS.

Masuknya Golkar, menambah suara Koalisi Indonesia Hebat di Dewan Perwakilan Rakyat. Koalisi parpol pendukung pemerintah kini menguasai 386 suara. Adapun KMP hanya bersisa 113 dari 560 kursi DPR, sedangkan Partai Demokrat pemilik 61 kursi sebagai penyeimbang atau non-koalisi.

Sumber: Partai Golkar Merapat ke Jokowi
0
2.1K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.