Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Donnie123sLudiAvatar border
TS
Donnie123sLudi
Jalan TOL dan JORR2
Agan-agan hampir setiap hari melalui jalan tolkan? Mulai urusan sekolah, kuliah, kerja sampe ngapelin pacar tapi pernah enggak Agan-agan inget akan sejarah jalan tol di Indonesia.
Yuk, ane bantuin dah untuk inget-inget sejarah jalan tol di Indonesia.

Tol JAGORAWI
Tahukah Agan tol pertama di Indonesia?
Tol pertama di Indonesia adalah Tol Jakarta – Bogor – Ciawi atau yang kita kenal dengan tol Jagorawi. Nah, pembangunan tol ini ide dari Presiden RI ke 2 Soeharto. Pembangunan awal dilaksanakan pada tahun 1973 dan bisa digunakan tahun 1978. Panjang tol ini mencapai 59 km. Pengelolaan jalan tol dipercayakan kepada PT Jasa Marga (Persero).

Jalan Alternatif
Seing kali orang suka lupa kalau jalan tol itu bukan jalan utama tapi jalan alternatif. Ingat lo. Jalan tol merupakan jalan alternative. Apa sih bedanya? Jalan alternatif adalah jalan yang digunakan bagi pengguna jalan tersebut akan mempunyai perbedaan waktu tempuh dan pelayanan dari jalan biasa. Melihat kemacetan lalu lintas dijalur utama maka pengemudi memutuskan untuk masuk ke jalan alternative yaitu jalan tol.
Jalan tol dipilih sebagai jalan alternative karena minim hambatan seperti lampu merah dan persimpangan jalan. Tidak boleh dilupakan adanya sarana pendukung seperti patrol jalan tol, petugas keamanan, fasilitas Rescue hingga mobil Derek.

JORR2
Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 atau JORR 2 adalah jalan tol penghubung Jakarta dengan Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Depok, dan Bekasi. Jalan tol ini melintasi Kota Jakarta Barat, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kota Jakarta Utara.
Pembangunan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 dimulai dengan dibangunnya Jalan Tol Cisalak - Jagorawi yang merupakan salah satu bagian dari ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi dan diresmikan pada tanggal 27 Januari 2012 lalu[1] sepanjang 3,7 km.
Nantinya, jika semua ruas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 dioperasikan, maka akan memudahkan pengendara dari Jabodetabek yang akan menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan Jakarta ataupun sebaliknya.

Tol CIJAGO
Jalan Tol Cijago (kependekan dari jalan tol Cinere-Jagorawi) adalah jalan tol yang diresmikan tanggal 27 Januari 2012 lalu. Panjang jalan tol ini adalah 3,7 kilometer. Nantinya, tol Cijago ini akan berujung sampai ke Cinere, Depok dan bus kota dan jarak jauh atau menengah dari Terminal Depok akan melintasi jalan tol Jagorawi tanpa melewati Lenteng Agung dan Pasar Minggu. Ruas yang beroperasi hanya ruas Cisalak - Jagorawi yang diresmikan tahun 2012 lalu. Sedangkan ruas Cinere - Cisalak akan dibangun dalam waktu dekat. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2.

Pembangunan Seksi II Jalan Tol Cinere Jagorawi yang berada di ruas Jalan Raya Bogor hingga Kukusan diperkirakan Juli 2016 rampung. Tol sepanjang 14,6 kilometer ini berdiri diatas lahan seluas 53 hektare dengan 150 bidang tanah. Nantinya warga Depok yang ingin ke Jakarta yaitu ke Antasari bahkan hingga ke Bandara Soekarno- Hatta bisa lebih mudah dan cepat. Ada 7 ruas jalan tol yang berada di lingkar dua ini, yaitu Cilincing-Cibitung, Cibitung-Cimanggis, Cimanggis-Cinere, Cinere-Serpong, Serpong-Kunciran dan Kunciran-Bandara.


0
2.9K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.