Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amdk333Avatar border
TS
amdk333
Mitos&Fakta Tentang Air Minum Kemasa [Sekalian Tolong Bantu Isi Kuesioner Ane Gan]
Hallo Agan dan Sista sekalian
Salam kenal, saya adalah mahasiswa di salah satu universitas di Yogyakarta
Saat ini saya tengah melakukan penelitian untuk kepentingan tugas akhir saya
Penelitiannya tentang Air Minum Dalam Kemasan, agan & sista pasti sering mengkonsumsi
Karena Air Minum Dalam Kemasan sepertinya sudah tak bisa terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari

Dengan segala kerendahan hati
Saya mohon bantuan dari agan dan sista untuk mengisi kuesioner penelitian saya
Kuesionernya bisa di isi dengan cara mengklik link : http://goo.gl/forms/SkUCc2CfD3
Atau : https://docs.google.com/forms/d/11xg...ewform?c=0&w=1

Link yang saya berikan bukan jebakan betmen gan, saya jamin. jadi tenang ajah, silahkan di klik

Oh yah, ketika melakukan penelitian tentang Air Minum Dalam Kemasan
Sebagai salah satu tugas saya sebagai seorang mahasiswa, ane menemukan beberapa Mitos dan Fakta
Tentang Air Minum Dalam Kemasan, yang terkadang masih suka banyak salah pemahaman di kehidupan sehari-hari
Ini beberapa Mitos dan Fakta tentang Air Minum Dalam Kemasan yang berhasil saya kumpulkan saat melakukan penelitian


MITOS DAN FAKTA TENTANG AIR MINUM DALAM KEMASAN YANG PERLU KALIAN KETAHUI


Seiring kemajuan teknologi, kita akan semakin mudah mendapatkan informasi baik dari kebiasaan yang diyakini masyarakat awam maupun peneletian terkini yang dapat diperoleh dari mana saja. Pertanyaan apakah semua informasi yang kita peroleh dapat dipercaya kebenarannya?
Pada hari ini, Rabu (16/3), DR. dr. Sudung O. Pardede, SpA (K), Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, Prof. DR. dr. Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH dan DR. dr. Budi Iman Santoso, SpOG (K) merilis buka yang berjudul "Fakta dan Mitos Hidrasi" di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan siang tadi. Salah satunya adalah membahas tentang fakta dan mitos Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Ingin tahu apa saja yang merupakan fakta dan apa saja yang tergolong mitos? Berikut penjelasannya:

MITOS :
1. Kemasan AMDK boleh diisi ulang berkali-kali
Jenis plastik yang digunakan untuk wadah minuman bermacam-macam jenisnya dan dapat dilihat kodenya di bagian bawah kemasan. Umumnya kemasan AMDK tidak dikondisikan untuk isi ulang. Kemasan AMDK yang terbuat dari bahan PET (polyethyleneterephtalete) diproduksi untuk satu kali pakai, sehingga dikhawatirkan kemasan akan terdegradasi untuk rusak (kemasan tidak sama seperti saat awal produksi). Selain itu proses pengisian ulang ADMK dikhawatirkan akan meningkatkan kontaminasi bakteri. Kemasan AMDK yang digunakan berkali-kali berpotensi tidak aman untuk kesehatan.

2. Kemasan AMDK dapat diisi ulang dengan air panas
Umumnya kemasan ADMK tidak dikondisikan untuk diisi ulang baik dengan suhu biasa apalagi dengan air panas. Air panas akan menyebabkan kemasan berubah bentuk karena kemasan didesain sangat tipis.

3. AMDK yang sudah melewati masa kadarluarsa masih bisa dikonsumsi karena tidak akan basi
Masa Kadaluarsa ADMK tidak hanya airnya namun juga diperngaruhi oleh kemasan dan kondisi penyimpanannya. Sebaiknya tidak mengonsumsi AMDK yang telah melewati masa kadaluarsa.

