Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

funkadelik69Avatar border
TS
funkadelik69
tempat wisata yang menarik Di Cilacap.
Selamat malam agan - agan semua penghuni kaskus, ini thread pertama ane yang newbie karena sebelumnya silent rider.hehehe..


T
  • hread kali ini ane akan memberikan infromasi seputar tempat wisata yang keren dan bagus di daerah Cilacap. Cilacap merupakan tempat tinggal dan tumbuh ane dari kecil meskipun dulu .Cnomaden. Mungkin nama tempat ini sedikit asing ditelinga orang-orang. Apalagi orang-orang kota atau luar pulau jawa.Cilacap itu masih di Indonesia, tepatnya ada di Jawa Tengah. Cilacap memiliki daerah terluas di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, jadi pesona pantai di Cilacap sangat beragam. Selain itu Cilacap juga memiliki perpaduan budaya Sunda dan Jawa Barat karena berada di perbatasan kedua provinsi tersebut.


Berikut adalah tempat wisata di cilacap yang wajib anda kunjungi :

1. Pantai teluk Penyu[/B]
Pantai Teluk Penyu menjadi pantai yang sangat terkenal di Cilacap, lokasinya sangat mudah dicapai karena berada tidak jauh dari pusat kota atau tepatnya berada di Kecamatan Cilacap Selatan. Disini agan akan mendapatkan sebuah pantai dengan ombak yang sangat besar dengan pemandangan Pulau Nusakambangan yang terlihat jelas diseberangnya.Dulunya di pantai ini banyak sekali berdatangan untuk bertelur makanya dinamankan telurk penyu, namun karena ulah manusia - manusia usil sekarang tinggal penyu yang diair keras yang di jual di toko - toko oleh - oleh dekat pantai.


2. Benteng Pendem
Benteng Pendem di Cilacap ini merupakan peninggalan Belanda saat masa penjajahan dulu. Dalam bahasa Belanda benteng ini sering disebut dengan “Kusbatterij Op De lantong Te Tjilatjap”. Benteng ini terletak 0,5 km ke arah selatan dari Obyek Wisata Teluk Penyu dan berada di atas tanah seluas 6,5 Ha, di kawasan Pantai Teluk Penyu Cilacap. Benteng Pendem ini merupakan markas pertahanan tentara Hindia-Belanda yang dibangun secara bertahap pada tahun 1861-1879.Setelah Belanda berakhir, benteng ini dimanfaatkan tentara Jepang sebagai markas, kemudian setelah Jepang pergi, benteng ini juga sempat dijadikan markas TNI dan sempat dimanfaatkan sebagai markas untuk latihan pasukan KOPASSUS yang terkenal mengerikan itu. Sekarang, Bangunan Benteng Pendem ini masih kokoh berdiri, dengan dikelilingi parit. Di dalam Benteng Pendem ini memiliki 60 kamar/ barak, benteng pengintai, gudang senjata, terowongan, ruang penjara, ruang rapat, ruang amunisi, ruang tembak dan 13 tempat-tempat penting untuk pertahanan yang dikelilingi oleh pagar dan parit serta tertimbun tanah sedalam 1-3 meter. Dan konon, di benteng Pendem ini terdapat terowongan juga yang menembus sampai samudra Hindia. Terowongan ini dapat digunakan prajurit untuk meloloskan diri jika situsasi terdesak.


3. Pulau Nusakambangan
Pasti agan - agan tidak asing dengan pulau nusakambangan, pulau khusus untuk tahanan (Narapidana) kelas kakap semua ada disana ibaratnya kaya alchatraznya indonesia. Nusakambangan tidak selalu seseram namanya dan tempatnya, namun dipulai itu tersimpan keindahan alam yang bisa agan dan sis nikmati dengan pasir putihnya, karang - karangnya, benteng - benteng peninggalan dari belanda yang sebagian termakan usia serta flora fauna yang masih ada dipulau tersebut. Untuk ke pulau nusakambangan bisa diakses dengan 2 cara pertama menggunakan kapal kecil (compreng) cukup bayar Rp. 10.000 akan di antarkan ke bibir pulau namun tidak bisa masuk lebih dalam. Cara kedua dengan lewat pelabuhan permisan disana lebih ketat karena dijaga oleh petugas sana dan jika kita masuk harus ada pengawasan karena kita langsung menuju lapas utama di pulau itu.


