Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Urusan islami, Denpasar lebih unggul dari Banda Aceh

Warga Denpasar, Bali, mengusung Ogoh-ogoh. Maarif Institute baru-baru ini menempatkan Denpasar sebagai tiga besar kota paling islami di Indonesia dalam Indeks Kota Islami.
Maarif Institute tidak memandang Islam sebatas identitas, tapi nilai. Karenanya, ketika lembaga itu merilis Indeks Kota islami, tolok ukurnya adalah tingkat keamanan, kesejahteraan, dan kebahagiaan. "Kami memahami kota Islami dalam perspektif yang lebih luas, berbeda dengan istilah kota Islam atau kota syariah," ujar sang direktur eksekutif, Fajar Riza Ul Haq, dikutip Kompas (16/5),

Maka, penelitian lembaga tersebut atas 29 dari 93 kota di Indonesia selama nyaris setahun menempatkan kota yang tidak dikenal sebagai kota islami dalam pengertian lazim ke tangga teratas. "Dari kota-kota yang diteliti, tidak ada kota yang menerapkan Perda Syariah masuk dalam rangking 10 besar," kata Direktur Riset Maarif Institute Ahmad Imam Mujadid Rais.

Yogyakarta, Bandung, dan Denpasar pun berada di tiga besar indeks dengan nilai 80,64. Skor ini jauh di atas Banda Aceh (69,62) atau Padang Panjang (61,67), kota-kota yang pemerintahannya mengeluarkan peraturan berbasis hukum agama. Penduduk Denpasar mayoritas Hindu, tapi "apakah kemudian bisa disebut islami dari sisi nilai-nilai? Saya kira iya," ujar Rais dilansir Detik.

Maarif Institute menyandarkan penelitiannya pada data 2014 milik Kementerian Dalam Negeri. Data-data termaksud mencakup hasil survei dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan data-data peraturan daerah. Selain itu, lembaga juga mengangkut angka kriminalitas ke pihak kepolisian.

Rais mengatakan timnya menyusun puluhan indikator untuk tiap variabel kunci dengan berbasis data sekunder. Dari penyusunan itu, ia mengaku menemukan banyak hal menarik yang satu di antaranya adalah absennya korelasi langsung antara komposisi pemeluk agama Islam dengan tingkat keislamian sebuah kota.

"Pemberlakuan regulasi berbasis syariah di beberapa kota tidak menjamin kota tersebut lebih tinggi tingkat keislamiannya dibanding kota yang tidak menerapkan produk hukum sejenis," ujarnya.

Dalam konferensi pers untuk memperkenalkan program penetapan indikator keislamian tahun lalu, Maarif Institute menyatakan bahwa metodologi penelitian berakar dari maqashid syariah (maksud dan tujuan penerapan syariat Islam) yang populer dalam tradisi ushul fiqh. Dilansir laman Islamlib, maqashid syariah mewadahi enam prinsip, yakni menjaga harta benda, menjaga kehidupan, menjaga akal, menjaga agama, menjaga keturunan, dan menjaga lingkungan.

Keenam asas itu yang lantas dijadikan alat ukur bagi Maarif Institute bahwa kota islami adalah kota yang aman, sejahtera, dan bahagia.

Ada pun, latar belakang Maarif Institute menggelar penelitian ini adalah posisi Indonesia sebagai salah satu negara dengan pemeluk Islam terbesar dunia. Namun, ajaran dan nilai Islam "belum diwujudkan dalam pola kehidupan sehari-hari, termasuk oleh para pemangku kebijakan," ujar Rais dilansir Republika pada awal Februari silam.

Selain itu, penerbitan indeks didorong oleh laporan terbitan The Cordoba Initiative bertajuk "The Sharia Index Project" yang menempatkan Indonesia di posisi ke-140 dalam hal tingkat keislamian. "Ini jadi pertanyaan. Mengapa Indonesia yang mayoritas muslim berada pada posisi 140," ujarnya.

Daftar lengkap kota-kota dalam Indeks Kota Islami produk Maarif Institute:
Yogyakarta80.64 Bandung80.64Denpasar80.64Bengkulu78.40Pontianak78.14Serang77.82 Metro77.50Semarang75.58Palembang74.36Malang73.72Ambon73.53 Surakarta72.66Salatiga71.22 Mataram70.71Manado70.10Batam69.94Surabaya69.74 Tasikmalaya69.65Banda Aceh69.62Jayapura68.53 Banjarmasin66.79Palu66.15Pangkalpinang65.71 Jambi63.91Tangerang61.99Padang Panjang61.67Kupang59.39Padang58.37Makassar51.28

Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ari-banda-aceh

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread734Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.