gam34lifeAvatar border
TS
gam34life
Peer to Peer Lending sekarang masuk Indonesia gan
Quote:


PEER TO PEER LENDING
TS bukan expert, bukan juga cewe yang ga bisa salah, TS cuma sekedar mau berbagi berita yang lagi hot di koran. Siapa tau ada suhu yang udah pernah cobain p2p lending bisa share juga dimarih. Sebelum ane mulai, CMIIW yah.
======================================================================================================================================


Apaan sih Peer to Peer Lending?
Quote:

Secara umum Peer to peer lending / p2p lending / crowdfunding adalah kegiatan pinjam-meminjam uang antar individu atau perusahaan melalui platform online yang mempertemukan langsung antara pendana dan peminjam.


Sejarah nya gan
Peer to peer lending pertama muncul di Inggris pada tahun 2005 gan. Walau terhitung masih baru, namun perkembangan peer to peer lending ternyata sangat besar sehingga akhirnya merambah ke banyak negara seperti Amerika (2006), China, Australia (2012), New Zealand (2014), India (2012), Sweden (2007), Israel (2014), Canada (2015) bahkan Brazil.
Peer to peer hadir sebagai solusi peminjaman bagi para UKM di negara2 tersebut. Sedangkan para pendana yang membiayai pinjaman juga diuntungkan karena mendapatkan bunga dari uang yang dipinjamkan. Bunga yang diterima oleh pendana juga relatif lebih tinggi dibandingkan produk investasi dengan modal sejenis.


Cara kerja Peer to Peer Lending :
Quote:

(Source : www.koinworks.com)
Inti dari peer to peer adalah kita bisa pilih mau minjemin atau pinjam dana yang semuanya diatur oleh platform p2p nya gan. Sehingga ada banyak cara bagaimana para Pendana dan Peminjam berinteraksi dalam platform. Biasanya semua itu diatur oleh platform nya masing2, beda tempat, pasti beda cara.
Tapi intinya adalah, mau jadi pendana ataupun peminjam. Agan harus lebih dahulu mendaftar (ya jelas lah ya). Bagi yang mau minjem duit, harus kasih tau berapa yang mau dipinjem, untuk kebutuhan apa dan berapa lama minjem nya. Nanti setelah akun nya disetujui, permohonan pinjaman agan akan di posting di website p2p nya dan agan2 lain yang mau jadi pendana sudah bisa membiayai. Jumlah minimal pembiayaan juga tergantung dari platform nya, kalau dari KoinWorks dari Rp 100.000,- udah bisa gan.


Terus Untung nya P2P apaan gan?
Buat yang mau minjem ya jelas dapet duit lah. Selain bunga yang relatif lbh murah dari bank, di P2P lending biasanya syarat ga ribet, kagak seperti minjem di bank. Proses nya juga online, jadi sambil nge-dota juga masih bisa apply emoticon-Stick Out Tongue
Buat loe loe pada yang mangkal terus di FJB dan ga jelas mau beli apaan, bisa taro duit nya disini dulu. Bunga P2P lebih gede dari kebanyakan deposito dan biasanya nominal yang dibutuhin gak gitu gede.
Soal bunga, biar lebih jelas liat gambar dibawah aja dah :
Spoiler for P2P (lending club) vs Depo USD ::


Spoiler for P2P (KoinWorks) vs Depo Rupiah ::



beda banget gan bunga nya emoticon-Turut Berduka

Buat agan yang udah pernah main P2P lending, share dong pengalaman nya...


Quote:
Polling
0 suara
Pengen Minjem ato Minjemin duit gan???
Diubah oleh gam34life 16-05-2016 12:59
0
10.5K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.