4. Benteng Karang Bolong
Benteng Karang Bolong ini memiliki luas sekitar 6000 m2 dan memiliki 4 lantai. 2 lantai berada di atas permukaan tanah sedangkan 2 lantai di bawahnya berada di bawah tanah. Penempakan Benteng Karang Bolong ini terkesan sangat angker, tetapi kemegahan juga masih jelas terlihat, dengan 3 benteng utama, dimana salah satunya adalah benteng yang bertingkat tiga yang memiliki ruang rapat besar. Ketika agan atau sis memasuki Benteng karang Bolong ini agan akan mendapati meriam belanda yang masih utuh, karena dulu benteng ini difungsikan sebagai benteng pertahanan, untuk menyerang kapal-kapal musuh yang berada di laut. Selain meriam, didalam benteng juga terdapat ruang penyiksaan, ruang penjara, ruang senjata, ruang prajurit , dan ruang logsitik. Dan benteng ini juga memiliki lobang lobang yang berfungsi untuk mengintai musuh. Benteng karang Bolong sekrang menjadi salah sati situs peninggalan yang paling bersejarah, menjadi saksi bisu detik-detik kemerdekaan Indonesia


5. Pantai Widara payung
Pantai ini dinamakan Pantai Widarapayung karena letaknya yang berada di daerah desa Wiradapayung yang berjarak sekitar 35 km ke arah timur Cilacap di kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Di pantai ini sangat cocok untuk berselancar selain juga mempunyai panorama yang indah dan tentunya sangat asyik untuk bersama dengan kekasih gan asal jangan mesum aja situ. Pada saat Tsunami pada 17 juli 2006 yang menyebabkan pantai Wiradapayung ikut porak poranda kemudian setelahnya berbagai fasilitas yang sempat hancur di pantai ini dibenahi dan dibangun kembali. Semua jalan telah dibuat diperbaiki sehingga para pengunjung maupun para wisatawan bisa berkendara menyusuri jalan sepanjang pantai dengan lebih nyaman.


6. Pantai Permissan
Pantai Permisan berada di Pulau Nusakambangan, pantai ini masih tetap terjaga keasrian dan kealamianya. Dengan pasirnya yang putih, hembusan angin pantai yang semilir dan deburan ombak yang terasa menambah kenyamanan berada di pantai ini. Untuk sampai menuju pantai permissan ini, agan harus menyebrang ke pulau Nusakambangan dari Pelabuhan Lo Manis ke pelabuhan Sodong dengan menggunakan kapal Feri. Dari Pelabuhan sodong barulah para pengunjung dapat menuju ke Pantai Permisan dengan menggunakan transportasi darat angkutan umum seperti bus atau lainnya. Dipantai permisan ini anda bisa melihat jajaran pulau kecil yang menawan dan sangat eksotis.


7. Sedekah Laut
Selain tampat wisata yang telah diuraikan diatas, Cilacap juga memiliki tradisi yang sampai hari ini masih tetap dijaga kelestariannya yaitu sedekah laut atau yang biasa dikenal dengan larung sesaji.Menurut ceritanya, Sedekah Laut adalah salah satu budaya di Cilacap yang sudah turun temurun berlangsung sejak zaman pemerintahan Adipati Cakrawerdaya III pada tahun 1817. Akan tetapi, tradisi tersebut sempat terhenti dan dihidupkan kembali semasa Bupati Poedjono Pranjoto pada tahun 1982 hingga saat ini.Sedekah laut merupakan acara tahunan dengan melakukan pelarungan sesaji berupa makanan dan kepala kerbau ke tengah laut. Acara ini biasa di laksanakan di teluk penyu, biasanya sebelum di larungkan sesaji di arak terlebih dahulu sepanjang perjalanan menuju teluk penyu.
Biasanya sedekah laut di Cilacap itu dilakukan pada bulan Oktober, sedekah laut dilaksanakan pada hari Jum’at Kliwon tanggal 23 Oktober, jadi jika anda ke Cilacap pada bulan itu, agan bisa menyaksikan meriahnya budaya tahunan khas Cilacap ini.


Oke mungkin ini dulu yang bisa ane infromasikan untuk agan - agan semua, semoga bisa bermanfaat.

ane mengharapakan emoticon-Toast
Jangan dikasih emoticon-Blue Guy Bata (L)

Terima kasih.

Sumur :
http://wisataweb.com/
http://tempatwisataunik.com/
0
3.9K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.