4. Kok harga AMDK itu berbeda-beda tiap merek? Apakah berkaitan dengan kualitas air?
Pada kenyataannya, harga AMDK yang berbeda-beda pada tiap merek tidak berkaitan dengan kualitas air yang ada didalamnya. Hal ini karena Air minum yang dijual dengan merek ritel seperti Indoma** atau Alfama** sebenarnya merupakan produk air mineral yang bekerjasama dengan perusahaan manufaktur AMDK pesaing Aq** yaitu perusahaan yang menduduki pangsa pasar yang relatif rendah. Harganya bisa ditekan lebih murah karena tidak terkena pajak merek dagang.

FAKTA :
1. AMDK yang telah dibuka lebih dari 24 jam membahayakan kesehatan
Pada dasarnya bila kemasan AMDK telah dibuka, ada kemungkinan risiko kontaminasi bakteri, yang salah satunya bakteri patogen akan meningkatkan dan dapat memengaruhi kualitas air minum. Maka lebih baik bila kemasan AMDK telah dibuka, dihabiskan dalam waktu 24 jam.

2. Kemasan AMDK tidak boleh ditaruh di tempat yang kena panas karena dapat menganggu kesehatan
Semua produk yang dikemas memiliki kekhasan sifat kemasan dan produknya masing-masing, oleh sebab itu produk kemasan dianjurkan untuk disimpan sesuai dengan petunjuk penyimpanan yang tercantum pada label produk. Petunjuk penyimpanan yang tercantum pada kemasan AMDK berbunyi, "Simpan di tempat yang bersih dan sejuk, hindarkan dari sinar matahari langsung dan benda-benda yang berbau tajam". Bila penyimpanan tidak sesuai dengan petunjuk penyimpanan akan menyebabkan produk tidak aman untuk kesehatan.

3. Bahaya Minum Air Kemasan Yang Tertinggal di Mobil
Saat dalam keadaan mati, bagian dalam mobil akan menjadi panas, sebaiknya air kemasan tersebut tidak diminum lagi. Sangat berbahaya minum air kemasan yang tertinggal di dalam mobil. saat memarkirkan mobil di lahan parkir yang berada di bawah sinar matahari, panas di dalam mobil bisa mencapai antara 55°C-80°C. Botol yang digunakan untuk air kemasan terbuat dari polyethylene terephthalate (PET), bahan yang digunakan untuk banyak kemasan makanan dan minuman karena ringan, tahan lama, dan anti pecah. Ketika plastik yang terbuat dari PET dipanaskan akan melepaskan zat kimia BPA. Beberapa ahli mengatakan, bahwa terlepasnya zat kimia BPA dapat mempengaruhi kadar hormon dengan meniru estrogen. Selain itu, juga dapat memicu risiko kesehatan jika terpapar dalam jumlah yang cukup tinggi.

4.Air Dalam Kemasan Botol berbeda-beda jenis
Air dalam kemasan dibedakan berdasarkan sumbernya. Ada purified water yg berasal dari air keran yg melintasi proses penyaringan, spring water atau mata air yg berasal dari aquifer (lapisan batuan penyimpan air) & artesian water yg diambil dari sumber air jauh di dalam tanah. Terakhir, ada mineral water yg diambil dari bawah tanah tetapi kandungan mineralnya lebih tinggi di bandingkan spring water. Rasa boleh beda tetapi sewaktu produK air minum tercatat dalam Tubuh Pengawas Obat & Makanan ( Badan Pengawasan Obat Dan Makanan), semuanya aman.

Semoga artikel ini bermanfaat gan
Ayo hidup lebih sehat melalui lebih perduli terhadap apa yang kita konsumsi

Sumber : http://www.jitunews.com/read/33217/m...-dalam-kemasan
Sumber : http://www.dokterjalanan.id/2016/03/...dan-fakta.html
Sumber : http://www.vemale.com/kesehatan/2692...l-mengapa.html

Diubah oleh amdk333 16-05-2016 07:23
0
2K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buat Latihan Posting
Buat Latihan PostingKASKUS Official
35.6KThread1.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.